Skip to content

Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan!

Cara berkedara yang kita lakukan juga ternyata mempengaruhi bensin, loh. Yups, berkendara dengan baik tidak hanya mampu menciptakan kemanan namun juga berpengaruh pada bensin yang dikeluarkan saat berkendara.

Jadi, apakah Anda sudah berkendara dengan baik dan benar? Mari kita bahas mengenai beberapa tips untuk menghemat bahan bakar kendaraan. Sehingga, meskipun kendaraan kalian tidak tergolong irit bahan bakar, setidaknya tidak terlalu boros juga, ya.

Menghemat Bahan Bakar Kendaraan

Sebagai pengguna kendaraan, pemakaian bahan bakar adalah salah satu hal yang harus selalu diperhatikan. Saat ini harga bensin sedang menjadi perbincangan, dimana harganya semakin lama- semakin mahal.

Bagi pemilik kendaraan, tentu hal ini akan berpengaruh pada pengeluaran bulanan. Selain harganya yang semakin mahal, berkendara secara sembrono membuat bahan bakar cepat habis. Cara paling efektif untuk menghemat bahan bakar sebenarnya adalah dengan berkendara secara apik.

Baca Juga: Kebiasaan Yang Merusak Mobil Matic: Yuk Hindari Sebelum Rusak!

Namun, aktivitas yang padat membuat pengurangan pemakaian kendaraan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Jadi, mari langsung saja kita bahas mengenai tips menghemat bahan bakar kendaraan. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda secara lengkap.

Hindari Mengemudi Secara Agresif

Tips menghemat bahan bakar kendaraan yang pertama adalah menghindari mengemudi secara agresif. Mengemudi secara cepat dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Selain membahayakan diri sendiri dan orang lain, hal tersebut dapat menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan
Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan (Sumber Gambar: Google)

Untuk itu, usahakan untuk mengendarai kendaraan secara ngebut. Sebab, ada kemungkinan Anda akan melakukan pengereman mendadak jika menjalankan kendaraan secara ngebut. Padahal intensitas melakukan pengereman ternyata memiliki hubungan dengan konsumsi BBM, lho.

Semakin sering Anda menginjak pedal rem, maka semakin besar pula bahan bakar yang terbuang sia-sia. Hal ini terjadi karena kendaraan bekerja lebih berat dan mengakibatkan bahan bakar minyak yang dikonsumsi semakin banyak.

Praktik mengemudi yang sesuai dapat mengurangi efisiensi bahan bakar sebanyak 33% di jalan raya dan mengemudi di dalam kota. Jadi, hindarilah mengemudi secara agresif atau ngebut. Selain itu, jagalah jarak kaki mobil kamu dengan pedal rem, sehingga kamu tidak selalu mengerem pada keadaan yang tidak diperlukan.

Perhatikan Muatan Kendaraan

Tips menghemat bahan bakar kendaraan yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan muatan kendaraan. Pastikan jika kendaraan tidak membawa muatan dengan berat yang berlebih. Bahkan sampai melebihi kapasitas kendaraan.

Sebaiknya singkirkan muatan apabila sudah melebihi kapasitas. Beban pada kendaraan dapat membuat tidak efisien mengurangi efisiensi bahan bakar dan karenanya mengurangi jarak tempuh juga.

Ketika beban pada kendaraan semakin berat, otomatis akselerasinya juga akan meningkat. Hasilnya, kendaraan akan mengonsumsi bensin lebih banyak. Jadi salah satu cara menghemat bahan bakar minyak yang terakhir adalah dengan tidak memberikan muatan berlebihan pada kendaraan.

Pastikan Anda tidak memberikan banyak muatan pada kendaraan, agar kendaraan Anda tidak terlalu bekerja terlalu keras.

Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan! 1
Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan (Sumber Gambar: Google)

Memastikan Angin Pada Ban Cukup

Tips menghemat bahan bakar kendaraan yang selanjutnya adalah dengan memastikan angin pada ban kendaraan cukup. Artinya tidak kurang dan juga tidak lebih. Sebab, tekanan angin pada ban yang kurang, akan membuat tahanan gulir membesar dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

Ban yang kempes ternyata dapat memperparah konsumsi kendaraan Anda, lho. Hal ini dapat terjadi karena mesin kendaraan Anda akan bekerja lebih berat. Semakin berat mesin kendaraan bekerja, maka bahan bakar yang terkuras juga akan semakin banyak.

Karena setiap kali roda berputar, maka permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan tersebut. Selain bisa membuat boros penggunaan bahan bakar minyak kendaraan, ban kempes juga membahayakan keselamatan saat berkendara.

Nah, sebelum mengendarai kendaraan, periksa tekanan angin pada ban kendaraan secara rutin, ya. Secara natural, tekanan angin berkurang 2 psi setiap bulan rata-rata pada ban, dipakai atau tidak karena sifat kompon karet yang berpori. Karenanya selalu perika tekanan angin pada ban terpakai ataupun cadangan di bagasi.

Tidak Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Cara menghemat bahan bakar kendaraan yang selanjutnya adalah tidak memanaskan mesin terlalu lama. Ya, tetap lakukan pemanasan mesin, namun dalam jangka waktu yang normal, ya. Sekitar 10 menitan saja sudah cukup, jangan berlebihan.

Ada sebagian orang beranggapan memanaskan kendaraan dalam jangka waktu tertentu dapat membuat mesin kendaraan prima ketika digunakan. Padahal, saat ini banyak kendaraan yang sudah memiliki teknologi dan fitur yang semakin canggih yang tidak membutuhkan waktu lama untuk panas.

Jadi, ketika Anda memanaskan kendaraan dalam kurun waktu yang terlalu lama, bensin di dalam kendaraan Anda akan terbuang sia-sia lho. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pemanasan kendaraandalam waktu yang singkat sekitar 10-15 menit. Terlebih, jika kendaraan Anda sudah menggunakan teknologi injeksi, kamu hanya memerlukan waktu 1-2 menit.

Hindari Kemacetan

Cara menghemat bahan bakar kendaraan yang selanjutnya adalah menghindari jalan yang macet. Carilah rute yang lebih cepat menuju tempat tujuan dan tidak melewati kemacetan. Sebab dalam keadaan macet, kamu akan tetap menyalakan mesin kendaraan Anda dalam keadaan statis.

Hal ini akan menyebabkan mesin kendaraan mengonsumsi bahan bakar minyak lebih boros. Dalam keadaan macet, kendaraan Anda akan mengonsumsi bahan bakar minyak 20% lebih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari rute jalan yang memiliki kemacetan karena hal ini dapat membuat konsumsi BBM Anda lebih boros.

Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan!
Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan (Sumber Gambar: Google)

Efektif Menggunakan AC

Cara menghemat bahan bakar kendaraan yang selanjutnya adalah memperhatikan penggunaan AC untuk yang menggunakan mobil. AC merupakan komponen dalam mobil yang sering tidak diperhatikan.

Saat AC dinyalakan maka tenaga mesin akan diambil oleh sistem AC hingga 5 PK untuk menggerakan kompresor dan sistem yang terkait. Agar lebih efektif, jangan nyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar.

Baca Juga: 4 Penyebab Pecah Ban Mobil Saat Berkendara: Yuk Lebih Waspada!

Optimalkan kinerja AC dengan mematikan switch AC saat membutuhkan engine power, misalnya saat melewati jalan menanjak atau memanfaatkan economy mode yang akan membuat beban dari kompresor berkurang.

Itulah cara menghemat bahan bakar kendaraan. Nah, karena sudah tahu jangan lupa untuk mempraktekannya, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *