Tips Touring Naik Motor Sport Tidak Cepat Pegal

Sepeda motor merupakan salah satu alattransportasi yang tidak hanya digunakan untuk kegiatan sehari- hari namun juga digunakan sebagian orang untuk hobi seperti touring. Salah satu jenis motor yang digunakan adalah motor sport.

Touring naik motor sport dipilih oleh orang- orang yang hobi mengoleksi motor jenis ini. Ya, sama dengan yang hobi mengoleksi motor gede misalnya. Wah atau Anda juga sering touring naik motor sport?

Touring naik motor sport memang menyenagkan. Dilakukan sebagai hobi sehingga dapat menghiangkan penat setelah bekerja. Ditambah pasti touring naik motor sport pasti dilakukan bersama komunitas. Tentu bertemu teman apalagi yang mempunyai satu hobi juga akan memberikan hiburan tersendiri.

Namun, perlu diketahui bagi Anda para pemula yang akan naik motor sport dalam jarak jauh. Biasanya ketika touring naik motor sport pasti Anda akan merasakan pegal. Tentu hal ini dapat mengganggu touring Anda, bukan?

Tips Touring Naik Motor Sport

Agar tidak pegal saat touring naik motor sport, maka Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ya, mengingat kegiatan touring atau berkendara motor jarak jauh, dapat menjadi kegiatan yang terbilang sangat menyenangkan.

Akan tetapi, kegiatan tersebut terkadang menimbulkan beberapa masalah. Seperti halnya badan menjadi pegal, tubuh kaku, dan lain sebagainya. Apalagi touring yang dilakukan menggunakan motor sport yang identik posisi duduknya membuat tubuh lebih mudah capek.

Berikut adalah ulasan lengkap mengenai tips touring naik motor sport agar tidak cepat pegal dan tetap nyaman. Selamat membaca!

Touring Naik Motor Sport
Touring Naik Motor Sport (Sumber Gambar: Google)

Memastikan Kondisi Tubuh Sehat

Tips pertama agar touring motor sport tidak cepat pegal adalah memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan fit. Ya, jangan paksakan untuk melakukan touring naik motor sport saat merasa sakit. Anda tidak akan hanya pegal saat melakukan touring namun juga rasa tidaknyaman seperti lemas atu pusing.

Maka tipsnya lakukan pemanasan jika akan touring. Ya, minimal satu minggu sebelum melakukan touring misalnya. Lakukan olahraga ringan dan juga peregangan agar tubuh lebih bugar. Dengan kondisi tubuh bugar, dan otot lentur alias tidak kaku, maka hal tersebut bisa menghindari rasa capek dan pegal ketika berkendara.

Memastikan Kondisi Sepeda Motor

Lah, apa hubungannya kondisi motor dengan cepat pegal saat naik motor sport? Ya, perlu diketahui bahwa apabila motor memiliki getaran mesin dan daya redam yang buruk, maka ha ini akan mmebuat tubuh menjadi mudah capek dan pegal, loh.

Maka pastikan jika kondisi motor sudah siap touring atau menempuh perjalanan jarak jauh. Maka beberapa hal yang mungkin menjadi kendala bisa dihindari. Sebelum touring, sediakan waktu untuk cek keadaan mesin, peredam kejut, tekanan ban, oli, dan air radiator sebelum berangkat. Dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh, akan meredam getaran mesin yang menjadi penyebab tubuh lebih mudah capek dan pegal.

Memosisikan Tubuh Sesuai Bentuk Motor

Tips selanjutnya agar touring naik motor sport tidak pegal maka posisikan tubuh sesuai bentuk motor. Bagimana posisi tubuh yang seharusnya?

Secara umum, mengendarai motor sport memposisikan tubuh dalam keadaan bungkuk. Nah, supaya tidak cepat pegal, maka sangat penting untuk mengikuti postur bodi dengan posisi duduk.

Dimana, Anda dapat memosisikan tangan sejajar dengan bahu dan kondisikan lengan supaya lebih santai. Posisi duduk pun sebaiknya ditarik sedikit lebih ke belakang dengan kaki mengapit tangki.

Touring Naik Motor Sport
Touring Naik Motor Sport (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Pakaian Yang Nyaman

Tips selanjutnya agar touring naik motor sport tidak cepat pegal, maka perhatikan juga jika pakaian Anda nyaman saat touring. Jadi, bukan hanya kondisi motor dan badan yang nyaman dan fit, namun juga pakian Anda harus nyaman.

Jika hendak berkendara jarak jauh, tidak hanya motor yang perlu diperhatikan keamanannya. Namun juga dari segi kenyamanan anda dalam berkendara. Gunakan pakaian berbahan katun dan sedikit lebih longgar, agar memberikan rasa nyaman pada bagian selangkangan serta mencegah alergi kulit yang bisa timbul akibat keringat.

Jika pakaian luar sudah mengenakan jeans, dan jaket, maka usahakan bagian dalam lebih lembut dan tidak menimbulkan panas. Intinya dalam hal ini ialah untuk mencegah alergi kulit yang bisa saja timbul akibat keluarnya keringat.

Jangan Lupa Minum Air Mineral atau Isotonik

Tips selanjutnya agar tidak pegal saat taouring naik motor sport adalah jangan sampai kekurangan minum air mineral. Ketika berkendara dalam waktu yang lama, cairan tubuh Anda berkurang dan dapat mengakibatkan tubuh lebih cepat pegal.

Bahkan bagi sebagian orang terkadang membuat kondisi tersebut menjadi pusing. Jadi dalam hal ini, usahakan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Untuk itu, sering-seringlah minum air mineral ataupun minuman isotonik agar cairan tubuh yang terkuras bisa tergantikan. Sehingga dengan meminum lebih banyak air mineral atau isotonik juga mencegah dehidrasi.

Hal ini juga sangat berpengaruh untuk mencegah tubuh pegal. Apabila memang ingin buang air kecil, segera cari tempat seperti halnya SPBU, ataupun rest area. Sebab jika ditahan, justru bisa mengganggu kesehatan Anda.

Touring Naik Motor Sport
Touring Naik Motor Sport (Sumber Gambar: Google)

Membawa Barang Seperlunya

Tips selanjutnya ketika touring naik motor sport agar tidak pegal adalah perhatikan jumlah atau beban barang bawaan Anda. Sebab ketika terbebani bawaan yang berat, maka akan membuat kontrol motor terasa lebih berat.

Secara tidak langsung hal tersebut akan membuat tubuh lebih cepat pegal. Khususnya jika anda menggunakan tas punggung yang berat. Akan lebih baik, jika memang terpaksa, letakkan barang bawaan tadi di bagian jok penumpang atau menggunakan motor box.

Jika Lelah Istirahat

Demi keselamatan saat touring naik motor sport maka jika merasa lelah istirahtlah. Hal ini juga dapat menghilangkan pegal ketika touring. Dengan mengendarai motor sport, sebaiknya Anda berhenti setiap tiga jam sekali.

Selain untuk istirahat, kegiatan ini juga dapat mendinginkan mesin motor. Ya, pada saat mengendarai motor dengan rute jarak jauh, akan lebih baik dan bahkan disarankan untuk berhenti dan beristirahat setiap lima jam sekali.

Itulah tips saat touring naik motor sport agar tidak pegal. Sehingga, Anda benar- benar menikmati perjalanan. Tetap utamakan keselamatan saaat touring, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.