Skip to content

Body Repair Mobil: Fungsi & Prosesnya

Bodi mobil baret maupun penyot mungkin banyak dialami oleh pemilik mobil. Apalagi bagi pengemudi baru, pasti ada saja kejadian yang membuat bodi mobil baret atau penyok. Untuk itu ada bengkel yang menyediakan jasa Body Repair Mobil.

Jadi apabila mobil Anda mengalami baret atau peyok maka segera lakukan Body Repair mobil. Body repair adalah perbaikan yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan kerusakan pada body mobil, apapun keadaannya.

Perbaikan sendiri memiliki banyak metode seperti metode palu on off, metode washer welder, atau sinking untuk perbaikan ringan. Jika terjadi kerusakan berat, maka metode seperti mag welding untuk penyambungan pun diperlukan.

Mari bahas secara lengkap mengenai Body Repair Mobil. Inilah ulasan selengkapnya mengenai Body Repair Mobil mengenai fungsi dan Prosesnya.

Fungsi Body Repair Mobil

Sesuai dengan pengertiannya, bahwa fungsi dari Body Repair mobil yaitu untuk memperbaiki bodi mobil yang mengalami lecet ataupun peyot akibat terbentur maupun kecelakaan. Tidak hanya lecet ataupun peyok, cat bodi mobil yang terkelupas juga dapat diperbaiki dengan proses ini.

Taukah kalian jika goresan ataupun penyokan pada mobil jika dibiarkan terlalu lama dapat menumbuhkan jamur dan lama kelamaan dapat menimbulkan karat? Jadi, ketika bodi mobil Anda ada goresan ataupun penyokan, walupun itu cukup parah ataupun dalam, Anda dapat membawanya untuk dilakukan proses Body Repair.

Sehingga, hal tersebut dapat segera diatasi dan tidak menimbulkan kerusakan lain. Pada proses ini nantinya tidak hanya goresan ataupun penyok yang dihilangkan. Namun setelah diperbaikiakan ditambah dengan adanya empat lapisan cat mulai dari primer, surfacer, base coat dan juga clear coat.

Baca Juga: 4 Penyebab Pecah Ban Mobil Saat Berkendara: Yuk Lebih Waspada!

Dimana semua lapisan cat ini dibutuhkan untuk menjaga supaya body mobil tidak mudah muncul karat, jamur, dan warnanya tetap bertahan lama walaupun sering digunakan. Mobil juga akan tampil mengkilap dan menawan.

Bagian mobil mana saja yang dapat diperbaiki melalui servis ini? Jadi, Body Repair dapat memperbaiki kerusakan pada pintu mobil, kap mesin, atap mobil, sampai pintu belakang mobil.

Body Repair Mobil
Body Repair Mobil (Sumber Gambar: Google)

Proses Body Repair Mobil

Dalam melakukan Body Repair ini, ada beberapa tahapan yang akan dilakukan agar mobil Anda dapat kembali seperti semula. Nah, berikut adalah tahapan atau proses dalam Body Repair yang perlu Anda ketahui.

Proses 1: Identifikasi

Tahap pertama dalam proses ini adalah identifikasi. Jadi saat mobil datang ke bengkel, maka teknisi akan melakukan pengecekan atau identifikasi terhadap mobil. Tahapan ini sangat penting supaya tidak ada kerusakan yang luput untuk diperbaiki. Sekaligus memberikan estimasi biaya yang harus disiapkan pemilik kendaraan.

Pengecekan dan Identifikasi sangat penting sehingga nanti tidak ada kerusakan yang tertinggal atau terlewat untuk diperbaiki, pada saat dilakukan indentifikasi pada bagian yang rusak akan diberikan tanda, agar mudah saat pengerjaan dan diberikan estimasi budget dan waktu pengerjaan.

Nantinya, identifikasi dilakukan pada semua bagian secara mendetail di setiap panelnya. Dimana nantinya bagian yang rusak akan diberi tanda dan dicatat supaya tidak terlupa. Baru setelah selesai diidentifikasi akan masuk ke tahapan pengerjaan.

Tahapan 2: Pengerjaan

Tahap yang selanjutnya atau yang ke- 2 pada Body Repair Mobil adalah pengerjaan. Tahap selanjutnya adalah perbaikan pada bagian – bagian permukaan mobil yang rusak atau penyok. Dimana yang rusak karena baret atau penyok akan diperbaiki terlebih dahulu.

Prosesnya adalah pada bagian yang sudah ditandai tadi akan dibersihkan sebelum memasuki pengerjaan. Dimana bagian yang baret atau penyok tadi harus dipastikan bersih. Baru setelah bersih bagian yang rusak akan dilakukan pengamplasan.

Body Repair Mobil
Body Repair Mobil (Sumber Gambar: Google)

Setelah itu teknisi akan melakukan proses pendempulan dengan tujuan agar permukaan body mobil yang rusak atau penyok kembali rata, lalu dilanjutkan dengan proses pengecatan warna dasar. Prosesnya hanya dilakukan di bagian luka yang dalam dan bisa berulang-ulang.

Tujuannya supaya permukaan body mobil kembali rata. Proses pengerjaan ini akan dimulai dari memperbaiki bagian yang penyok agar kembali rata. Jika bagian terasa sulit, maka akan dilepas per panelnya sehingga lebih mudah untuk diperbaiki. Body mobil juga akan dibersihkan dan di amplas. Jika sudah rata, maka akan dicat warna dasar agar sesuai dengan bodykit.

Tahapan 3: Finishing

Tahapan terakhir untuk Body Repair Mobil adalah proses finishing. Dimana pada proses ini, akan dilakukan pengecatan yang sesuai dengan warna mobil dan dilapisi dengan cairan clear coat bertujuan agar tampilan warna cat menjadi mengkilap dan tidak mudah pudar.

Pada bagian yang rusak dan sudah diperbaiki serta kembali menjadi rata, maka teknisi akan memberikan cat yang sesuai dengan warna mobil. Kemudian dilapisi juga dengan clear coat agar tampilan kilapnya kembali seperti semula.

Body Repair Mobil
Body Repair Mobil (Sumber Gambar: Google)

Itulah fungsi dan proses Body Repair Mobil. Yang perlu Anda ketahui. Dari hal tersebut kita tahu bahwa body repair itu sangat penting untuk memulihkan, memperbaiki kerusakan pada body mobil agar tampilan dan kondisi mobil kembali baik dan tampilannya menarik kembali.

Lalu bagimana dengan biaya untuk melakukan servis yang satu ini? Termasuk dalam pembiayaan, pengecatan biasanya menghabiskan dana lebih banyak dibandingkan perbaikannya. Selama tidak ada komponen body yang harus diganti atau sekedar dicat saja, maka biaya tidak akan terlalu besar.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Mobil Atap Sunroof Terbaru di Indonesia

Biaya pengecatan dalam body repair dibedakan menjadi dua jenis yaitu per panel dan full body. Pengecatan per panel biasanya dipilih juga terdapat kerusakan ringan seperti penyok atau goresan pada mobil yang menghilangkan lapisan cat cukup dalam.

Biayanya berkisar ratusan ribu untuk per panel dan tergantung dari goresan atau penyok yang harus diperbaiki. Namun, tentu jika ditotal biasanya biaya akhir yang diperlukan mecapai jutaan dalam sekali servis yang dilakukan.

Untuk itu, jangan menuggu goresan atau penyok semakin parah, sebab biaya yang akan dikeluarkan akan semakin banyak tentunya. Selain itu, lebih berhati- hatilah ketika menggunakan mobil sehingga bodi tidak tergores maupun peyot.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *