Mengetahui Fungsi Water Jacket & Penyebab Kerusakannya

Fungsi water jacket sangatlah penting di dalam sisitem pendingin mobil. Lalu, apasih water jacket itu? Pada sistem pendingin mesin yang mengandalkan air ada beberapa komponen yang digunakan. Water Jacket juga biasa disebut mantel air.

Contohnya saja radiator, selang, pompa air, kipas dan juga thermostat. Tidak ketinggalan yang cukup penting adalah water jaket. Water jacket merupakan salah satu bagian sistem pendingin mobil yang memanfaatkan air. Dimana water jacket ini lebih banyak terdapat pada mobil- mobil modern.

Untuk bentuk dari water jacket yang ada di cylinder block dan cylinder head ini seperti lubang atau ruangan setengah lingkaran yang dapat dipakai untuk menampung air. Pada ruang inilah air akan dikumpulkan dan dipakai untuk menyelimuti dinding silinder liner mesin secara langsung.

Fungsi Water Jacket

Water jacket merupakan salah satu bagian dari sistem pendingin tersebut. Fungsi water jacket tentu sangatah penting pada sisitem pendingin mobil. Dimana fungsi water jacket sendiri yaitu sebagai jalur sirkulasi sekaligus penampungan sementara air di dalam sistem pendinginan tidak dapat digantikan oleh komponen lain.

Jadi, air akan mengalir di dalam water jacket dan menyerap kalor panas dari komponen-komponen mesin yang terlibat dalam proses pembakaran. Meski kesannya sangat sederhana, peran ini sangatlah vital.

Saat air pendingin sudah membawa suhu panas, maka ia akan berada di water jacket terlebih dahulu untuk ditampung. Baru kemudian air pendingin bersuhu panas ini dialirkan menuju radiator setelah katup pada thermostat terbuka untuk mendapatkan proses pendinginan di radiator.

Proses berikutnya, setelah air mendapatkan proses pendinginan, proses selanjutnya air dialirkan kembali masuk ke water jacket untuk dipakai lagi menyerap panas dari mesin. Nah, hal ini sangat berperat penting untuk menjegah mesin mobil mengalami overheat.

Baca Juga: Mengemudi Di Jalan Sempit: Berikut Tipsnya!

Fungsi water jacket memang sangat penting. Sehingga, ketika bagian ini mengalami masalah maka akan mengganggu kinerja sistem pendingin mesin mobil. Jadi, jangan sampai bagian ini mengalami masalah.
Memang apa sih yang biasanya menjadi masalah dan menyebabkan fungsi water jacket tidak maksimal?

Hal yang dapat menyebabkan kerusakan tidak hanya untuk water jacket, namun juga untuk semua bagian di sisitem pendingin mesin adalah korosi atau karat. Wah, apa saja sih penyebab rusaknya water jacket? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Fungsi Water Jacket
Fungsi Water Jacket (Sumber Gambar: Google)

Penyebab Kerusakan Water Jacket

Sama seperti komponen yang lain pada mobil. Apabila tidak dilakukan perawatan dengan baik tentu akan mengalami kerusakan. Hal ini juga berlaku untuk sisitem pendingin mesin. Jadi, ketika water jacket mengalami kerusakan maka akan memepengaruhi seluruh bagian pada sistemen pendingin mesin.

Sehingga tidak hanya fungsi water jacket yang terganggu, namun juga fungsi sistem pendingin juga terganggu. Sehingga, mobil dapat mati mendadak jika mengalami overheat. Ya, hal ini karena fungsi pendingin tidak berfungsi dengan baik.

Ada beberapa penyebab kerusakan Water Jacket yang perlu Anda ketahui. Sehingga Anda dapat menjaga fungsi water jacket agar tetap maksimal. Apa saja sih penyebab kerusakan water jacket?

