Tune up mobil injeksi harus dilakukan dengan baik dan benar. Sebaiknya, kita mengetahui apa saja komponen yang akan dicek saat melakukan tune up mobil. Dengan mengetahui komponen yang perlu diganti saat tune up, akan menghindarkan kalian dari kenakalan mekanik.

Setiap jenis mobil, memiliki cara tune up yang berbeda. Dimana, saat ini banyak mobil yang telah menggunakan teknologi injeksi, maka pada artikel ini kami akan membahas mengenai tune up mobil injeksi.

Sebab, mobil dengan teknologi injeksi, memiliki cara tune up yang berbeda dari mobil umum. Mobil injeksi yang lebih banyak menerapkan sisi elektrikal mesin memerlukan pengecekan menggunakan scan sementara pada mobil-mobil konvensional, hanya kunci-kunci umum saja bisa kita gunakan untuk tune up.

Tune Up Mobil Injeksi

Perlu diketahui bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan mengenai tune up mobil injeksi. Dimana, mobil lama yang belum menggunakan teknologi injeksi umumnya melakukan hal ini di begkel dimana mereka melakukan servis berkala.

Hal ini dilakukan untuk memastikan agar mobil kembali berada dalam kondisi prima. Namun, itu adalah mobil di masa lalu. Saat ini, mobil sudah semakin canggih. Dimana mobil sekarang banyak yang telah menggunakan mesin injeksi.

Dengan adanya perubahan ini, maka tune up mobil juga memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi alat- alat yang akan digunakan dan juga komponen yang perlu mendapatkan tune up.

Apa saja komponen pada mobil injeksi yang perlu mendapatkan tune up? Berikut adalah ulasannya mengenai tune up mobil injeksi.

Baca Juga: Jenis Servis Mobil Berkala Yang Perlu Kamu Lakukan!

Tune Up Mobil Injeksi: Ruang Bakar

Untuk tune up mobil injeksi, membersihkan ruang bakar harus dilakukan. Hal ini merupakan langkah penting dalam tune up mobil injeksi. Dimana masalah yang terjadi adalah munculnya banyak kerak pada ruang mobil injeksi.

Penyebabnya pun terkadang sederhana. Penyebabnya seperti campuran bensin, hingga kadar oktan bahan bakar yang rendah. Selain itu, biasanya saat membersihkan ruang bakar, tune up mobil injeksi juga akan membersihkan komponen kecil. Salah satunya adalah busi pada mobil.

Apalagi, komponen kecil dari mobi ini juga kerap menjadi tempat mengendapnya kerak-kerak yang dipicu oleh bensin dengan oktan rendah.

Untuk membersihkan ruang bakar kita tidak perlu melepas kepala silinder, cukup menyemprotkan combsution cleaner yang secara otomatis merontokan kerak didalam ruang bakar.

Tune Up Mobil Injeksi
Tune Up Mobil Injeksi (Sumber Gambar: Google)

Kerak ini terbentuk saat proses pembakaran tidak berlangsung ideal, bisa karena campuran bensin dan udara tidak pas atau karena faktor oktan bahan bakar yang rendah.

Tune Up Mobil Injeksi: ISC

Tune up mobil injeksi yang selanjutnya yaitu ISC. Apa itu ISC? ISC adalah Idle speed control. Fungsinya adalah untuk smengatur RPM idle mesin injeksi. Biasanya, bagian ini cukup membuat pusing bagi orang yang belum paham dengan mobil injeksi.

Salah satu masalah yang akan terjadi pada bagian mobil ini adalah Idle Speed Control terlalu kotor. Risikonya, akan membuat performa mobil menjadi terganggu. Oleh karena itu, ketika akan melakukan Tune untuk mobil, bagian ini akan di cek oleh para mekanik atau montir.

Namun tidak semua mesin injeksi dilengkapi ISC, untuk teknologi terbaru yang menggunakan TAC (throttle actuator control) ISC sudah tidak ada lagi karena idle RPM sudah diatur secara langsung oleh katup gas yang di buka tutup oleh sebuah motor listrik.

Tune Up Mobil Injeksi: Throttle Body

Tune up mobil injeksi selanjutnya adalah Throttle Body. Biasanya para mekanik atau montir akan membersihkan kerak yang menempel pada bagian katup. Jika tidak dibersihkan, kerak tersebut bisa membuat mesin menjadi tidak optimal.

Tune Up Mobil Injeksi
Tune Up Mobil Injeksi (Sumber Gambar: Google)

Dimana kerak tersebut bisa menjadi penyebab RPM mesin tidak stabil, sehingga perlu dibersihkan. Untuk membersihkannya, kita harus melepas throttle body dan bersihkan menggunakan bantuan carb jet/carbon cleaner.

Sehingga mekanik pasti akan melakukan pemeriksaan Throttle Body.

Tune Up Mobil Injeksi: Filter Udara

Selanjutnya adalah filter udara pada mobil ijeksi. Ya, memngingat fungsinya yang tidak kalah penting, maka komponen yang satu ini tidak akan dilewatkan oleh para mekanik. Fungsinya sendiri adalah untuk menyaring debu atau kotoran pada bagian filternya.

Biasanya, jika sudah terlalu banyak kotoran atau debu, filter ini tidak akan bekerja maksimal. Oleh karena itu, saat melakukan Tune up untuk mobil injeksi beberapa mekanik atau teknisi akan membersihkan bagian filter udara ini.

Tune Up Mobil Injeksi: Aki mobil

Tune up selanjutnya untuk mobil injeksi adalah aki mobil. Aki yang digunakan pada mobil injeksi adalah jenis aki kering atau aki MF (maintenance free). Sesuai namanya aki MF ini tidak perlu kita cek-cek lagi karena desainnya tertutup sehingga kita tidak akan tahu seberapa tinggi elektrolit didalam aki.

Tune Up Mobil Injeksi
Tune Up Mobil Injeksi (Sumber Gambar: Google)

Meski demikian, saat melakukan tune up kita perlu mengecek indikator lain seperti tegangan aki dan CCA (cold crank amp). Untuk mengeceknya anda harus menggunakan battery tester yang akan mengecek aki kering mobil secara otomatis.

Hasil dari battery tester bisa kita gunakan untuk menyimpulkan apakah aki masih baik, perlu di cas atau perlu diganti. Namun, jangan khawatir. Sebab sebelum mengganti pasti mekanik akan melakukan perawatan seperti seperti battery tester untuk mengetahui berbagai kadar aki. Apabila harus diganti, maka mekanik akan menanyakannnya terlebih dahulu kepada Anda.

Baca Juga: Apa Perbedaan Servis Berkala dengan Tune Up Kendaraan?

Tune Up Mobil Injeksi: Elektrikal Mobil

Tune up selanjutnya untuk mobil injeksi adalah elektrikal mobil. Tune up pada bagian ini akan dilakukan untuk mengetahui apakah ada sensor mobil yang rusak atau tidak. Bagian yang di cek berikutnya adalah bagian elektrikal mobil. Mekanik atau montir biasanya akan melakukan scanning dengan satu alat khusus pada bagian elektrikal.

Itulah tune up mobil inejksi yang perlu kalian ketahui. Untuk biaya tune up kendaraan sangat beragam, tapi Anda dapat menyediakan uang sekitar 3 jutaan. Namun, tetap saja nanti tergantung keadaan mobil Anda.

Dari ke-enam sektor diatas, memang cukup rumit apabila kita kerjakan sendiri. Oleh sebab itu lebih baik percayakan mobil anda pada bengkel kepercayaana Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *