Mengenal Lebih Jauh Tentang Komponen Kaki kaki Mobil: Fungsi dan Tips Analisa Kerusakannya

Kita tahu, mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang sudah secara masif dikenal dan dipergunakan secara luas di dunia. Sebuah teknologi transportasi yang tersusun atas sistem mekanis dan sistem-sistem lainnya sehingga dapat berfungsi dengan baik sebagai kendaraan. Peran dan fungsinya yang cukup sentral ini jelas ditopang oleh komponen-komponen penting seperti roda, kemudi, dan lain sebagainya. Elemen-elemen yang baru saya sebut tadi itulah yang kita kenal dengan komponen kaki kaki mobil.

Komponen-komponen yang bekerja dalam satu kesatuan tersebut sangat penting untuk menunjang kebergunaan mobil sebagai kendaraan itu sendiri. Anda bisa flashback untuk membaca artikel tentang cara merawat mobil bermesin disel disini.

Tulisan singkat ini akan coba mengulas tentang komponen kaki kaki mobil, fungsi hingga tips menganalisa kerusakannya.

6 Elemen Penting Komponen Kaki Kaki Mobil dan Fungsinya

komponen kaki kaki mobil

Sebuah mobil tersusun atas beberapa komponen penting yang keberadaannya tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kaki kaki mobil adalah salah satu komponen penting itu. Nah apa saja komponen-komponen tersebut? Berikut ini penjelasan tentang komponen yang termasuk bagian dari kaki kaki mobil.

1. Roda

Komponen kaki kaki mobil mulai dari yang paling mudah terlihat ialah roda. Fungsi utamanya sangat sakral yakni sebagai perantara mesin/bodi mobil dengan permukaan jalan. Tanpa roda mobil tidak akan bisa melaju. Sebagaian besar mobil tertutup hanya memiliki 4 roda. Dua di depan dan dua lagi di belakang. Komponen roda ini terdiri dari beberapa elemen penting seperti ban, velg, dan pentil angin.

Kegunaan roda sendiri bisa kita pahami selain sebagai penyeimbang bodi dan mesin mobil saat dikendarai, roda inilah komponen yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan. Oleh karenanya penting untuk diperhatikan perawatan komponen pada roda seperti ban, velg, dan juga pentilnya.

2. Shockbreaker (suspensi)

Komponen ini memiliki fungsi yang cukup vital pada mobil yakni sebagai peredam getaran yang dihasilkan oleh roda dan permukaan jalan. Jika performa suspensi baik maka getaran yang tidak nyaman akan secara otomatis berkurang dan terminimilisir.

3. Ball joint

Sesuai dengan namanya, komponen ini bentuknya menyerupai bola kecil yang menyerupai sendi. Ball joint ini posisinya ada di dudukan roda dan terhubung langsung dengan velg. Fungsi utama dari ball joint ini adalah untuk menahan agar roda tidak sampai lepas dari chasis.

4. Bushing

Komponen kaki kaki mobil yang satu ini terbuat dari karet. Fungsi utamanya yaitu untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen lain yang terbuat dari logam. Bushing bisa mengalami kerusakan apabila mengalami overheat (panas berlebih). Sebaiknya segera ganti jika mobil mulai terasa tidak nyaman saat dikendarai.

5. Bearing (laher)

Ini juga salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Fungsi bearing ini adalah sebagai bantalan roda agar dapat berputar dengan lancar. Fungsi lain dari laher adalah memperhalus putaran roda dengan mengurangi gaya gesek yang timbul.

6. Tie Rod

Komponen kaki kaki mobil yang terakhir ini berfungsi sebagai penghubung antara setir dengan roda agar dapat belok ke kanan dan ke kiri atau sebaliknya. Tie rod mesti diperhatkan perawatannya sebab jika tidak akibatnya akan membuat kemudi dan roda tidak nyaman dioperasikan.

Baca juga: Tips Memilih Material Lantai Garasi Mobil Yang Tepat & Pas!

Mengenali Kerusakan Komponen Kaki kaki Mobil

Saya yakin, kenyamanan saat berkendara adalah hal yang selalu diutamakan oleh setiap pengendara. Terlebih lagi jika melakukan perjalanan jauh dan melewati jalan yang banyak lubang. Kondisi kaki-kaki mobil yang berfungsi dengan baik dan normal merupakan syarat utama kenyamanan dalam berkendara.

Pada mobil-mobil dengan umur produksi yang sudah cukup tua, permasalahan kaki-kaki menjadi masalah yang cukup serius. Anda sebagai pemilik mobil harus rajin melakukan pemeriksaan serta peka terhadap gejala-gejala kerusakan yang mungkin timbul. Sebab, tidak hanya soal kenyamanan saja, kaki-kaki mobil ini juga berkaitan dengan keselamatan Anda selaku pengendara.