Salah Menggunakan Air Pendingin

Yups, ternyata salah menggunakan air pendingin tidak hanya merusak water jacket namun juga merusak bagian lain pada sisitem pendingin mesin, loh. Hal ini tentu akan mengganggu fungsi water jacket secara khusus dan siistem pendingin mesin secara umum.

Untuk itu sangat disarankan untuk memakai coolat yang telah dianjurkan. Hindarilah penggunaan air sebagai pengganti fungsi coolat. Sebab, air dapat mempercepat korosi pada lempengan besi karena tidak ada zat yang dapat mencegah pembentukannya.

Apabila Anda menggunakan air biasa maka kotoran akan mengendap dan menimbulkan karat atau korosi. Mengingat mantel air ini dibuat dari bahan logam yang jika salah perawatan akan membuat karat.

Karat akan sulit dibersihkan mengingat ruang mantel air cukup kecil dan hanya bisa dialiri oleh air. Korosi hanya akan bertambah banyak, bahkan jika Anda langsung menggunakan cairan pendingin yang benar tidak dapat mengatasi masalahnya.

Fungsi Water Jacket
Fungsi Water Jacket (Sumber Gambar: Google)

Hal ini tentu berbeda dari penggunaan coolant yang jelas-jelas sudah mengandung zat untuk menghilangkan dan membersihkan karat. Produk radiator coolant yang mengandung cairan kimia, memiliki kemampuan dan performa lebih baik dari air biasa untuk mendinginkan mesin.

Yang membedakan antara produk radiator coolant adalah daya tahannya dalam jangka waktu pemakaian tertentu. Jadi, cairan pendingin pun perlu diganti secara berkala. Jika kendaraan sudah menggunakan air biasa bertahun-tahun dan kemudian menggantinya dengan coolant, bisa saja menimbulkan masalah.

Bila korosi pada saluran water jacket sudah parah, penggunaan coolant justru akan membuat terjadinya kebocoran. Karena mengandung anti karat, cairan coolant akan menggerus area yang berkarat dan bisa menyebabkan kebocoran.

Kotoran yang Terbawa Cairan Pendingin

Penyebab kerusakan selanjutnya yang tentu akan memepngaruhi fungsi water jacket adalah kotoran yang terbawa cairan penidngin. Nah, inilah alasan agar Anda menggunakan air pendingin khusus bukan air biasa.

Sebab air biasa berpotensi membawa kotoran dan tentu lama- kelamaan akan mengganggu fungsi water jacket. Jika Anda menggunakan air sebagai cairan pendingin, maka ada kemungkinan air tersebut membawa kotoran.

Fungsi Water Jacket
Fungsi Water Jacket (Sumber Gambar: Google)

Ya, meskipun cairan coolant yang sudah lama digunakan juga nantinya akan menimbulkan endapan kotoran, namun setidaknya kotoran tersebut ada karena waktu penggunaan yang sudah lama.

Baca Juga: Awas! Dampak Bahaya Menyetir Tanpa Alas Kaki

Jadi, apabila pada water jacket sudah mulai muncul endapan kotoran ini Anda harus segera membersihkannya agar tidak muncul karat. Munculnya kotoran ini akan menghambat sirkulasi air pendingin dan berdampak pada sistem pendingin tidak bekerja dengan baik. Termasuk menghambat fungsi water Jacket itu sendiri.

Bagimana cara membersihkannya? Cara membersihkannya bisa dengan menyemprotkan udara dengan kompresor bertekanan tinggi. Langkah ini cukup mampu menghilangkan kotoran tersebut dari saluran mantel air dan sirkulasi air pendingin bisa bekerja baik kembali.

Itulah ulasan mengenai fungsi water jacket dan penyebab kerusakaannya. Jadi, agar fungsinya tidak terganggu maka selalu perhatikan perawatan untuk sistem pendingin mesin. Jadi, apakah Anda sudah melakukan cek pada sistemn pendingin mobil Anda?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.