Mengenal Virus Komputer & Cara Antisipasinya

Dunia saat ini sedang heboh dengan adanya virus corona yang dalam hitungan hari sudah merenggut banyak nyawa. Indonesia sebagai negara tropis pun ikut mengalami hal serupa dan di beberapa daerah sudah memberlakukan lockdown bagi warganya.

Namun, bukan virus corona yang akan saya bicarakan disini, karena itu bukan kapasitas saya untuk membicarakan hal tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan mengurai tentang virus komputer & beberapa cara mengantisipasinya.

virus komputer

Virus Komputer Dalam Sejarah

Kapan munculnya virus untuk komputer? Mungkin pertanyaan itu yang selama ini tertanam di benak anda. Virus pada perangkat komputer atau laptop sudah ada sejak pertama kali komputer diciptakan yakni pada tahun 1983.

Awal mulanya dua ahli komputer yakni Prof. Adleman & Dr. Cohen dari USC (University of Southern California) menemukan semacam program jahat yang dapat mengeksploitasi sistem komputer.

Program jahat tersebut ditemukan pada sistem operasi VAX 11/750 yang berbasis Unix. Beberapa bulan kemudian penemuan tersebut di presentasikan pada seminar di lokasi yang sama, hasil dari seminar tersebut salah satunya menetapkan tanggal 3 November sebagai hari Anti Virus Komputer Sedunia.

Tujuan dari diciptakan nya virus pada komputer sebenarnya untuk menguji kemampuan dari perangkat baik software atau hardwarenya. Namun ada juga yang menciptakan virus untuk merusak atau menghilangkan data penting dari rival pencipta software tersebut.

Seluruh jenis virus pada komputer yang ada cara kerjanya adalah menyusup sebagai file penting di folder system dengan perantara jaringan internet, removable disk, dan software. Pada beberapa kasus yang terjadi virus dapat merusak hardware yang ada di dalam CPU dengan cara membuat hardware menjadi lebih cepat panas ketika kita perintah.

Jenis Virus Komputer Yang Mematikan

Setelah anda mengetahui sedikit tentang asal usul dan cara kerja, sekarang saatnya anda mengetahui jenis jenis virus pada komputer yang mematikan dari tahun ke tahun. Berikut uraian lengkapnya. Simak Yuk!

Seperti halnya virus yang sering menyerang makhluk bumi dan menimbulkan memburuknya kesehatan. Virus komputer juga lebih dari 1 jenis bahkan ribuan jenisnya tapi dari semua jenis tersebut rata rata hanya upgrade dari ke 3 jenis virus ini.

1. Trojan Horse.

Pemilihan nama trojan horse mungkin karena pencipta virus ini terinspirasi kehebatan para kuda trojan yang ditunggangi oleh prajurit penyerang pada masa romawi & yunani kuno.

Virus komputer jenis ini memulai langkah penyebarannya melalui jaringan internet dengan berpura pura menjadi file penting pada email yang memerintahkan anda untuk mengeklik link url yang terdapat pada isi email tersebut.

Biasanya ketika anda menuruti perintah perintah tersebut, tanpa anda sadari virus ini akan secara otomatis terkirim dan aktif pada drive penyimpanan anda.

Yang berbahaya dari virus komputer jenis ini adalah dapat mengontrol & mengambil alih pengendalian komputer anda melalui jaringan internet. Resiko yang akan anda hadapi semua password login ke akun email dan akun lain yang berhubungan dengan jaringan internet dapat diketahui oleh pengirim virus tersebut.

Cara mengatasinya, sebelum anda mengeklik link url pada email tersebut sebaiknya anda scan dulu dengan antivirus yang sudah terintegrasi pada browser anda. Jika anda pengguna akun gmail hal tersebut dengan mudah terdeteksi, email yang berisi file jahat biasanya akan secara otomatis masuk ke folder spam.

