Yamaha NMax 2021 Si Skutik Premium

Yamaha Nmax 2021 berhasil merebut perhatian pasar motor skutik dengan segala fitur dan desain tampilannya. Ya, tahun 2020 Yamaha menghadirkan Nmax 2021 atau All New Nmax 155 Connected. Bahkan motor yang satu ini memiliki citra sebagai skutik premium, loh.

Nmax sendiri pertama kali dihadirkan pada tahun 2015, namun tahun 2020 kemarin, Yamaha mengeluarkan series terbarunya. Tentu saja versi terbaru semakin lengkap fiturnya. Selain fitur tentu motor tersebut juga telah dilengkapi dengan teknologi canggih.

Motor ini dibandrol mulai dengan harga Rp 32 jutaan. Motor matik Yamaha premium 155cc dengan body bongsor untuk membuat posisi berkendara nyaman. Lalu bagaimana performa Yamah Nmax?
Artikel kali ini akan mengulas secara lengkap mengenai Yamaha Nmax 2021. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Desain Yamaha Nmax 2021

Pertama tentu kita akan mengulas tampilan dari Yamaha Nmax 2021 secara kasat mata. Dimana versi terbarunya memiliki desain agresif, sporty, namun tetap elegan. Secara keseluruhan, DNA dari Nmax generasi pertama tetap dipertahankan. Meskipun, tak sedikit juga yang mengatakan desainnya sedikit mirip dengan Xmax 250.

Hal ini dikarenakan bentuknya yang emuk dan garis desainnya. Ya, walupun secara detail tentu berbeda. Yamaha Nmax 2021 memiliki panjang 1.935 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.160 mm. Jarak sumbu roda 1.340 mm dan jarak terendah ke tanah 124 mm. Bobotnya sendiri hanya 130 kg dan 132 kg.

Motor ini dilengkapi denganlaumpu utama yang dibuat lebih tipis. Ada 4 titik lampu LED pada motor ini. Motor ini juga masih menggunakan bohlam. Namun hanya digunakan pada lampu sein.

Di atas lampu utama, ada windshield yang terlihat lebih lebar dan punya bentuk baru, cuma memang enggak terlalu tinggi. Nah di baliknya, area kokpit dengan motif kasar dan permukaannya jadi lebih lebar.

Cover setang pun lebih mewah, dengan ornamen plastik berwarna di tengah, ini membuat area setang jadi lebih mahal sob. Tangki BBM tetap di tengah, dengan kapasitas yang sekarang jadi 7,1 liter dari sebelumnya 6,1 liter, kini tutupnya model putar tanpa anak kunci lagi.

Motor ini menawarkan pilihan warna untuk tipe Connected/ABS ada Matte Black, White dan Matte Blue. Lalu untuk tipe Standar ada Matte Red, Matte Black, Matte Blue dan White.

Yamaha NMax 2021
Yamaha NMax 2021 (Sumber Gambar: Google)

Mesin Yamaha Nmax 2021

Selanjutnya kita akan berbicara mengenai mesin dari motor ini. Mesin All New NMAX 2020 diklaim baru semuanya. Meskipun, tipe mesin dan kapasitasnya tetap sama. Begitu pula dengan teknologi Blue Core dan VVA.

Dari data spesifikasi, mesin ini punya output 15,15 Dk/8.000 rpm, dengan torsi maksimal 13,9 Nm/6.500 rpm. Mesinnya dikawinkan dengan transmisinotomatis CVT dan berpendingin cairan.

Dimensi pistonnya masih 58 mm dan langkahnya 58,7 mm, dengan perbandingan kompresi 11,6:1. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Untuk mengimbangi performa mesin, sistem pengereman depan dan belakang sudah mengandalkan rem cakram. Rem dengan teknologi ABS jadi pilihan pada Yamaha Nmax 2021. ABS pada skutik ini juga sudah dual channel alias bekerja pada rem depan maupum rem belakang.

Selanjutnya untuk Airbox alias kotak filter udara juga lebih besar, sehingga suplai udara bersih untuk pembakaran bisa lebih plong.

Yamaha NMax 2021
Yamaha NMax 2021 (Sumber Gambar: Google)

Kemudian katup variable khas Yamaha yakni VVA (variable valve actuation) tetap dipertahankan, dengan konfigurasi SOHC 4 katup. Starter mesin juga lebih halus berkat penggunaan teknologi smart motor generator (SMG) dan juga fitur stop start system (SSS) untuk menghemat konsumsi BBM saat motor berhenti.

Fitur Yamaha Nmax 2021

Lalu bagimana dengan fitur sepeda motor yang satu ini? Pada bagian ini yang banyak dirombak dan ditambah sama Yamaha. Dimana Yamaha menyematkan fitur baru. Fitur tersebut adalah Traction Control System (TCS). Fitur ini merupakan perangkat keamanan berkendara yang mencegah roda belakang kehilangan traksi.

Selain itu, untuk spidometer masih full digital dengan desain baru dan lebih informatif karena sekarang ada tambahan voltmeter dan suhu mesin model bar.

Untuk mengubah tampilan informasi di layar spidometer, sekarang dapat menggunakan tombol yang ada di setang sebelah kiri.

Yang terbaru dari spidometer untuk tipe Connected/ABS dapat terkoneksi lewat teknologi Communication Control Unit (CCU). Dimana CCU ini bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Y-Connect yang terhubung via bluetooth.

Dengan terkoneksi Y-Connect maka Anda dapat memantau beragam informasi motor lewat aplikasi smartphone. misalnya jadwal perawatan berkala dan lokasi parkir terakhir motor terhubung dengan smartphone. Dalam aplikasi tersebut juga tersedia beragam fitur menarik yang bermanfaat bagi pengendara Yamaha Nmax 2021.

Selain itu motor ini juga sudah dilengkapi kunci Smact Key System. Jadi, Anda cukup mengantungi remote untuk menghidupkan motor. Sehingga, tidak perlu lagi anak kunci untuk menghidupkan motor.

Pada bagian bagasi sekarang punya 2 pasang gantungan helm. Untuk ukuran bagasinya, Yamaha Nmax 2021 masih tergolong besar, namun sekarang lebih pendek dan dalam. Untuk fitur, Nmax dilengkapi dengan berbagai fitur canggih di beberapa tipe.

Yamaha NMax 2021
Yamaha NMax 2021 (Sumber Gambar: Google)

Kaki-Kaki Yamaha Nmax 2021

Terakhir adalah bagian kaki motor. Dimana Yamaha Nmax 2021 memiliki pelek ukuran 13 inci, tapi peleknya punya desain baru. Untuk Ban, Yamaha Nmax 2021 masih pakai IRC juga, dan sudah tubeless serta punya ukuran lebar, 110/70-13 dan 130/70-13.

Sedangkan sistem pengereman sudah menggunakan rem cakram depan belakang, dengan masing-masing kaliper 1 piston. Untuk tipe tertinggi Connected/ABS sudah pakai ABS dual channel.

Suspensi depan masih mengandalkan jenis teleskopik untuk depan, dan model ganda dengan tabung untuk peredaman roda belakang.

Itulah review Yamaha Nmax 2021. Dilengkapi dengan berbagai fitur yang modern dan canggih, pantas saja jka motor ini menjadi motor premium. Jadi, apakah Anda tertarik memiliki motor yang satu ini?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.