Mobil Boros BBM: Yuk Ketahui Penyebab!

Mobil hemat BBM tentu menjadi idaman tersendiri bagi banyak pemilik mobil. Ya, maklum saja sebab uang yang dikeluarkan untuk membeli BBM tidaklah sedikit. Apalagi harga BBM yang saat ini juga sedang tidak pasti dan dihatui kenaikan, pasti mobil yang hemat BBM sangat dinginkan.

Nah, namun tahukah Anda ternyata ada penyebab mobil boros BBM? Ya, ada beberapa perilaku kita saat berkendara yang dapat mempengaruhi banyknya BBM yang digunakan. Artikel kali ini akan mengupas tuntas mengenai penyebab mobil boros BBM.

Sehingga, Anda dapat menghindari hal tersebut dan tidak membuang bensin secara percuma. Jadi, mari kita simak mengenai apa saja penyebab mobil boros BBM. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Penyebab Mobil Boros BBM

Penggunaan BBM yang boros pada mobil tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan. Mulai dari pengeluaran membengkak hingga lama kelamaan bisa merambat pada masalah sparepart.

Jadi boros BBM bukan hanya mempengaruhi masalah kantong namun juga dapat menimbulkan masalah yang lainnya. Yang tidak kita sadari adalah penyebabnya seringkali merupakan perilaku atau penggunaan mobil yang salah tapi tidak disadari.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Mobil Atap Sunroof Terbaru di Indonesia

Yuk, simak artikelnya sampai selesai untuk mengetahui penyebab mobil boros BBM. Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai penyebab mobil boros BBM. Selamat membaca!

Terlambat Mengganti Oli

Salah satu penyebab mobil boros BBM yang pertama adalah terlambat mengganti oli. Oli yang terlambat diganti sudah tentu kualitasnya akan menurun. Dampaknya adalah berkurangnya kinerja mesin mobil dan kalau lama dibiarkan ini bakal menyebabkan bensin menjadi lebih boros.

Penyebab Mobil Boros BBM
Penyebab Mobil Boros BBM (Sumber Gambar: Google)

Untuk itu lakukanlah penggantian oli sesuai dengan waktu yang direkomendasikan. Biasanya pabrikan akan menyarankan penggantian oli setiap 5.000 km. Jangan pernah melewati jarak tersebut. Apabila melewati jarak tersebut, maka akan bisa mengakibatkan penurunan kualitas pada oli.

Dampaknya adalah berkurangnya kinerja mesin dan menyebabkan bensin menjadi boros. Untuk itu, hindari untuk menunda melakukan servis. Apalagi jika mobil digunakan untuk sehari- hari.

Terjadi Masalah pada Ban

Penyebab mobil boros BBM yang selanjutnya adalah adanya masalah pada ban mobil. Masalah pada ban mobil ini tidak hanya ban kekurangan angin atau gundul. Namun juga ban yang dimodifikasi namun tidak sesuai.

Dimana, hal ini juga dapat menjadi penyebab mobil boros BBM. Mari kita bahas mengenai ban yang kurang anginatau gundul terlebih dahulu. Jadi, ban kurang angin atau gundul dapat mengakibatkan beban gesek pada ban dan bobotnya bertambah.

Laju mobil otomatis akan terhambat dan sudah pasti akan boros bensin. Sedangkan, modifikasi ban yang seperti apa yang menyebabkan boros BBM? Beberapa mobil yang dimodifikasi mungkin saja menggunakan ukuran ban yang lebih besar.

Justru hal ini adalah sebuah masalah yang Anda ciptakan. Efeknya adalah beban gesek pada ban dan bobotnya akan bertambah. Laju mobil otomatis akan terhambat dan sudah pasti akan boros bensin. Jadi pastikan bahwa ukuran ban yang digunakan sudah standar.

Filter Bensin yang Kotor

Penyebab mobil boros BBM yang selanjutnya adalah filter bensin yang kotor. Ya, lagi- lagi masalah ditimbulkan akibat telat atau jarang melakukan servis. filter bensin adalah bagian yang wajib dibersihkan tepat waktu.

