Berapakah Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal? Berikut Ulasannya!

Ukuran garasi mobil
garasi mobil minimalis

Ukuran garasi mobil menjadi penting ketika lahan tempat tinggal anda tidak terlalu luas, sedangkan fungsi garasi mobil itu sendiri sangatlah penting untuk menjaga kondisi mobil anda agar tetap nyaman.

Dengan anda mempunyai garasi mobil berarti anda ikut menjaga usia kendaraan menjadi lebih panjang karena dapat menghambat proses karat yang terjadi pada bodi mobil ataupun bagian-bagian yang terpapar embun dan air.

Berbicara tentang ukuran garasi mobil tentunya tergantung dari besar kecilnya kendaraan, untuk mobil jenis Low Cost Green Car seperti Honda Jazz, Suzuki Karimun atau kendaraan sejenis lainnya cukup ukuran garasi mobil nya 2,4 m x 4,8 m.

Namun bagi anda yang memiliki kendaraan yang lebih besar semisal SUV tentunya ukuran garasi mobil nya pun berbeda dengan yang tadi, anda bisa membuat nya dengan ukuran garasi mobil 3 m x 6 m.

Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal

Ukuran Garasi Mobil

Menentukan ukuran garasi mobil yang ideal memang bukanlah perkara sepele dan sebaiknya garasi mobil tersebut minimal memenuhi kriteria layak, tepat dan nyaman.

Tiga hal dari kriteria tersebut tentunya tergantung pada besar kecilnya ukuran kendaraan yang Anda miliki.

Sebagai awal dari topik ini, kita bicarakan dahulu ukuran garasi mobil kecil atau mobil jenis LCGC seperti Kia Picanto, Honda Jazz, Toyota Yaris cukup garasi yang berukuran 2,4 m x 4,8 m.

Nah untuk anda pemilik mobil yang lebih besar dari pada itu, haruslah dibuatkan garasi yang ber ukuran 3 m x 6 m, atau 3 m x 5,5 m dengan tinggi setidaknya 2,8 m.

Tapi bagaimana jika suatu saat bagi anda yang memiliki mobil ukuran LCGC kemudian ganti mobil ke yang lebih besar? Jika hal itu terjadi untuk amannya anda sebaiknya mengambil pilihan kedua.

Tidak ada salahnya jika anda membuat ukuran garasi mobil lebih kecil daripada yang kami uraikan di atas, namun untuk segi kenyaman sebaiknya ikuti saran tersebut.

Terlebih lagi sebagian orang memanfaatkan garasi mobil bukan hanya sekedar untuk menyimpan mobil saja, namun juga untuk menyimpan perkakas yang berkaitan dengan onderdil mobil.

Layaknya sebuah garasi mobil bisa diterapkan pada rumah yang memiliki standar lahan dan bangunan berukuran 54/90 m². 54 m2 adalah ukuran luas rumah dan 90 m adalah luas lahan tanah yang dimiliki.

Dan jika ukuran lahan di bawah itu seperti tipe untuk 45/70 m2, apalagi 21/60 m², hampir dipastikan nantinya akan mengorbankan kenyamanan ruang lainnya.

Desain Garasi Mobil Yang Benar

Ukuran garasi mobil paling minimum untuk mobil rata-rata adalah 3 x 6 meter per mobil. Ukuran tersebut akan memungkinkan cukup ruang bagi seseorang untuk membuka pintu dan berjalan di depan dan belakang mobil setelah mobil itu diparkir di garasi.

Mengenai panjang ukuran garasi mobil sebaiknya minimal 7 meter, agar memungkinkan lemari atau rak penyimpanan muat di depan mobil yang diparkir.

Idealnya garasi juga harus diperlakukan seperti layaknya ruangan-ruangan lainnya seperti kamar ataupun ruang tamu.

Selain menentukan ukurannya, desain yang garasi yang benar juga harus memenuhi beberapa unsur seperti ventilasi udara, pemilihan lantai, menentukan model pintu yang cocok, menyediakan sarana penyimpangan barang sparepart dan lain-lain.

Sebaiknya ukuran garasi mobil juga harus dekat ataupun berada dalam satu pola dengan gudang, bisa saja kedua ruangan ini hanya dipisahkan dengan dinding massive.

