Ukuran mobil sering dilupakan ketika memutuskan membeli mobil baru. Padahal, ukuran mobil menjadi hal yang harus diketahui sebelum membeli. Hal ini karena berhubungan dengan banyak hal.

Ukuran untuk sebuah mobil di Indonesia tentau berbeda dengan ukuran mobil di negara lainnya. Hal ini disesuaikan pula dengan keinginan masyarakat. Seperti di Indonesa, dimana masyarakat cendenrung menyukai mobil yang dapat diisi banyak orang (keluarga). Untuk itu ukurannya cenderung besar.

Namun dengan semakin berkembangnya pasar mobil tentu berpengaruh pada tersedianya macam macam ukuran mobil. Sehingga, sebagai konsumen dapat memilih mobil dengan ukuran yang dibutuhkan.

Ukuran sebuah mobil juga digunakan untuk menentukan besar garasi. Sehingga, mobil dapat diparkirkan dengan baik di garasi. Jika Anda sudah mempunyai garasi seblum memiliki mobil, tentu Anda tidak ingin membongkar garasi yang ukurannya tidak muat untuk mobil.

Selain itu, ukuran sebuah mobil juga digunakan untuk mengatur sebuah tempat parkir di tempat umum. Nah, sehingga ada baiknya Anda mengetahui jenis – jenis ukuran untuk mobil di Indonesia. Sehingga, dapat menjadi pertimbangan Anda ketika akan memebeli sebuah mobil.

Jenis – Jenis Ukuran Mobil

ukuran mobil

Jenis mobil sangalah banyak di pasaran. Tidak hanya jenis mesin yang perlu diperhatikan. Namun juga jenis mobil menurut ukuran mobil juga perlu diperhatikan. Sehingga, Anda perlu memperhatikan ukuran mobil sebelum memutuskan membeli mobil.

Ada banyak jenis mobil berdasarkan ukuran di Indonesia. Jenis ukuran ini sering kita jumpai dan tidak asing. Di Indonesia ada empat jenis mobil yang sering kita temuai. Jenis mobil yang pertama adalah mobil perkotaan.

Mobil perkotaan mempunyai ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan mobil roda empat lainnya. Hal ini karena pangsa pasar mobil ini menyasar pengguna mobil di kota besar. Mobil perkotaan mempunyai spesifikasi lebih tinggi dan tingkat keselamatan lebih bagus dibandingkan dengan mobil mikro.

Selanjutnya adalah mobil keluarga. Mobil untuk keluarga sendiri mempunyai tiga jenis. Yaitu mobil keluarga berukuran kecil, mobil keluarga berukuran sedang, dan mobil keluarga berukuran besar.

Mobil keluarga berukuran kecil dapat menampung sekitar4 sampai 5 orang dewasa. Biasannya, mobil jeis ini mempunyai kapasitas mesin mulai dari 1.300CC sampai 2.000CC, dan di beberapa Negara eropa bisa sampai 2.500CC. Ukuran mobil ini biasannya mencapai 4,5 meter. Contoh mobil di kategori ini adalah Suzuki Baleno.

Selanjutnya adalah mobil keluarga berukuran sedang. Untuk mobil yang satu ini dapat menampung orang deasa dengan jumlah 5 sampai 6 orang. Mobil ini memiliki panjang Antara 4,5 Meter Hingga 4,8 Meter dengan kapasitas mesin lebih besar yaitu 6 silinder dengan kapasitas 2000CC – 3000CC. Contoh dari mobil ini adalah Mercedes Benz c200.

Jenis mobil yang terakhir adalah mobil keluarga ukuran besar. Ukuran dari mobil keluarga ukuran besar ini mempunyai panjang lebih dari 4,8 Meter dengan kapasitas Mesin lebih dari 2500CC. Contoh dari mobil jenis ini adalah Toyota Alphard dan BMW 5 Series.

Ukuran Mobil di Indonesia

Setelah mengetahui jenis – jenis mobil, sal selanjutnya yang akan kita bahas adalah ukuran kendaraan. Di Indonesia, ukura mobil sangatlah beragam. Namun, kita bisa mengambil ukuran umum. Nantinya, ukuran ini yang bisa digunakan untuk menentukan luas garasi yang dibutuhkan.

Ukuran Mobil di Indonesia
Ukuran Mobil di Indonesia
(Sumber Gambar: Google)

Ukuran pertama adalah mobil Van dan SUV. Pada umumnya mobil ini memiliki lebar 1,8 – 2,1 meter. Sedangkan panjangnya mencapai 4,9 – 5,8 meter. Untuk Tinggi mobil, mobil ini mepunyai tinggi 1,5 – 1,8 meter. Itulah, ukuran mobil Van dan SUV pada umumnya.

Selanjutnya adalah ukuran mobil besar dan mewah. Lebar mobil jenis ini dapat mencapai 1,8 – 1,9 meter dengan panjang mobil dapat mencapai 4,9 – 5,5 meter. Sedangkan tinggi mobil mencapai 1,4 – 1,5 meter. Ini adalah ukuran untuk mobil besar dan mewah secara umum yang ada di Indonesia.

Mobil yang terakhir adalah mobil kecil dan sport. Mobil kecil dan sport biasanya mempunyai lebar 1,5 – 1,8 meter. Sedangkan panjang dan tinggi mobil dapat mencapai 4,3 – 4,9 meter dan 1,2 – 1,5 meter. Itulah ukuran umum mobil kecil dan sport.

Baca Juga: Mobil Terbaru Honda: 5 Mobil Terbaru, Mewah dan Ramah dikantong!

Ukuran tersebut dapat Anda gunakan untuk membuat garasi. Ukuran tersebut juga dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memutuskan akan membeli mobil. Sehingga, Anda dapat menentukan mobil pilihan yang mempunyai ukuran sesuai garasi mobil Anda.

Menentukan Ukuran Garasi Mobil

Setelah mebahas ukuran mobil secara umum di Indonesia. Selanjutnya akan mebahas tentang menentukan ukuran garasi mobil. Menentukan ukuran garasi mobil juga perlu dilakukan. Sehingga kita tidak asal membuat garasi mobil.

Biasanya garasi mobil dibuat dengan jalan lurus untuk akses masuknya. Hal ini akan memudahkan serta tidak memakan banyak lahan. Namun, meskipun jalan berupa garis lurus. Alangkah baiknya Anda tetap pertimbangkan diameter putaran untuk mobil.

Ukuran diameter putaran untuk mobil yakni antara 12,2 hingga 15,2 meter. Ini adalah ukuran yang pas. Sehingga, untuk area tersebut anda memerlukan kurang lebih 7 meter untuk mundur dengan mulus dan kemudian mulai berputar lalu bergerak maju.

Sedangkan untuk ukuran garasi mobil banyak mengalami perubahan. Saat ini garasi cenderung menginginkan lebih banyak ruang untuk menyimpan barang-barang selain mobil. Sehingga ukuran lebar garasipun di tambah. Sehingga, tidak hanya dapat menyimpan mobil.

Pintu garasi satu mobil memiliki lebar minimal 2,4 meter. Anda juga bisa memaksimalkan pintu hingga selebar 2,7 meter yang akan menghindari kemungkinan tergoresnya sepatbor mobil pada kusen pintu. Anda kadang-kadang akan melihat pintu yang lebih sempit daripada ukuran ini dalam country club, tetapi biasanya ukuran ini dikhususkan untuk garasi mobil golf dengan ukuran sempit selebar 1,5 meter.

Sementara itu, pintu garasi untuk dua mobil dapat memiliki lebar minimal 4,3 meter. Namun, lebih sering selebar 4,6 atau 4,9 meter. Standar tinggi pintu garasi adalah 2,1 meter. Tetapi juga ada yang memakai ukuran tinggi 2,4 meter. Anda bisa mendapatkan tinggi khusus sesuai desain Anda dengan biaya tambahan.

Baca Juga: Mobil Terbaru Mitsubishi: Spesifikasi Eclipse Cross 2020

Itulah hal – hal mengenai ukuran mobil yang dapat membantu Anda menentukan luas garasi mobil yang Anda perlukan. Selain memperhatikan ukuran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk garasi mobil Anda. Hal tersebut seperti material garasi mobil.

Pilihkan material lantai garasi mobil yang memiliki pori-pori kecil seperti keramik atau granit agar tidak menyerap dan mudah untuk dibersihkan. Gunakan material yang bertekstur dengan tujuan untuk menghindari permukaan lantai yang terlalu licin. Sebaiknya untuk menentukan lantai garasi mobil, konsultasikan dengan penjual.

Tips berikutnya adalah jangan pernah mencuci mobil di dalam ruangan garasi. Mencusci mobil di dalam garasi dapat membuat garasi Anda lembab. Dan akibat fatal dari kelembaban rendah ini adalah mobil Anda akan mudah diserang karat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *