Modifikasi pada kendaraan sepeda motor sering dilakukan pemilik. Banyak alasan kenapa mereka melakukan modifikasi. Ada yang bosan bahkan ada yang ingin terlihat lebih keren. Salah satu bagian yang tidak jarang diganti adalah gear motor. Dimana pemilik kendaraan sering mengubah ukuran gear motor mereka.

Mengubah gear motor memang di perbolehkan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika salah mengganti gear akan ada efek samping yang ditimbulkan. Mengingat gear motor mempunyai fungsi yang snagat penting untuk melajunya kendaraan, maka jangan sembarang jika ingin mengganti gear motor.

Gear adalah sebuah salah satu perangkat yang menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin. Biasanya, rasio ukuran gearnya telah disesuaikan. Alasan mengganti gir salah satunya didasarkan karena mengganti ukuran velg. Biasanya sih mengganti ukuran velg dan ban yang lebih besar. Bisa juga karena menincar sesuatu.

Salah satu tujuan mengganti gear adalah mendogkrak performa secara instan. Pasalnya meski pabrikan telah membekali motor besutannya dengan performa yang mencukupi, tak sedikit pengendara yang kurang puas dengan tenaga motor tunggangannya. Biasanya, sentuhan modifikasi pun dilakukan untuk mendongkrak tenaga motor.

Selain melakukan penyesuaian di sektor mesin, bagian lainnya yang juga kerap mendapat ubahan adalah pada komponen gear. Bahkan bisa dibilang ubahan atau ganti ukuran gear motor merupakan salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan tenaga motor, terutama di sektor akselerasi.

Apa sih efek bila mengganti gear motor dan tidak sesuai? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Efek Mengubah Ukuran Gear Motor

Pada dasarnya pabrik telah menyesuaikan ukuran gear pada setiap motor. Namun, sebagi manusia pasti ada saja yang ingin diganti atau di upgrade. Termasuk mengganti gear motor. Akan ada efek yang kurang menyenagkan apabila Anda salah dalam mengganti ukuran gear.

Mengganti Ukuran Gear Motor Depan

Mengubah ukuran gear motor bagian depan tentu memiliki efek positif dan efek negatif. Apabila, gear bagian depan diganti menjadi ukurannya lebih besar dimana mata gear semakin banyak, maka akan membuat putaran semakin berat.

Dimana akselerasi akan drop, tetapi mungkin ada perbaikan dalam kecepatan. Selain itu memperbesar ukuran gear pada bagian depan juga akan menimbulkan efek memperberat kinerja mesin. Dibeberapa kasus pada motor yang menggunakan sensor kecepatan di gir depan terkadang membuat speedometernya agak ngaco atau tidak sesuai.

Ukuran Gear Motor
Ukuran Gear Motor (Sumber Gambar: Google)

Lalu bagimana jika ukuran gear depan diperkecil? Apabila mengganti bagian gear depan menjadi kecil dari kuruan standar maka efeknya adalah putarannya akan semakin ringan yang membuat akselerasi lebuh bagus dengan sedikit mengorbankan akselerasi.

Baca Juga: Sepele Tetapi Menyebabkan Ban Motor Cepat Rusak

Mengganti Ukuran Gear Motor Belakang

Mengganti ukurang ear motor bagian belakang tentu ada efek positifnya dan negatifnya. Negatifnya adalah ketika mengganti ukurannya menjadi tidak sesuai dengan standar dari pabrik. Dimana ukurannya lebih besar atau lebih kecil. Gear belakang motor memiliki ukuran yang berbeda-beda. Jika anda ganti dengan ukuran standarnya, justru bisa memberikan efek baik.

Apabila Anda memutuskan untuk memperesar ukuruan gear bagian belakang maka akan menimbulkan efek kebalikan dari gear depan yang diperbesar. Dimana apabila gear belakang diperbesar akan memberikan efek pertambahan pada torsinya.