2. Worm Virus

Peringkat kedua dari jenis jenis virus komputer berbahaya saya tempatkan pada Worm Virus, karena jenis yang ini cukup sulit untuk diketahui file induknya.

Pada beberapa kasus yang saya tangani, laptop atau komputer yang terjangkiti virus ini rata rata mereka mengeluh lemot pada proses booting awal & komputer lebih cepat panas.

Ukuran file dari virus ini sangatlah kecil bahkan di beberapa komputer tidak sampai 5Mb tapi ketika anda mengaktifkannya virus ini dapat dalam sekejap membuat sistem yang berjalan berhenti.

Kok bisa ya? file nya kecil tapi membuat total proses dari CPU komputer atau laptop anda menjadi lemot bahkan berhenti. Jangan heran, karena yang diserang dari virus ini adalah software driver yang mengendalikan hardware pada CPU komputer anda.

Cara kerjanya sebagai berikut, file virus komputer tersebut menyusup langsung ke program file driver komputer anda, kemudian file tersebut akan ber mutasi dengan menggandakan file yang berformat .dll, .ini, dan .txt yang banyak terdapat pada folder driver komputer anda.

Ketika anda mengaktifkan komputer secara otomatis file virus tersebut akan memperbanyak diri ke semua folder driver komputer anda, hal tersebut menjadikan proses kerja komputer anda menjadi lemot bahkan berhenti.

Jika virus pada komputer ini tidak segera anda hapus, maka yang terjadi selanjutnya hard drive menjadi penuh seketika dan menimbulkan badsector.

Virus ini banyak terdapat pada removable disk yang sering berpindah pindah komputer, cara mengatasinya lakukan scan terlebih dulu dengan program anti virus yang telah terupdate sebelumnya pada removable disk anda.

3. WannaCry

Sebenarnya masih ada beberapa virus berbahaya lain sebelum munculnya WannaCry ini, seperti virus i love you yang mewabah pada awal tahun 2000 an, virus ini cukup unik karena jika kita enkripsi file nya menjadi notepad akan meninggalkan pesan patah hati dari pembuatnya.

I love you ini ketika masuk ke dalam komputer anda akan mencari kontak email yang tersimpan pada data anda. Selanjutnya virus ini akan mengirim kloning nya ke kontak email tersebut, dan ketika target membuka email tersebut, virus ini langsung bergerak masif ke semua file dan mengakibatkan folder anda menjadi banyak tanpa anda perintah.

Ok, sekarang kita kembali ke topik virus komputer WannaCry. Jenis ini sempat menghebohkan seantero dunia karena pembuat virus ini meminta tebusan berupa bitcoin untuk dapat menghentikan wabah yang ditimbulkannya.

Cara kerja virus ini cukup sulit di deteksi oleh anti virus yang sering kita pakai, jika komputer atau laptop terjangkit virus ini secara tiba tiba akan muncul kotak dialog yang berisi pesan bahwa sistem komputer anda terkunci dan akan aktif kembali jika anda mengirimkan sejumlah bitcoin ke akun pembuatnya.

Virus ini menyebar melalui jaringan internet dan sempat juga membuat netizen dari negara super power pontang panting dibuatnya. Virus komputer ini mulai merajalela ke seluruh belahan dunia pada tahun 2017 an.

Bagi anda para pengguna laptop atau komputer yang menginginkan aman dari serangan virus komputer, sebaiknya sering lakukan scan pada hard drive anda, backup data penting anda, dan yang terakhir lakukan update rutin pada software anti virus anda.

Merawat laptop bukan hanya pada update software tapi pada beberapa bagian hardware juga perlu anda rawat, misal pada baterai nya. Penjelasan lengkap masalah yang sering muncul pada baterai dapat anda simak disini.

Demikian sekilas uraian mengenal virus komputer dari mulai awal kemunculannya dan cara mengantisipasi agar komputer tidak terjangkiti virus tersebut.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi tentang cara merawat laptop maupun komputer anda. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.