Skip to content

Keunggulan Transmisi Matic Avanza Generasi Terbaru

Taukah kalian jika transmisi matic Avanza generasi terbaru telah menggunakan teknologi terbaru? Jadi, Toyota All New Avanza telah hadir dan membawa banyak sekali teknologi canggih. Salah satunya adalah transmisi matic Avanza yang berteknologi Continous Variable Transmission (CVT).

Penggunaan transmisi CVT pada MPV sejuta umat ini tentu merupakan sebuah kemajuan. Dengan penggunaan CVT semakin mempertegas Avanza generasi ketiga sebagai MPV modern.

Dimana teknologi yang satu ini menggantikan gearbox otomatis konvensional generasi sebelumnya yang terkenal kurang smooth. Nah, kali ini kita akan kumpas mengenai keunggulan transmisi matic Avanza generasi terbaru.

Yuk, simak ulasan kali ini sampai selesai, ya.

Transmisi Matic Avanza Generasi Terbaru

Transmisi matic Avanza generasi terbaru bernama Continous Variable Transmission (CVT). CVT adalah sistem yang memanfaatkan dua komponen utamanya yaitu puli dan sabuk baja.

Setiap puli akan didorong sistem pompa fluida sehingga tenaga yang disalurkan lebih sempurna pada dua roda belakang menyesuaikan perubahan kecepatan dan torsi secara tepat. Sistem kerja itulah yang mengakibatkan percepatan dari kendaraan akan lebih konstan bebas dari hentakan.

Pengendara akan merasakan perpindahan level kecepatan yang lebih halus sehingga terasa nyaman. Ditambah lagi beban kerja pada mesin akan jauh lebih ringan. Nah, mari kita bahas mengenai kelebihan dari teknologi terbaru transmisi matic Avanza generasi terabru ini.

Lebih Halus dan Responsif

Keunggulan transmisi matic Avanza generasi terbaru adalah lebih halus dan responsif pada tarikan atas. Kemampuan tersebut mampu dihasilkan dari rancangan teknologi CVT khas Toyota yang lebih halus dibanding transmisi matic konvensional.

Continuously Variable Transmission atau yang lebih dikenal dengan CVT, merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih canggih dibanding transmisi otomatis konvensional seperti di Avanza lama. Di Low MPV terbaru Toyota, sistem kerja transmisinya menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Transmisi Matic Avanza Generasi Terbaru
Transmisi Matic Avanza Generasi Terbaru (Sumber Gambar: Google)

Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT seperti tidak merasakan perpindahan gigi.

Baca Juga: Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Angin Nitrogen Pada Ban Mobil

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih efektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup baik.

Sehingga karena keunggulan ini pengemudi tidak akan merasakan entakan-entakan seperti halnya ketika mobil mengalami downshift atau upshift. Kemudian karena proses kerjanya yang lebih simpel tersebut maka sistem transmisi CVT dapat lebih cepat untuk mendapatkan torsi ideal lalu mempertahankannya.

Efisiensi Konsumsi BBM

Keunggulan transmisi matic Avanza generasi terbaru adalah efisiensi konsumsi BBM. Jadi bukan hanya cuma halus, penggunaan transmisi CVT pada Toyota Avanza juga mampu menghasilkan tingkat konsumsi BBM yang lebih efisien.

Hal tersebut dikarenakan transmisi ini tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih karena rpm lebih stabil. Terlebih mobil generasi baru ini juga didukung mesin berteknologi Dual VVT-i yang telah terbukti andal.

Jika pada model sebelumnya Avanza hanya mampu meraih angka 13 km/liter untuk penggunaan dalam kota, di generasi terbarunya dapat menempuh jarak 15 km/liter. Sedangkan pemakaian luar kota, angka yang diperolehnya lebih irit lagi mencapai 18 km/liter.

Untuk diketahui, sistem transmisi CVT secara otomatis dan terus menerus mengatur besarnya rasio melalui pulinya. Oleh karena itu sistem transmisi CVT akan selalu bekerja pada tingkat efisiensi terbaik terlepas dari putaran mesin yang sedang berjalan. Namun ingat, gaya berkendara juga sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil.

Tidak Memerlukan Putaran Tinggi Untuk Berjalan

Keunggulan transmisi matic Avanza generasi terbaru adalah tidak memerlukan putaran tinggi untuk berjalan. Tentu hal ini menjadi keuntungan dalam sisi mesin. Ya, All New Avanza dengan transmisi CVT diuntungkan dalam sisi putaran mesin, karena tidak perlu putaran mesin terlalu tinggi untuk mobil melaju.

Transmisi Matic Avanza Generasi Terbaru
Transmisi Matic Avanza Generasi Terbaru (Sumber Gambar: Google)

Pada putaran mesin atau Rpm yang cenderung rendah maka transmisi sudah bisa merespon pedal gas. Hal ini yang membuat konsumsi bahan bakar juga bisa sangat efisien.

Lebih Ramah Lingkungan

Keunggulan transmisi matic Avanza generasi terbaru adalah teknologi CVT lebih ramah lingkungan, loh. Hal ini karena power loss yang dimiliki oleh transmisi CVT tergolong kecil. Sehingga berdampak pada gas buangnya karena mobil tidak diharuskan membuang tenaga secara berlebih yang mengakibatkannya lebih ramah lingkungan.

Perpindahan Gigi Presisi, Lebih Ringan, dan Tidak Memakan Tempat

Keunggulan transmisi matic Avanza generasi terbaru adalah perpindahan gigi yang persisi, lebih ringan dan tidak memakan tempat.

Hal ini berkat ranangan modern transmisi CVT mampu memberikan performa yang sangat baik dalam perpindahan gigi. Bahkan dengan teknologi CVT, perpindahan gigi juga jadi lebih presisi.

Pada mobil transmisi automatic dengan menggunakan gear, mobil akan melakukan perpindahan gigi secara otomatis sedangkan pada sistem transmisi CVT Honda , tidak ada perpindahan gigi , melainkan dibantu dengan pulley dan belt yang bergeser seiring rpm mesin mobil honda.

Transmisi Matic Avanza Generasi Terbaru
Transmisi Matic Avanza Generasi Terbaru (Sumber Gambar: Google)

Selain itu keunggulan lain dari transmisi matic Avanza adalah lebih ringan dan tidak memakan tempat. Sebab berbeda dengan transmisi matic konvensional, CVT sendiri lebih ringan sehingga membuat kinerja mesin lebih maksimal.

Selain itu, secara dimensi transmisi ini juga lebih kecil yang membuatnya terasa ringkas serta memberikan ruang mesin lebih lega.

Baca Juga: Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras: Yuk, Simak Tipsnya Agar Aman!

Ya, itulah keunggulan transmisi matic Avanza generasi terbaru. Penggunaan Continuous Variable Transmission (CVT) makin populer ditemui pada mobil baru. Meski demikian pasti masih banyak orang yang sebatas meraba-raba atau malah belum mengetahui sama sekali apa itu transmisi CVT pada mobil.

Hal ini termasuk bagaimana cara kerjanya hingga kelebihan dan kekurangan CVT dibanding transmisi otomatis biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.