Artinya kendaraan akan bisa memiliki tarikan enak saat berada di trek pendek atau menanjak. Meski demikian, ada juga dampak buruk yang bisa terjadi.

Ukuran Gear Motor
Ukuran Gear Motor (Sumber Gambar: Google)

Sebenarnya ini adalah kebalikan dari gear depan. Semakin banyak mata gir belakang maka akan semakin ringan dalam memutar roda belakang. Torsi akan meningkat, tetapi top speed akan berkurang dan nafas motor akan menjadi pendek.

Menambah mata gir belakang cocok untuk sobat yang telah mengganti ukuran ban yang lebih besar. Bisa juga buat sobat yang mencari torsi lebih, seperti untuk keperluan trabas atau freestyle.

Untuk konsumsi bahan bakar akan sedikit banyak berpengaruh. Hal ini tergantung bagaimana cara kita dalam mengatur puntiran gas. Juga bagaimana medan jalan yang dihadapi.

Apabila jalanan yang dilintasi relatif datar dan ingin menambah speed bisa dengan memperberat ukuran gear. Namun tentu saja hal ini akan mengorbankan akselerasi.

Hal di atas juga tidak terlalu absolut. Masih tergantung seberapa banyak menambah atau mengurangi mata gir. Semakin banyak yang ditambah atau dikurangi maka akan semakin terasa efeknya.

Apabila Anda adalah motor standar atau tidak ada perubahan apa-apa khususnya pada kaki-kaki ada baiknya tetap menggunakan ukuran standar. Sebab, pabrikan memberikan ukuran rasio yang terbaik agar seimbang. Tidak terlalu kuat ditorsi juga tidak terlalu mengejar kecepatan maksimal.

Lalu bagimana dengan memperkecil ukuran gear motor bagian belakang? Efek yang akan ditimbulkan ketika memperkecil gear bagian belakang adalah menjadikan akselerasi awal menjadi lebih berat.

Ukuran Gear Motor
Ukuran Gear Motor (Sumber Gambar: Google)

Namun, pada top speednya justru bisa naik. Jika menggunakan ukuran gear kecil, memang mampu membuat rpm atas lebih enteng.

Akan tetapi, terdapat kekurangan ketika saat berada dalam medan menanjak, justru bisa berkurang tenaganya. Sehingga dalam penggantian ukuran gear, anda tidak bisa melakukannya dengan sembarangan.

Baca Juga: Sepele Tetapi Menyebabkan Ban Motor Cepat Rusak

Mengganti Spesifikasi Gear

Selain mengubah ukuran gear motor dari ukuran standar, emngubah spesifikasi gear juga dapat menimbulkan masalah. Agar tida salah ukuran, maka Anda harus tahu spesifikasi dari gear motor Anda. Anda bisa membaca kode dan tulisan yang ada pada komponen tersebut.

Spesifikasi gear motor biasanya tertulis pada rantai. Spesifikasi ini ditulis dalam ebntuk kode yang tercantum pada gear.

Selain kode, tertulis juga huruf khusus pada bagian belakang. Huruf tersebut yaitu SB, V, dan H. Dimana masing- masing memiliki istilah atau maksud yang berbeda-beda. Jika SB itu sendiri merupakan istilah dari soild bushing yang adalah nama lain as.

Sedangkan untuk kode H merupakan kepanjangan dari high tension. Huruf tersebut merupakan informasi pembeda terhadap pelat lainnya.

Sedangkan untuk V itu sendiri menunjukkan rantai rantai memiliki kelengkapan dengan sil penahan gemuk. Dengan mengetahui spesifikasinya, Anda tidak bisa sembarangan mengganti ukuran gear belakang motor.

Itulah efek dari beberapa mengganti ukuran gear baik gear bagian depan maupun gear bagian belakang. Sehingga, pastikan dulu bahwa Anda telah berkkonsultasi dengan orang yang ahli atau paham terhadap masalah ini. Sehingga tidak akan menimbulkan efek yang kurang menyenagkan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *