Pada artikel sebelumnya kita telah membahsa bagaimana cara untuk putar balik mobil secara aman. Nah, kali ini kami akan mengulas mengenai 3 trik putar balik mobil yang mudah dilakukan.

Menyalakan lampu sein, memperhatikan rambu lalu lintas, memastikan ruang yang cukup, dan juga memastikan keadaan lalu lintas sekitar adalah hal- hal yang harus diperhatikan sebelum kalian memutuskan untuk putar balik kendaraan. Ya, mengingat jalan raya bukanlah milik kita saja, kita dituntut untuk bijak juga dalam berkendara. Meskipun buru- buru dan harus segera putar balik mobil, namun pastikan keselamatan adalah yang nomor satu baik itu untuk diri kalian maupun untuk pengendara yang lain.

Trik Putar Balik Mobil

Memutar balik balik mobil memiliki kesulitan tersendiri. Cara putar balik mobil juga merupakan salah satu dasar mengemudi yang harus dikuasai. Tidak jarang ada pengendara yang kelewatan hingga harus maju mundur berulang kali dan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk memutar balik mobil mereka. Ya, putar balik mobil bukanlah suatu teknik mengemudi yang gampang dilakukan.

Ada dua trik dalam meutar balik mobil yang biasanya digunakan oleh pengendara. Masing-masing teknik tersebut dilakukan menurut situasi dan kondisi. Teknik tersebut adalah teknik three point turn dan teknik u-turn. Masing-masing teknik tersebut dilakukan menurut situasi dan kondisi. Ada kalanya di satu lokasi bisa dengan cara teknik Three Point Turn, namun di saat dan lokasi lain bisa langsung berputar. Berikut adalah penjelasan dari masing- masing teknik dan perbedaannya.

Baca Juga: Eco Driving: Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar!

Trik Putar Balik Mobil: Teknik Three-Point Turn

Trik putar balik mobil yang pertama kita bahas adalah teknik three- point trun? Apakah yang dimaksud dengan teknik three- point trun? Ya, teknik yang satu ini adalah sebuah teknik memutar dimana Anda akan melakukan tiga titik penghentian. Gunakan teknik ini jika Anda ingin melakukan putaran balik di jalan yang sama. Teknik Three Point Turn biasanya digunakan di jalan yang sempit, atau tidak bisa melakukan putar balik secara langsung.

Teknik satu ini menuntut pengemudi melakukan gerak maju-mundur beberapa kali. Sebab, Anda takkan bisa berputar balik secara langsung di jalan yang sama, meskipun sudah membelokkan setir hingga penuh. Itulah mengapa teknik three-point-turn perlu dilakukan oleh pengemudi yang ingin berbalik di jalan yang sama.

Ketika ingin melakukan teknik ini maka yang perlu dilakukan pengemudi adalah memposisikan tuas transmisi di gigi pertama. Apabila posisi mobil kalian saat ini berada di sebelah kiri, dan hendak diputar ke sebelah kanan, maka bisa menginjak pedal gas mobil sambil membelokkan setir ke arah kanan.

Namun apabila posisi mobil kalian berada di sebelah kanan, dan ingin dibelokkan ke arah kiri, maka Anda perlu melakukan langkah-langkah sama seperti di atas, tapi ke arah sebaliknya. Tapi mungkin, hal ini jarang, sebab kita tinggal di Indonesia dimana berkendara harus diseblah kiri.

Baca Juga: Pentingnya Safety Driving Saat Berkendara Demi Keselamatan

Setelahnya, harus kembali mengatur transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri. Kemudian atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Pengemudi bisa menggunakan teknik hand to hand dalam memutar kemudi.

Ada hal yang harus diperhatikan ketika kalian melakukan teknik yang satu ini. Pertma ketika kalian ingin membelokan mobil dengan teknik ini maka harus memposisikan kedua tangan pada setir dengan posisi searah jarum jam 3 (tangan kanan) dan jam 9 (tangan kiri).

Trik Putar Balik Mobil: Teknik U- Trun

Trik Putar Balik Mobil
Trik Putar Balik Mobil (Sumber Gambar: Google)

Teknik yang skedua adalah teknik u- trun. Teknik yang satu ini dianggap lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan tekni yang sebelumnya, three point turn. Teknik U- Trun adalah teknik dimana pengemudi dapat putar balik secara langsung. Selain itu, perbedaan lain dari teknik sebelumnya adalah teknik ini merupakan cara putar balik mobil yang benar jika Anda ingin ke jalur yang berlawanan arah daripada sebelumnya

Untuk melakukan teknik ini, pengemudi harus menempatkan mobil ke pembatas jalan, lalu atur transmisi ke gigi pertama. Gunakan feel, saat ujung putaran bertemu dengan bagian tengah-tengah mobil, kalian dapat mulai membelokkan mobil ke arah yang diinginkan. Jangan langsung terburu-buru menginjak pedal gas, hentikan dulu pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling, baru jalankan ketika jalan memang sudah aman untuk dilintasi. Kemudian, lepaslah rem secara perlahan lalu belokkan kemudi dengan baik. Dekati pembatas jalan, jika lalu lintas sedang ramai-ramainya.

Ketika akan melakukan teknik ini, kalian harus memastikan ada ruang putar. Pastikan tidak ada kendaraan lain yang terganggu. Perhatikan juga kendaraan kecil seperti sepeda motor yang ada di sebelah kendaraan. Mungkin, kalian harus menunggu jalan sedikit lenggang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan teknik u-turn adalah harus menempatkan kedua tangan di setir dalam posisi searah jarum jam 9 (tangan kiri) dan jam 3 (tangan kanan). Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan teknik u-turn adalah memperhatikan pengendara motor yang ada di samping kanan Anda. Sebab, para pengendara yang juga ingin melakukan putaran balik suka menyerobot melalui celah di sebelah kanan.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Saat Melewati Jalan Sepi Menggunakan Mobil

Itulah dua teknik dalam putar balik mobil yang dapat kalian terapkan. Putar balik mobil memang menjadi tantangan sendiri bagi pengemudi. Ya, hal ini tidak hanya dirasakan oelh pengemudi pemula saja, loh. Bagi pemula, mungkin dibutuhkan latihan yang lebih sering sehingga lancar ketika harus melakukan putar balik mobil. Kunci utama saat memutar balik adalah rajin memperhatikan spion samping kanan, kiri, maupun tengah. Dengan memperhatikan spion dengan baik, Anda bisa memperkirakan kapan waktu yang pas untuk memutar balik.

Saat putar balik mobil tentu ini berbahaya sekaligus menghambat para pengendara lain di belakang maupun di arah sebaliknya. Agar kalian dapat memahami caranya dengan benar, maka ada baiknya kalian memahami trik pputar balik mobil yang benar dan aman.

Baca Juga: Pengendara Motor Matik: Kesalahan Yang Sering Dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *