Cara mengatasi komputer lemot windows 10

Windows 10 merupakan versi windows yang boleh dikatakan masih baru. Versi ini tergolong versi penyempurna dari versi sebelumnya yaitu windows 8.

Dari segi security sistem windows 10 termasuk yang paling aman karena dalam paketnya sudah terdapat windows defender yang mampu menghalangi malware & program jahat yang lain.

Bagi beberapa pengguna komputer, windows 10 dapat mengakibatkan komputer menjadi lemot dan agak sedikit membingungkan cara penanganannya. Maka dari itu pada artikel ini akan saya bahas cara mudah mengatasi komputer lemot pada windows 10.

cara mengatasi komputer lemot

Cara mengatasi komputer lemot

Windows 10 boleh dibilang lebih cepat performanya ketimbang generasi pendahulunya, namun hal tersebut belum dapat menjamin komputer anda menjadi tidak lemot.

Berikut ini beberapa trik untuk mengatasinya:

1. Update System Windows

Seperti pada umumnya produksi microsoft sebelumnya, windows 10 juga ada beberapa bug yang perlu tetap diperbaiki untuk peningkatan performnya. Dengan update system windows maka beberapa bug tersebut akan otomatis diperbaiki.

Update pada windows 10 tidak terlalu besar, namun jika hal tersebut tidak anda lakukan maka komputer akan menjadi lemot untuk melakukan pekerjaan anda.

Aturlah secara berkala update windows 10 anda agar performa komputer dapat terjaga dengan baik.

2. Disk CleanUp

Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas langkah langkah disk cleanup ini, anda dapat menyimak secara lengkap pada link ini.

Disk Cleanup adalah utility yang ada pada setiap versi windows dengan fungsi yang sama yakni membersihkan file file history, cache, dan menyempurnakan uninstal program yang sudah lakukan sebelumnya.

Jika hal ini tidak sering anda lakukan maka akan menimbulkan bengkaknya data yang anda simpan pada harddisk anda, dan lambat laun harddisk anda akan lemot kinerjanya.

3. Restart Komputer

Cara mengatasi komputer lemot pada pengguna windows 10 ini terlihat biasa saja, tapi efeknya cukup luar biasa bagi CPU komputer anda.

Jika anda termasuk orang yang sering menghidupkan komputer selama berhari hari alias nonstop, restart komputer berfungsi untuk menurunkan temperatur dari prosesor.

Ketika temperatur prosesor overheat maka yang akan terjadi adalah daya kerjanya pun akan melemah dan mengakibatkan komputer menjadi lemot.

Cara mengatasi komputer lemot dengan permasalahan seperti itu, perlu dilakukan restart pada komputer anda.

Sebelum anda melakukan hal tersebut sebaiknya pastikan semua data sudah anda save sebelumnya karena jika tidak anda akan mengulang dari awal lagi dalam pengerjaannya.

4. Aplikasi Startup saat Booting

Saat komputer dihidupkan pada windows 10 akan terdapat aplikasi yang otomatis berjalan, hal ini juga dapat menimbulkan komputer menjadi lemot.

Cara mengatasi komputer lemot pada windows 10 ini anda bisa membatasi beberapa aplikasi yang berjalan otomatis tersebut.

Dengan cara : buka task manager lalu pilih tab Startup, pada tab tersebut silahkan anda pilih beberapa aplikasi yang akan anda batasi, lalu restart.

5. Uninstal Program yang Jarang Digunakan

Program yang jarang anda gunakan akan membuat harddisk anda menjadi penuh, hal ini dapat menimbulkan komputer menjadi lemot.

Cara mengatasi agar komputer tidak semakin lemot, silahkan anda hapus atau uninstal beberapa program yang memang jarang sekali anda gunakan.

Dengan anda melakukan hal itu, beban kerja dari CPU komputer anda jadi berkurang dan komputer pun akan lebih bagus saat anda jalankan.

