5 Tanda Transmisi Mobil Matic Bermasalah!

Mungkin mobil dengan transmisi manual akan lebih rentan mengalami masalah jika dibandingkan dnegan transmisi pada mobil matic. Namun, bukan berarti transmisi mobil matic tidak bisa mengalami masalah, ya.

Tentu transmisi pada mobil matic juga dapat mengalmi masalah. Bahkan, bagian transmisi pada mobil matic juga merupakan bagian yang umum menglami kerusakan. Tapi tidak usah khawatir, sebab ada beberapa tanda transmisi mobil matic bermasalah.

Sehingga, jika Anda mulai merasakan tanda transmisi mobil matic bermasalah dapat segera diatasi. Namun, bagi Anda para pemula atau yang awam dengan dunia otomotif mungkin akan sulit mengenalinya.

Untuk itu, kami akan mengulas mengenai tanda- tanda transmisi mobil matic bermasalah. Apa saja sih tanda- tanda trasmisi mobil matic bermasalah? Yuk, baca ulasan berikut sampai selesai.

Tanda Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Mobil dengan transmisi matic dipilih karena berbagai kemudahan saat mengoperasikannya. Namun, tetap saja jika tidak dirawat atau digunakan dengan baik mobil ini akan mengalami berbagai masalah pada komponennya.

Nah, salah satu komponen yang paling umum terjadi adalah transmisinya. Mengingat perawatan mobil matic memang jauh lebih sulit dan lebih mahal dibanding transmisi manual, maka tentu Anda tidak ingin jika mobil transmisi Anda mengalami masalah.

Maka ada baiknya Anda mengenali tanda- tanda transmisi mobil matic bermasalah. Sehingga, jika Anda sudah merasakan tanda tersebut maka Anda dapat segera memeprbaikinnya. Yuk, ketahui apa saja tanda transmisi mobil matic bermasalah.

Transmisi Mobil Matic Bermasalah
Transmisi Mobil Matic Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Menimbulkan Suara

Salah satu tanda transmisi mobil matic bermasalah yang pertama adalah adanya suara ketika Anda memindahkan transmisi. Dimana suara aneh tersebut tidak pernah Anda dengar sebelumnya ketika menggunakan mobil.

Suara aneh ini bisa timbul saat transmisi sedang dipindah dari P ke D atau dari D ke R. Nah, apabila Anda mendengar suara-suara tidak biasa, sebaiknya Anda curiga. Sebab transmisi yang baik dan normal umumnya tidak menimbulkan suara sama sekali. Jika suaranya cenderung keras, siap-siap melakukan perbaikan transmisi matic ya.

Perpindahan Terasa Kasar

Tanda lainnya apabila transmisi mobil matic bermasalah adalah perpindahan gigi terasa cukup kasar. Gejala awal dapat dirasakan ketika perpindahan transmisi mulai terasa tidak mulus, bahkan kadang mengeluarkan suara.

Hal ini tidak boleh dibiarkan, karena akan berdampak pada terkuncinya transmisi di posisi tertentu yang tidak bisa dipindahkan. Ini menjadi salah satu tanda jika kondisi matic mobil tersebut sedang dalam kondisi buruk.

Biasanya gejala seperti ini dialami oleh mobil yang usianya sudah lebih dari 10 tahun. Transmisi yang sudah mulai jeduk ini biasanya dikarenakan sang pemilik mobil agak malas merawat mobil. Salah satu penyebabnya bisa diakibatkan oleh telatnya ganti oli transmisi.

Baca Juga: Penyebab Remote Mobil Rusak, Jangan Langsung Ganti!

Atau bisa juga karena kebiasaan mengemudi yang cukup kasar. Sehingga transmisi bekerja lebih ekstra dan lebih cepat rusak. Misalnya pengemudi memindahkan gigi dengan kasar saat mobil sedang berjalan.
Atau bisa juga terlalu cepat memindahkan ke posisi P tetapi mobil belum berhenti sempurna. Terkadang hal sepele seperti ini yang lama kelamaan bisa merusak transmisi mobil.

