Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci? Ini Penyebabnya

Apakah mobil Anda dilengkapi dengan alarm mobil? Ya, alarm mobil merupakan salah satu aksesoris yang penting. Sebab aksesoris ini membantu menjaga kemanan mobil Anda. Jadi, bagi Anda yang lingkungannya yang rawan akan tindakan kriminal seperti pencurian atau pembobolan mobil, jangan sampai melewatkan aksesoris yang satu ini.

Cara bekerja alarm mobil ini adalah dengan mengeluarkan bunyi. Jadi, ketika memarkirkan mobil, Anda akan langsung menekan tombol alarm untuk mengunci mobil. Jika alarm mengeluarkan bunyi, tandanya mobil telah terkunci. Jika sudah seperti itu, maka Anda dapat meninggalkan mobil dengan tenang.

Namun, terkadang akan adanya masalah yang datang pada aksesoris yang satu ini. Yaitu, alarm tidak menyala saat dikunci. Wah, tentu hal itu akan merepotkan bukan? Karena alarm mobil tidak berbunyi saat dikunci, mau tidak mau Anda harus mengecek secara manual untuk mengetahui apakah mobil sudah terkunci atau belum.

Penyebabnya Alarm Mobil Tidak Bunyi

Kira- kira kenapa ya Alarm mobil tidak bunyi saat di kunci? Ada beberapa penyebab kenapa alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Dengan mengetahui apa penyebabnya tentu Anda akan dapat mengetahui hal apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

Ketika alarm mobil mengalami masalah, maka Anda harus segera memperbaikinya. Sehingga, aksesoris mobil yang satu ini dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai penyebab alarm mobil tidak berbunyi.

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Baterai Pada Central Lock Habis

Penyebab yang paling sering terjadi apabila aksesoris ini tidak menyala saat dikunci adalah baterai pada central lock habis. Hal ini maklum terjadi, sebab pasti sebagai pemiliki jarang sekali melakukan cek pada kondisi baterai pada remot.

Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci
Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci (Sumber Gambar: Google)

Maka jangan langsung panik ketika mengetahui alarm tidak bunyi ketika dikunci. Anda dapat mencoba mengecek kondisi baterai central lock. Kemungkinan terbesar alarm tidak berbunyi atau justru berbunyi tanpa henti karena baterai yang sudah habis.

Cara mengeceknya adalah membuka mobil secara manual dengan kunci, baru setelah itu melihat apakah baterai sudah habis. Seiring dengan meningkatnya penggunaan alarm mobil, baterai pada central lock akan berkurang.

Baca Juga: Tipe Parkir Mobil Yang Pelu Diketahui!

Pada suatu titik, baterai tersebut pun bisa habis sehingga menjadi penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Alhasil, harus membuka dan menutup kunci mobil secara manual. Sebelum terjadi hal ini terjadi sebaiknya harus mengganti baterai dengaan yang baru untuk mengantisipasinya.

Jadi, sudah jelas untuk solusi penyebab aksesori kemanan mobil yang satu ini tidak berbunyai. Ya, solusi untuk masalah ini tentu saja mengganti baterai pada central lock. Anda dapat mendatangi bengkel terdekat atau langganan Anda untuk berkonsultasi dengan mekanis andal dan berpengalaman.

Agar hal seperti itu tidak terjadi lagi, usahakan selalu mengecek baterai pada central lock secara rutin atau berkala.

Alarm dalam Mode Valet

Penyebab aksesoris kemanan mobil ini tidak menyala saat dikunci adalah masih dalam mode valet. Alarm mobil dapat diatur dalam mode valet. Jadi, Alarm dapat diatur ke mode senyap ketika pengemudi ingin menggunakan layanan valet.

Pada saat inilah keamanan mobil perlu dilonggarkan karena akan dibawa oleh orang lain untuk diparkir. Biasanya, mode valet diaktifkan saat seseorang menggunakan layanan valet parking untuk mobilnya.

Seperti yang sudah Anda ketahui, valet parking merupakan layanan yang disediakan mall, hotel, restoran, atau berbagai tempat umum lain untuk memarkirkan mobil Anda.

Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci
Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci (Sumber Gambar: Google)

Sebagai pemilik mobil, Anda akan mendapat nomor parkir, lalu akan ada petugas khusus yang memarkirkan mobil Anda. Nah, karena mobil Anda dibawa oleh orang lain selama beberapa saat, keamanan mobil pun mau tak mau harus sedikit dilonggarkan.

Caranya adalah dengan mematikan sistem alarm. Karena sistem alarm mati, maka lampu indikator dan bunyi alarm pun juga ikut mati saat tombol dipencet. Jadi, jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci, tapi indikator alarm menyala terus-terusan, ada kemungkinan mode valet sedang aktif.

Untuk mengubahnya kembali ke mode normal, buka pintu kemudi mobil. Lalu, tekan tombol lock bergambar gembok terkunci pada alarm. Setelah itu, ganti tekan tombol unlock bergambar gembok tidak terbuka. Biasanya, pada titik ini alarm mobil akan berbunyi. Baru kemudian Anda bisa menekan kembali tombol lock untuk mematikannya.

Apabila Anda lupa untuk mengubah mode senyap atau valet ini sudah pasti alarm tidak akan menyala ketika mobil dikunci. Bahkan lampu indikator pun tidak akan menyala ketika mengaktifkan mode senyap.

Kerusakan pada Sistem Alarm

Terakhir yang menjadi kemungkin penyebab alarm pada mobil tidak bunyi saat dikunci adalah adanya kerusakan pada sisitem alarm mobil. Terdapat kerusakan pada sistem alarm mobil khususnya di module alarm-nya.

Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci
Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci (Sumber Gambar: Google)

Sehingga, tidak akan ada arus yang dialirkan untuk mengontrol kerja sirine. Kerusakan pada sistem juga dapat menjadi penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Akibatnya, alarm mobil pun tidak bunyi saat dikunci.

Sedangkan apabila sirine mobil rusak, arus yang berasal dari control module tidak akan bisa membunyikan alarm karena sirine mati. Solusi terbaik untuk masalah satu ini adalah dengan mengganti komponen module atau sirine alarm.

Namun, sebelum itu, pemilik dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lainnya juga. Sebab, bisa saja sistem yang mengalami kerusakan ternyata berasal dari hal-hal sepele, seperti tegangan baterai yang kurang, sekering rusak, atau sambungan kabelnya kurang tepat.

Selain itu, sistem yang rusak juga bisa saja pada bagian sensori yang mengakibatkan sensibilitas mobil menurun atau justru meningkat. Efeknya adalah alarm berbunyi terus atau tidak sama sekali.

Baca Juga: Yuk Ketahui Penyebab Kaca Film Mobil Rusak!

Apabila setelah Anda mengecek masing-masing penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci ini, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel.

Itulah ketiga penyebab alarm mobil tidak bunyi saat di kunci. Anda dapat melakukan pengecekan sebagai langkah sendiri awal untuk mengetahui apa penyebab pastinya. Namun, hindari untuk memperbaikinya sendiri atau membongkar.

Segera bawa ke bengkel agar diatasi oleh ahlinya. Sehingga, masalah ini dapat diatasi dengan tepat.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.