6. Non Aktifkan Visual Effect

Visual effect pada windows berfungsi untuk mempercantik tampilan ketika anda menjalankannya dan menjadi lebih nyaman dipandang mata.

Windows 10 banyak terdapat visual effect yang sebenarnya cukup memakan banyak performa dari CPU anda.

Untuk mengatasi hal tersebut anda tinggal mengurangi saja beberapa visual effect yang dirasa tidak penting. Cara mengatasi komputer lemot ini, silahkan anda masuk ke Control Panel >> lalu klik System & Security >> System >> Advanced System Setting. Kemudian pilih tab Performance.

Setelah masuk ke tab silahkan anda pilih opsi yang mengatur visual effect tersebut, lalu restart.

7. Tambah atau Upgrade RAM

Penambahan hardware berupa RAM ini dilakukan jika anda sudah melakukan ke 6 langkah diatas namun belum ada perubahan yang signifikan. Karena cara mengatasi komputer lemot dengan mengganti atau menambah hardware ini bagi pemula cukup sulit untuk dilakukan.

Saat anda akan mengganti atau menambah hardware pada CPU komputer anda itu artinya anda harus membongkar casing CPU dan melepas beberapa baut yang biasanya masih terdapat segel garansinya.

Akan lebih baik lagi jika anda konsultasi lebih dulu ke Teknisi IT terdekat anda.

8. Harddisk SSD

Harddisk ada beberapa versi, sedangkan versi terbarunya berupa SSD. Harddisk SSD di klaim lebih cepat dalam performanya karena cara kerjanya tidak menggunakan disk atau semacam piringan seperti harddisk pada umumnya.

Soal harga, harddisk ini jauh lebih mahal ketimbang harddisk biasa dan untuk kapasitas nya lebih kecil dari harddisk biasa. Tapi dengan teknologi yang dibawanya saya rasa pas dengan harga yang ditawarkan.

Cara mengatasi komputer lemot dengan mengganti harddisk harus anda lakukan dengan penuh pertimbangan terlebih dahulu. Disamping biaya yang tidak sedikit, anda pun harus memback up data anda lebih dulu ke drive penyimapanan lain.

9. Periksa Virus & Malware pada Komputer

Pada windows 10 hal ini tidak begitu mengkhawatirkan karena dalam paket instalasinya sudah terdapat windows defender yang mampu menghambat terjadinya infeksi virus dan malware tersebut.

Meskipun demikian anda tetap harus secara rutin untuk melakukan scanning pada tiap drive harddisk komputer anda.

Jika anda menyepelekan hal tersebut maka lambat laun komputer akan menjadi lemot dan semakin lama dalam menyelesaikan pekerjaan anda.

10. Aktifkan Maintenance System

Pada windows 10 secara built in sudah terdapat maintenance system yang dapat membantu anda dalam merawat data data anda seperti defragment, scan virus, dan update system.

Semua itu berjalan pada background sistem tapi jika hal ini membuat komputer lemot bisa juga anda atur menjadi manual, dengan cara : klik control panel >> kemudian pilih System & Security >> lalu pilih Security & Maintenance >> lalu klik panah opsi Maintenance kemudian klik Maintenance.

11. Ubah Pengaturan Daya

Cara mengatasi komputer lemot pada windows 10 yang ini adalah mengubah ukuran daya yang masuk ke CPU menjadi sedikit lebih besar.

Caranya : Klik control panel >> system & security >> klik power option.

Kemudian klik lagi panah di sebelah kanan guna menampilkan “additional plans” lalu pilih High Performance.

Nah, demikian tadi beberapa tips cara mengatasi komputer lemot untuk para pengguna windows 10 pemula. Bagi anda yang ingin menyimak secara lengkap penyebab komputer lemot, silahkan simak disini ya.

Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang bagaimana cara mengatasi komputer lemot pada windows 10. Sekian dan Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.