Bagian kaki-kaki mobil terdiri atas berbagai macam komponen yang saling berkaitan dan berhubungan. Jika salah satu bagian saja tidak berfungsi dengan baik atau katakanlah mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh pada bagian yang lain. Bahkan kerusakan yang ditimbulkan oleh komponen tersebut bisa menjalar ke bagian yang lain juga. Jika kerusakan sudah complicated bisa jadi biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikannya pun semakin besar.

Dari sekian banyak bagian kaki-kaki mobil, berikut empat komponen kaki-kaki mobil yang paling sering rusak dan tips menganalisa kerusakannya.

Suspension Ball Joint

komponen kaki kaki mobil

Cara termudah mengenali kerusakan pada komponen ini adalah ketika ban depan menginjak lubang atau jalan yang bergelombang, terjadi bunyi getaran yang tidak normal. Selain itu, bisa juga dihipotesis sendiri ketika hendak parkir dan posisi setir kemudi diputar hingga mentok. Saat kendaraan diarahkan maju, Anda akan merasakan mobil anda seperti “terpeleset” di bagian roda depan.

Jika Anda memiliki peralatan mekanik, cara mengindentifikasi kerusakan komponen ini bisa dilakukan dengan cara mengdongkrak ban depan lalu menggoyang-goyangkan ban ke arah atas dan bawah. Jika saat digoyang-goyangkan Anda merasakan oblak, hal ini menjadi indikasi kuat kerusakan pada Ball Joint mobil Anda.

Shockbreaker

Mengenal Lebih Jauh Tentang Komponen Kaki kaki Mobil: Fungsi dan Tips Analisa Kerusakannya 1

Fungsi dari shockbreaker sendiri seperti sudah disinggung di awal adalah untuk meredam guncangan di saat mobil melaju di berbagai kondisi jalan. Shockbreaker yang terbuat dari baja tersebut bertugas membantu pegas atau per untuk menopang bobot mobil berikut beban muatan di dalamnya. Biasanya, bila mobil terlalu sering menahan guncangan dengan beban berlebihan, daya tahan shockbreaker perlahan akan berkurang dan melemah.

Untuk mendeteksi kerusakan pada shockbreaker, cara yang paling mudah adalah dengan mendengarkan secara seksama saat mobil melaju. Adakah suara gemuruh yang tidak normal dan lebih keras dari biasanya? Kedua, kendarai mobil dengan kecepatan sedang di jalanan lurus, kemudian sembari Anda rasakan apakah mobil terasa limbung? Bila iya, berarti shockbreaker mobil Anda bermasalah.

Tie Rod End

Mengenal Lebih Jauh Tentang Komponen Kaki kaki Mobil: Fungsi dan Tips Analisa Kerusakannya 2

Kerusakan pada komponen ini biasanya menimbulkan bunyi atau getaran yang tidak normal ketika stir dibelokkan ke kanan atau ke kiri. Biasanya, mengecek kerusakannya juga kurang lebih sama dengan memeriksa kerusakan pada Ball Joint yakni dengan mendongkrak mobil hingga ban depan tergantung. Bedanya hanya arah gerakan atau goyangan bannya ke arah kiri-kanan atau sebaliknya.

Bearing

Mengenal Lebih Jauh Tentang Komponen Kaki kaki Mobil: Fungsi dan Tips Analisa Kerusakannya 3

Untuk mendeteksi kerusakan pada bearing sebenarnya cukup mudah. Yaitu bearing terindikasi rusak jika terdengar bunyi atau getaran yang tidak normal dari arah ban saat mobil melaju normal terutama ketika kecepatan stabil dan jalan lurus. Mengecek kerusakan secara fisik untuk bagian ini juga dapat dilakukan saat ban depan tergantung yaitu dengan memutar ban depan tersebut dengan tangan. Jika memang terjadi kerusakan, akan ada bunyi yang semakin lama semakin besar jika ban diputar lebih cepat.

Nah jadi begitu, jika Anda memang sudah bisa memastikan kerusakan sebuah komponen setidaknya dengan bekal diagnosis di atas, maka langsung komunikasikan saja dengan mekanik saat sudah di bengkel. Sebut komponen yang menurut insting kuat Anda mengalami kerusakan, maka mekanik akan langsung menanganinya di sekitar titik kerusakan. Dengan demikian, mekanik atau pihak bengkel tidak akan mengecek ke mana-mana dan mengklaim sepihak kerusakan komponen mobil Anda sehingga otomatis biaya tidak membengkak.

Oke sekian dulu ulasan dari saya tentang komponen kaki kaki mobil, fungsi beserta tips menganalisis kerusakannya. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman dan kerabat Anda! (RN)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.