Transmisi Mobil Matic Bermasalah
Transmisi Mobil Matic Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Respons Melambat

Tanda transmisi mobil matic mengalami masalah yang selanjutnya adalah responya yang melambat. Hal ini akan semakin terasa ketika transmisi di posisi D, namun mobil Anda tidak berjalan seperti biasanya. Transmisi akan terasa meraung ketika berada di transmisi D.

Mungkin, apabila Anda mulai merasakan hal ini, Anda boleh curiga. Sebab, mobil yang responsnya agak melambat juga menjadi salah satu gejala transmisi matic bermasalah. Umumnya komponen di dalam transmisi sudah mulai habis.

Misalnya pelat kopling sudah tipis atau body valve kotor. Jika sudah merasakan hal seperti di atas, jangan ragu-ragu membawanya ke bengkel. Sebelum kondisinya makin parah kedepannya.

Sulit Pindah Gigi

Tanda transmisi mobil matic bermasalah yang selanjutnya adalah sulintnya saat akan pindah gigi. Biasanya mobil akan terasa berat ketika digas. Hal ini juga dapat menandakan bahwa gigi tak berpindah walau tuas transmisi sudah dioper.

Hal tersebut pun merupakan gejala kerusakan dari transmisi mobil matic Anda. Kerusakan yang terjadi pada transmisis adalah kabel untuk menggeser lengan selektor pada gearbox putus. Lengan tersebut pun tidak bergerak ketika tuas digeser.

Akibatnya, walau tuas sudah dioper, namun perpindahan gigi tidak masuk. Umumnya pemilik mobil merasa sulit memindahkan gigi dari D ke N atau dari D ke 1 atau bahkan ke posisi P. Sejatinya transmisi matic yang masih oke akan halus perpindahan giginya.

Gejala transmisi yang sulit pindah gigi biasanya menandakan kerusakan yang cukup parah. Sebab jika sudah sampai sulit pindah gigi, umumnya komponen di dalam transmisi sudah banyak yang rontok.

Oli Transmisi Bocor

Tanda terakhir yang dapat menjadi sinyal bahwa transmi mobil matic bermasalah adalah adanya tetesan oli saat mobil parkir dan oli tersebut menetes dari bagian tengah. Maka segera cek bagian kolong mobil tersebut.

Jangan sampai oli transmisi mobil Anda sampai bocor. Untuk sebagian mobil, kebocoran terkadang terjadi di ruang mesin. Namun ada juga kebocoran yang sampai naik hingga tuas transmisi.

Jika sudah begini langsung bawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan. Menemukan oli yang bocor pada mobil bukanlah pertanda baik. Usahakan langsung dicari asal kebocoran tersebut jangan sampai didiamkan saja.

Transmisi Mobil Matic Bermasalah
Transmisi Mobil Matic Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Jika sudah melihat kebocoran oli transmisi, segera perbaiki karena bisa menimbulkan kerusakan berat jika terus didiamkan. Masalah paling serius bisa sampai merusak sabuk baja pada transmsi CVT atau kerusakan roda gigi pada transmisi konvensional.

Baca Juga: Mengetahui Fungsi GearBox Pada Sepeda Motor

Oli transmisi punya peran penting dalam sistem kerja transmisi. Oli tidak hanya bekerja sebagai pelumas, tapi juga mendukung perpindahan gigi, khususnya pada transmisi dengan torque converter.

Jika rembes atau bocor didiamkan dalam waktu lama, akan mengurangi performa transmisi, roda-roda giginya juga bisa aus dan rusak.

Nah, itulah tanda- tanda jika transmisi mobil matc Anda bermasalah. Segera atasi jika Anda merasakan tanda- tanda diatas. Sehingga, tidak akan menimbulkan kerusakan lainnya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.