Jadi, filter bensin harus rutin dibersihkan dan wajib diganti setiap 30 ribu hingga 40 ribu kilometer. Tujuan dari pembersihan dan penggantiannya adalah agar bensin yang digunakan ke ruang bakar selalu bersih.

Ketika bensin yang dipasok kotor, maka akan membuat lebih boros karena kotoran yang masuk ke ruang bakar. Tentu saja jika hal ini terus dibiarkan terus menerus akan menimbulkan kerusakan pada ruang bakar mobil.

Penyebab Mobil Boros BBM
Penyebab Mobil Boros BBM (Sumber Gambar: Google)

Filter Udara yang Kotor

Tidak hanya filter bensin yang menjadi penyebab mobil boros BBM, Filter udara yang kotor juga dapat menyebabkan mobil boros BBM juga. Mesin pada mobil membutuhkan suplai udara bersih, sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal.

Jika filter udara yang kotor maka udara masuk ke dalam mesin akan berkurang. Hasilnya adalah piston bekerja dengan berat, sehingga harus menginjak pedal gas lebih dalam agar bertenaga dan membuat bensin boros.

Nah, apabila filter udara dibiarkan kotor adalah berkurangnya udara masuk ke dalam mesin. Hasilnya adalah piston bekerja dengan berat, sehingga Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam agar bertenaga dan membuat bensin boros.

Penggunaan AC yang Terlalu Dingin

Penyebab mobil boros BBM yang selanjutnya adalah penggunaan AC yang berlebihan. Dimana, AC dihidupkan terlalu dingin. Menghidupkan AC sampai paling dingin berbanding lurus dengan bahan bakar yang digunakan juga semakin banyak.

Pada saat suhu AC sangat dingin, maka kompresor yang memompa refrigerant akan membagi daya. Pengaruhnya adalah power mesin terkuras banyak dan kompresor AC bekerja dengan keras.

Jadi pengaturan suhu AC saat berkendara harus diperhatikan dan sewajarnya saja. Selain itu, saat berkendara Anda harus menginjak pedal sangat dalam, otomatis bensin yang digunakan untuk pembakaran terkuras lebih banyak.

Jadi pengaturan suhu AC saat berkendara harus diperhatikan dan sewajarnya saja. Jadi, perhatikan juga cara penggunaan AC ya, guys.

Menggunakan Bahan Bakar yang Tidak Tepat

Penyebab mobil boros BBM yang selanjutnya adalah kualitas bahan bakar yang digunakan. Sebuah kesalahan jika Anda menggunakan bensin atau bahan bakar yang tidak sesuai dengan anjuran pada mesin.

Penyebab bensin boros bisa dikarenakan kualitas dari bahan bakar lebih rendah, yakni oktan lebih rendah dari 95. Padahal, mobil membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih kuat dan bensin tidak akan boros.

Jadi, apabila Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 bahkan 80, maka pengeluaran bahan bakar akan lebih besar. Anda mungkin memilih jenis bahan bakar tersebut karena murah harganya, tapi jika boros maka sama saja pengeluaran untuk membeli bahan bakar lebih besar.

Selain itu dampak lain yang dirasakan adalah tarikan mobil jadi lebih berat.

Penyebab Mobil Boros BBM
Penyebab Mobil Boros BBM (Sumber Gambar: Google)

Kebocoran Pada Knalpot

Penyebab terakhir mobil boros BBM adalah adanya kebocoran pada knalpot. Dimana, adanya kebocoran pada knalpot kendaraan Anda. Sehingga, gas buangan dari pembakaran bahan bakar dilakukan melalui knalpot.

Ketika sistem bermasalah pada pembuangan gas seperti bocor, maka bensin yang digunakan akan lebih besar. Sebaiknya perhatikan ketika terjadi knalpot bocor pada mobil dan harus segera diatasi.

Baca Juga: Yuk! Cek Kondisi Ban Sebelum Musim Hujan

Itulah 7 penyebab mobil boros BBM. Dimana sebagian dari penyebabnya adalah perilaku kita sebagai pemilik kendaraan. Jadi, mulai sekarang jangan abaikan perawatan dan perhatikan menggunakan kendaraan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *