Siapa Takut Beli Mobil Warna Putih! Berikut Tipsnya Agar Mengkilap

Mobil warna putih merupakan salah satu jenis yang banyak tersedia di pasaran. Mobil warna putih tentu memiliki daya tariknya sendiri. Apalagi jika mobilnya amsih baru dan terlihat mengkilap. Pasti, mobil warna putih menarik perhatian Anda.

Namun, justru sebagian orang menghindari membeli mobil dengan warna putih, loh. Alasannya takut kusam, kalau kotor kena hujan sangat membekas, debu juga kelihatan, bahakn sampai cat menjadi kusam.

Eitsz, bagi Anda yang akan membeli mobil dengan warna putih jangan khawatir. Sebab, ada ara yang dapat Anda lakukan agar mobil warna putih terlihat selalu mengkilap, loh.Memang apa saja sih tips agar mobil warna putih tetap oke?

Tips Merawat Mobil Warna Putih

Tidak hanya mobil, apapun yangw arnanya putih pasti ditakutkan warnanya akan kusam. Ya, ini adalah hal yang normal kok. Nah, hal inilah yang membuat beberapa orang berfikir ketika akan membeli mobil warna putih.

Mungkin sebagian ada yang tidak punya pilihan membeli mobil dengan warna putih, karena sudah punya mobil dengan warna hitam atau merah bahakn warna lain. Padahal ada tips loh agar warna putih mobil. Anda tetap mengkilap dan anti kusam. Yuk, langsung saja kita ulas secara lengkap dalam artikel ini.

Baca Juga: Daftar Mobil Matic Murah di Tahun 2022

Hindari Parkir Di Bawah Matahir Langsung

Tips yang pertama agar mobil warna putih tidak cepat kusam adalah dengan menghindari terik matahari secara langsung saat parkir. Jadi, ketika Anda parkir usahakan jangan diruang terbuka. Apalagi jika Anda akan meniggalkan mobil dalam waktu yang lama.

Jika Anda akan meniggalkan mobil dalam waktu yang lama carilah ruang parkir yang tertutup. Menghindarkan mobil putih dari sinar UV akan membantu Anda mempertahankan warna putih mobil. Namun, bagimana jika tidak ada parkiran di ruang tertutup dan harus ditinggal dalam waktu yang lama?

Ya, masalah seperti ini akan sering terjadi di perkotaan. Dimana volume kendaraan semakin banyak, namun tidak dengan lahan parkir. Alhasil banyak tempat yang tidak dapat menyediakan lahan parkir secara luas atau bahakan tidak menyediakan lahan parkir.

Beli Mobil Warna Putih
Beli Mobil Warna Putih (Sumber Gambar: Google)

Mau tidak mau mobil harus diparkir dengan paparan sinar UV secara langsung. Tipsnya apabila parkir di ruang terbuka Anda dapat mencari pepohon yang rindang. Anda dapat mearkirkan mobil di bawa pohon tersebut.

Namun, lebih amannya jika Anda membawa cover mobil dan menggunakannya untuk melindungi mobil Anda. Gunakan cover mobil dengan kualitas yang bagus agar tidak hanya melindungi mobil dari guyuran air hujan dan debu, namun juga melindungi dari sinar UV.

Memang kenapa sih kita harus menghindari sinar UV pada mobil kita? Sebab dari sinar UV yang dapat menyebabkan warna mobil bisa menguning. Karena warnanya yang menguning, maka mobil akan terlihat kusam.

Baca Juga: Mengenali 4 Jenis Transmisi Mobil Matik

Oh ya, menghindarkan mobil dengan sinar matahri tidak hanya berlaku saat memparkirkan, ya. Namun juga saat mncuci mobil. Banyak orang yang lebih senang mencuci mobilnya di bawah sinar matahari dengan harapan mobil akan lebih cepat kering saat terkena panas matahari.

Anggapan tersebut memang benar, akan tetapi apabila mobil terkena sinar matahari langsung, lama kelamaan dapat menyebabkan warna cat mobil cepat pudar.

Selalu Menjaga Kebersihan Mobil

Tips selanjutnya untuk merawat warna mobil putih adalah dengan selalu memperhatikan kebersihan bodi mobil. Tidak harus mencucinya, namun setidaknya laplah bodi mobil. Lap menggunakan kain yang lembut secara rutin setiap pagi sebelum mobil digunakan.

Bahkan usahkan untuk tetap membersihkan bodi mobil meskipun mobil seharian parkir di garasi dan tidak digunakan. Ya, walaupun mobil diam digarasi tetap saja ada debu yang dapat menempel. Jadi, tidak ada salahnya untuk tetap mengelapnya.

Lalu, Anda dapat mencucinya menggunakan sabun yang dikususkan untuk membersihkan bodi mobil. Hindari untuk menggunakan sabun mandi, sabun cuci piring, atau sampo untuk rambut. Penggunaan yang tidak sesuai dengan fungsinya akan merusak cat mobil Anda.

Beli Mobil Warna Putih
Beli Mobil Warna Putih (Sumber Gambar: Google)

Disarankan untuk gunakan sabun dan sampo khusus mobil untuk mencuci mobil. Dengan begitu cat mobil Anda akan tetap bersih dan warnanya bisa bertahan lama. Selain memperhatikan penggunaan sabun, perhatikan juga cara pembilasannya.

Wah, ternyata membilas mobil yang dicuci saja ada tekniknya ya? Proses pembilasan sendiri harus menggunakan metode yang benar sehingga tidak ada bercak sabun atau sampo yang muncul. Cara yang benar untuk membilas adalah satu arah saja.

Melakukan Pemolesan

Lakukanlah pemolesan secara rutin untuk menjaga warna putih agartetap mengkilap. Yak, hal ini merupakan salah satu cara merawat mobil warna putih. Tidak perlu dilakukan setiap selesai mencuci mobil.

Ya, Anda cukup melakukan pomelasan setiap 6 bulan sekali untuk hasil yang maksimal. Dengan rutin melakukan pemolesan sehingga mobil mampu berkilau seperti baru. Pemolesan juga akan menghilangkan jamur yang menempel, yang mana mampu mencegah cat mengelupas.

Beli Mobil Warna Putih
Beli Mobil Warna Putih (Sumber Gambar: Google)

Pemolesan akan menghilangkan jamur yang menempel, yang mana mampu mencegah cat mengelupas. Namun, jangan terlalu sering melakukan pemolesan karena warna cat bisa memudar. Tidak perlu khawatir, pemolesan juga dapat Anda lakukan sendiri.

Namun, jika Anda memiliki budget lebih, maka Anda dapat melakukan pemolesan di ahlinya. Untuk biaya pemolesan sendiri berkisar pada harga Rp 3.000.000. Dengan budget tersebut Anda sudah mendapatkan mobil Anda dengan dilapisi lapisan nano ceramic yang dapat membuat warna body mobil awet sampai dengan 2 tahun.

Jika mempunyai waktu luang Anda bisa melakukannya sendiri. Pertama Anda harus menggosok seluruh body mobil menggunakan super kompon. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan baret pada body mobil. Kemudian, cuci bersih mobil menggunakan sabun dan air seperti biasa untuk menghilangkan bekas minyak.

Langkah selanjutnya adalah dengan menempelkan cairan Ceramic Premium Carnauba yang dapat mengkilapkan body mobil. Gosokkan secara merata menggunakan kain halus. Penggunaan kain halus bertujuan untuk menghindarkan baret pada body mobil.

Ketiga tips diatas dapat Anda gunakan untuk merawat mobil warna pputih agar tetap mengkilap. Ya, memang risiko memiliki mobil warna putih adalah tidak boleh malas dalm membersihkannya.

Ya, tindakan sederhana yang dapat Anda lakukan sehari- hari dengan rajin mengelap kotoran di bodi mobil dan jangan parkir dengan sinar matahri langsung.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.