Sedangkan gudang berfungsi sebagai lokasi penyimpanan perkakas yang berkaitan dengan mobil seperti ban cadangan, oli, dongkrak, mesing pompa steam dan lain-lain.

Memang bisa saja barang barang tersebut diletakkan terbuka menyatu dengan ruangan garasi, namun biasanya pada akhirnya barang-barang tersebut terus dan terus bertambah.

Terlebih lagi bahwa sebagian dari kita selalu merasa sayang untuk membuang aksesoris mobil yang sudah tidak terpakai, seperti jok bekas, ban bekas, oli bekas dan lain-lain karena berbagai alasan.

Lantai Garasi Mobil

Menjaga lantai garasi mobil ini amatlah penting seperti pentingnya unsur unsur lainnya. Pertimbangan beban kendaraan haruslah pikirkan. Sisa oli bekas yang berceceran, asap kendaraan dan lain lain akan cepat mengotori lantai.

Untuk itu pilihkan material lantai garasi mobil yang memiliki pori-pori kecil seperti keramik atau granit agar tidak menyerap dan mudah untuk dibersihkan.

Untuk material nya anda bisa pilih yang bertekstur dengan tujuan untuk menghindari permukaan lantai yang terlalu licin (unpolished), sebaiknya untuk menentukan lantai garasi mobil, konsultasikan dengan penjual.

Tips berikutnya dari kami adalah bahwa jangan pernah mencuci mobil di dalam ruangan garasi, sebab dapat membuat garasi Anda akan lembab. Dan akibat fatal dari kelembaban rendah ini adalah mobil Anda akan mudah diserang karat.

Merubah Tampilan Garasi Mobil

Siapa bilang penampilan garasi itu harus sederhana dan konvensional? Tidak diragukan lagi, eksterior rumah Anda adalah salah satu unsur yang akan meninggalkan kesan pertama bagi para pengunjung.

Salah satu area di luar rumah Anda yang hampir selalu dilupakan adalah pintu garasi. Lupakan semua pendapat yang keliru.

Sebenarnya ada banyak cara bisa dicoba untuk menata ulang ukuran garasi mobil anda. Anda bisa mencoba cara sederhana dengan menambahkan detail kantilever di atas pintu garasi. Penambahan detail ini akan menjadi ciri khas yang menonjol dalam desain hunian anda menurut skalanya.

Setelah menentukan ukuran garasi mobil dan desain nya sebaiknya anda juga mempertimbangkan jalan masuk ke garasi yang tentu memakan ruang yang cukup besar pada lahan Anda.

Karena itu, untuk menyeimbangkan sirkulasi jalan masuk dengan desain rumah Anda akan membutuhkan perencanaan yang matang.

Pada umumnya akses masuk mobil hanya berupa garis lurus dari jalan ke garasi, tetapi jika anda ingin merancang pola sirkulasi yang baik, sebaiknya pertimbangkan diameter putaran untuk mobil yakni antara 12,2 hingga 15,2 meter.

“Artikel Penting Untuk Anda Baca Juga : Ide Mendesain Garasi Mobil Minimalis yang Pas dengan Desain Rumah

Untuk area tersebut anda memerlukan kurang lebih 7 meter untuk mundur dengan mulus dan kemudian mulai berputar lalu bergerak maju.

Untuk lebih jelasnya lagi tentang setiap dimensi atau ukuran kendaraan berikut saya sertakan beberapa ukuran mobil yang sudah beredar di tanah air.

UKURAN UMUM KENDARAAN

Van dan SUV:

Lebar: 1,8 – 2,1 meter

Panjang: 4,9 – 5,8 meter

Tinggi: 1,5 – 1,8 meter

Mobil besar dan mewah:

Lebar: 1,8 – 1,9 meter

Panjang: 4,9 – 5,5 meter

Tinggi: 1,4 – 1,5 meter

Mobil kecil dan sport:

Lebar: 1,5 – 1,8 meter

Panjang: 4,3 – 4,9 meter

Tinggi: 1,2 – 1,5 meter

OK, Demikian tadi sekilas tentang ukuran garasi mobil yang baik untuk menyimpan mobil anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda, Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.