Yuk Ketahui Penyebab Kaca Film Mobil Rusak!

Penyebab Kaca Film Mobil Rusak – Aksesoris ini merupakan salah satu yang wajib digunakan pada kaca di setiap mobil. Ya, kaca film mobil mempunyai banyak sekali fungsi untuk kenyamanan untuk mobil Anda. Selain itu juga kaca film bisa membantu mengurangi resiko kejahatan di jalanan.

Selain itu, manfaat kaca film tidak hanya berfungsi untuk tidak bisa dilihat dari luar atau agar terlihat lebih stylish, terdapat manfaat lain yang jauh lebih penting. Jadi, apakah mobil Anda sudah dipasang aksesoris yang satu ini?

Nah, bagi Anda yang sudah memasang kaca film pada mobil, jangan lupa untuk melakukan perawatan. Sebab jika tidak dirawat maka kaca film mobil juga dapat rusak. Kaca film juga tidak membutuhkan perawatan yang intens. Namun, tetap harus diperhatikan agar terhindar dari penyebab kaca film mobil rusak.

Penyebab Kaca Film Mobil Rusak

Meskipun aksesoris mobil yang satu ini merupakan salah satu aksesoris yang awet, namun bukan berarti tidak bisa rusak, ya. Sebab, ada beberapa yang menjadi penyebab kaca film rusak. Apa saja yang menjadi penyebab kaca film mobil rusak?

Artikel kali ini membahas mengenai penyebab kaca film mobil rusak. Sehingga, Anda dapat mengantisipasi kerusakan tersebut.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis Rem Kendaraan, Baik Motor Maupun Mobil!

Lem Kaca Kurang Erat

Penyebab kaca film mobil rusak biasanya karena lem pada bagian kaca yang sudah tidak lagi erat pada posisinya. Hal ini juga terjadi karena fungsi dari lem kaca itu sendiri sudah menurun.

Ada tanda yang dapat Anda kenali ketika lem kaca mulai kurang erat. Jika lem kaca mulai kurat erat terjadi pada mobil, biasanya akan muncul tampilan seperti gelembung pada kaca film. Efeknya, udara sangat mudah masuk diantara kaca film dan bagian kabin.

Penyebab Kaca Film Mobil Rusak
Penyebab Kaca Film Mobil Rusak (Sumber Gambar: Google)

Perlu diketahui bahwa kualitas kaca film juga menjadi penentunya, Ya, kualitas kaca film menjadi penentu awet tidaknya komponen penahan panas tersebut. Pada produk kaca film yang bagus, tentu sulit untuk mendapati kerusakan seperti lapisan mengelupas.

Sebaliknya pada kaca film kualitas rendahan. Jadi, sebelum memasang kaca film sebaiknya tanya dulu kualitasnya, ya sob.

Gesekan Kaca

Selanjutnya untuk penyebab kaca film mobil rusak adalah gesekan kaca. Ketika kaca film sering terjadi maka akan membuat kaca film mudah terkelupas. Misalnya gesekan pisau, kunci perkakas, atau benda lainnya yang punya ujung lancip dan tajam dapat merusak permukaan kaca film.

Biasanya ini terjadi karena ada orang yang suka bermain dengan kaca mobil tanpa tujuan yang jelas akan membuat kulit kaca film mudah terkelupas. Selain itu, kaca film juga bisa rusak apabila terkena kotoran atau kejatuhan getah pohon bila tidak langsung dibersihkan.

Bahkan kaca film juga dapat rusak karena kesalahan saat parkir juga bisa jadi penyebab kerusakan kaca film. Misal saat Anda parkir di tempat yang diyakini aman namun kaca film berpotensi rusak karena kejatuhan ranting pohon.

Apabila goresan sering terjadi maka akan menimbulkan masalah, dimana permukaan kaca film lecet. Bahkan jika goresan yang terbuka tetap dibiarkan dapat membuat bagian yang lecet semakin melebar.
Apabila gesekan demi gesekan kaca yang terus terjadi akan membuat kaca film mudah terkelupas.

Akibatnya adalah sinar cahaya matahari akan mudah masuk dan mengurangi tujuan penggunaan kaca film itu sendiri.

Penyebab Kaca Film Mobil Rusak
Penyebab Kaca Film Mobil Rusak (Sumber Gambar: Google)

Usia Kaca Film

Penyebab kaca film mobil rusak yang selanjutnya adalah usia kaca film tersebut. Ya, meskipun aksesoris ini memiliki usia pakai yang panjang, namun ada baiknya jika Anda tetap menggantinya secara berkala.

Sebab faktor usia kaca film juga dapat menjadi penentu dan menjadi penyebab kaca film mobil mengalami kerusakan. Dimana, biasanya masalah yang akan timbul tidak hanya mengelepas namun juga akan melebar pada warna kaca film yang berganti menjadi ungu atau bahkan terlihat membiru.

Dimana untuk rata- rata, usia penggunaan kaca film berkisar dalam jangka waktu empat hingga lima tahun. Apabila kaca film Anda telah mencampai usia ini, maka segera lakukan pergantian agar tidak menganggu pandangan dari balik kemudi.

Terkena Panas Berlebihan

Penyebab kaca film mobil rusak yang selanjutnya adalah terkena panas berlebihan. Cuaca menjadi salah satu momok bagi kaca film. Jika mobil yang menggunakan kaca film sering kena panas terik, maka kekuatan dan kualitas kaca film tersebut akan diuji.

Penyebab Kaca Film Mobil Rusak
Penyebab Kaca Film Mobil Rusak (Sumber Gambar: Google)

Dimana lem pada kaca film bisa berkurang daya rekatnya, sehingga akan mempengaruhi tingkat keawetannya. Memang kaca film telah didesain untuk tahan banting. Namun, tetap ada batasannya. Salah satunya adalah panas sinar matahari.

Untuk itu perhatikan tempat parkir mobil, usahakan untuk tidak parkir di bawah sinar matahari secara langsung. Selain sinar matahari, kaca film juga dapat rusak dengan panas lainnya. Misalnya terkena bara dari puntung rokok dan benda panas lainnya.

Baca Juga: 4 Daftar Mobil Toyota Terbaru, Cocok Untuk Tahun 2022

Itulah penyebab kaca film rusak. Jadi usahakn hindari hal- hal diatas agar kualitas kaca film tidak menurun dan mengganggu pandangan Anda. Perawatan yang dilakukan tidaklah sulit dan tidak repot.

Cukup pastikan bahwa kaca film selau bersih. Anda tidak perlu dapat membersihkan kaca film sambil mencuci mobil. Langsung bersihkan ketika ada kotoran dan jangan sampai debu yang menempel begitu tebal.

Untuk membersihkan kaca film sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan bahan khusus. “Kalau ada yang kotor cukup menggunakan air saja, lalu dilap menggunakan lap berbahan mikrofiber. Dan jangan menggunakan lap yang sama dengan yang digunakan untuk bodi, karena bisa menimbulkan baret.

Ya, jadi jangan malas ya untuk membersihkan bodi mobil, termasuk kacanya. Dengan memasang kaca film, cahaya yang masuk menjadi berkurang. Tak hanya siang hari, intensitas cahaya yang masuk pada saat malam hari juga akan berkurang.

Hal ini akan membantu pengendara mengurangi ketidaknyamanan karena cahaya yang dihasilkan kendaraan lain. Jadi, pastikan jika kaca film mobil Anda tidak bermasalah.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.