Mengemudi Di Jalan Sempit: Berikut Tipsnya!

Saat mengemudikan mobil pasti kita sering menemukan banyak jenis jalan. Tidak hanya jalan lurus, namun juga jalan berbelok, menanjak, menurun, dan juga jaln sempit. Ya, jalan sempit juga cukup membuat pengemudi lebih waspada saat melewatinya.

Tidak hanya waspada saja, namun juga kemampuan mengemudi juga ikut diuji. Saat mengemudi di jalan sempit jangan sampai bodi mobil menyentuh benda lain yang menyebabkan gesekan. Belum lagi, jika jalan sempit yang di lewati salah satu sisinya merupakan jurang. Tentu ini merupakan sebuah tantangan.

Biasanya jalan seperti itu dapat Anda temui di pedesaan. Bagi orang desa yang sudah terbiasa tentu hal tersebut tidak jadi masalah. Namun, bagi Anda yang belum terbiasa tidak usah panik. Artikel kali ini akan membahas mengenai tips mengemudi di jalan sempit.

Mengemudi Di Jalan Sempit

Pada saat Anda akan melewati jalan sempit, maka pastikan Anda tetap tenang. Dengan lebih tenang maka Anda akan lebih dapat mengontrol kemudi Anda. Mengemudi di jalan sempit memang menjadi tantangan sendiri bagi pengemudi. Apalgi jika jalan sempitnya cukup panjang.

Belum lagi akan menjadi lebih susah ketika mengemudi di jalan sempit saat malam hari. Ada beberapa tips untuk mengemudi di jalan sempit yang dapat Anda terapkan. Apa saja sih tips mengemudi di jalan sempit?

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Mengemudi Di Jalan Sempit: Berikut Tipsnya! 1
Mengemudi Di Jalan Sempit (Sumber Gambar: Google)

Mengurangi Kecepatan Mobil

Tips mengemudi di jalan sempit yang pertama adalah dengan mengurangi kecepat mobil. Ketika Anda memasuki jalan sempit maka segera turunkan kecepatan. Sebab, kita tidak mengetahui situasi yang tisak dapat terduga atau diprediksi di jalan sempit tersebut.

Misalnya, kita tidak tahu apakah ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan atau hal lainnya. Laju mobil tinggi juga akan menimbulkan risiko terjadi kecelakaan. Jadi, turunkan kecepatan laju mobil sebagai bentuk waspada agar tidak terjadi sesuatu.

Ya, hal ini berbeda di jalan raya atau jalan tol, kecepatan mobil di jalan sempit tentu berbeda. Jadi ketika masuk jalanan yang sempit segeralah menurunkan kecepatan mobil.

Baca Juga: Parkir Paralel Mobil : Gimana Sih Cara Yang Benar?

Membunyikan Klakson Sebagai Tanda

Tips mengemudi di jalan sempit yang selanjutnya adalah dengan membunyaikan klakson sebagai tanda sebelum memasuki jalan sempit. Lakukan hal ini terutama jika Anda melewati jalan tikungan dan sempit, supaya kendaraan lain mengetahui jika ada pengendara lain yang ingin berbelok.

Ya, selain memastikan mobil tidak akan bergesekan dengan benda lain, mengemudi di jalan sempit juga harus tetap memastikan jalan. Ya, siapa tahu ada anak- anak yang tiba- tiba muncul menyebrang atau hewan sperti kucing yang tiba- tiba muncul.

Mengemudi Di Jalan Sempit
Mengemudi Di Jalan Sempit (Sumber Gambar: Google)

Apalagi saat berada di tikungan, kadang kita tidak tahu apakah ada orang atau kendaraan lain yang sedang berada di tikungan tersebut. Jadi Anda dapat membunyikan klakson sebagai tanda bahwa terdapat mobil yang akan lewat.

Tetap Santai Dan Berkepala Dingin

Tips mengemudi di jalan yang sempit yang terakhir adalah dengan tetap tenang, santai, dan berkepala dingin. Pada saat berkendara di jalan yang sempit anda harus selalu fokus dan jangan sampai anda tidak mau mengalah.

Biasanya jalan yang sempit itu, hanya mempunyai satu jalur. Bahkan terkadang ada yang tidak bisa dilewati dua mobil, loh. Sebab, terkadang kita bis saja menemui kendaraan dari berlawanan arah, maka dari itu salah satunya harus da yang mengalah. Untuk bagian ini, kita akan bahas secara mendetail di bagian selanjutnya.

Selain itu pada saat mengemudi di jalan sempit, maka pengemudi diharuskan menjaga konsentrasinya walaupun jalan yang dilewati terlihat sepi. Hal tersebut dikarenakan pada saat jalanan yang dikira sepi kadangkala ada anak kecil ataupun hewan liar yang tiba-tiba melintas dari persawahan.

Kadang pada saat berada di pemukiman warga ada anak kecil atau ayam melintas dari gang kecil yang menjadikan kepanikan. Jangan sampai mengunakan kecepatan laju tinggi gunakan kecepatan laju rendah saja jika tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tergores pada kendaraan Anda.

Mengemudi Di Jalan Sempit
Mengemudi Di Jalan Sempit (Sumber Gambar: Google)

Jangan sampai lupa untuk selalu waspada menyiapkan kaca spion agar bisa selalu mengoperasikan keadaan mobil Anda. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan lampu sein dan lampu dim untuk memberikan tanda kepada pengendara lain.

Andalkan juga spion untuk melihat kondisi sekitar kendaraan. Apabila merasa sulit jalan yang dilewati dapat meminta bantuan pada masyarakat di sekitar untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Tips Ketika Berpapasan Di Jalan Sempit

Saat mengemudi di jalan sempit tidaklah sama dengan mengemudi di jalan raya. Jika di jalan raya kita akan dimudahkan dengan peraturan ataupun bantuan marka, sehingga laju kendaraan akan lebih teratur.

Jalan raya juga sudah di atur untuk dilewati dua arah kendaraan. Sehingga, tidak masalah jika ada kendaraan lewat beda arah. Namun, berbeda untuk jalan sempit. Jika ada kendaraan lewat berbeda arah, maka jika tidak salah satu mengalah, ya harus memastikan betul apakah mampu dilewati secara bersamaan atau tidak.

Nah, pada saat seperti ini kemampuan feeling yang dibutuhkan dengan mengetahui cukup atau tidaknya jika anda melintas secara Bersama dengan mobil lainnya. Tips yang pertama Anda harus mengetahui ukuran panjang dan lebar mobil apakah masih ada sisa jalan yang bisa dilewati.

Baca Juga: Cara Merawat Baterai Mobil Listrik: Tips Agar Awet & Performanya Tetap Terjaga!

Selain itu, Anda harus selalu berhati-hati pada saat melewati jalan sempit dengan selalu mengetahui keadaan mobil dan mengetahui jalan yang anda lewati benar-benar aman untuk dilewati mobil.

Tips selanjutnya adalah berjalan perlahan untuk memastikan apakah mmobil dapat melewati jalan secara bersamaan atau tidak. Apabila Anda mengatahui perkiraan tidak tepat maka alangkah baiknya jika segera belokkan mobil. Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diginkan. Seperti saling bergesekannya bodi mobil misalnya.

Itulah tips mengemudi di jalan sempit. Tentu sangat berbeda ketika Anda mengemudi di jalan tol maupun jalan raya. Meskipun bisa dipastikan bahwa saat mengemudi di jalan sempit tidak ada rambu- rambu, namum tetap perhatikan manners saat mengemudi.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.