Touring Motor: 5 Hal yang Harus disiapkan!

Menjalankan kegiatan touring motor mungkin menjadi hobi sebagian orang. Ya, belum lagi kegiatan touring motor biasanya juga dibarengi dengan kegiatan positif yang lain.

Belum lagi bertemu dengan teman yang satu frekuensi dan hobi. Makin menyenangkan kegiatan touring.

Namun, Anda tidak bisa sembarangan untuk agusng berangkat touring motor. Dimana ada hal- hal yang perlu disiapkan sebelum memulai touring.

Sehingga, perjalanan touring Anda akan semakin menyenangkan karena sudah dipersiapkan dengan matang sebelumnya.

Hal- hal yang harus dipersiapkan sebelum touring tidak hanya memastikan kendaraan siap untuk digunakan touring.

Namun, juga kondisi fisik harus mendukung juga. Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan touring,yuk simak artikel ini sampai selesai.

Berikut adalah ulasan mengenai hal- hal yang harus disiapkan sebelum melakukan touring motor.

Hal yang Harus di Siapakan Sebelum Touring Motor

Tentu selama perjalanan touring Anda tidka ingin terganggu oleh hal- hal yang tidak di inginkan karena kurangnya prepare. Itulah pentingnya persiapan sebelum touring di lakukan.

Persiapan touring motor yang perlu disiapkan sebelum berangkat yaitu persiapan fisik dan barang-barang penting yang wajib dibawa. Kondisi tubuh harus benar-benar fit agar sanggup menempuh perjalanan yang jauh.

Nah, mari kita bahas secara lengkap mengenai hal- hal yang harus disiapkan sebelum melakukan touring.

Baca Juga: Merk Box Motor: Terbaik Untuk Touring!

1. Memastikan Kondisi Motor Prima

Touring Motor
Touring Motor (Sumber Gambar: Google)

Hal yang harus disiapkan sebelum touring motor tentu saja motor yang akan digunakan untuk touring.

Pastikan jika kondisi motor yang akan digunakan dalam keadaan prima. Mengingat perjalanan akan panjang maka dibutuhkan kendaraan yang prima untuk menunjangnya.

Cek semua komponen motor dan pastikan dapat diajak untuk perjalanan jauh. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan karena Anda pasti tidak ingin jika dipertengahan jalan, motor Anda mengalami masalah. Tidak salah juga jika membawa terlebih dahulu ke bengkel ahli.

Tujuan dilakukan sangat jelas agar mengontrol setiap komponen atau mesin berfungsi dengan baik.

Dengan demikian, ketika Anda mulai touring, seluruh komponen mesin yang bermasalah atau rusak sudah diganti dan diperbaiki sehingga tidak akan mengganggu.

2. Memastikan Kondisi Fisik Prima

Touring Motor
Touring Motor (Sumber Gambar: Google)

Hal yang harus disiapkan sebelum touring motor yang selanjutnya adalah fisik kita sebagai pengendara yang akan melakukan touring.

Jadi, tidak hanya fisik kendaraan yang dipastikan prima, namun kondisi fisik kita juga harus prima.

Ya, lebih tepatnya kondisi fisik dan mental kita untuk touring. Tidaklah baik saat dalam kondisi sakit namun memaksakan untuk tetap ikut touring.

Padahal fokus pengendara sangat dibutuhkan ketika di perjalanan.

Jadi sangat penting sebelum Anda memulai touring adalah memastikan kondisi fisik dan mental Anda secara keseluruhan siap untuk berkendara jarak jauh dan siap menerima segala risiko yang mungkin akan terjadi saat Anda touring nanti.

Maka dari itu penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan. Pastikan istirahat dengan cukup agar tetap prima sewaktu di perjalanan.

Anda bisa mengurangi risiko-risiko yang mungkin akan terjadi nanti dengan membekali diri dengan perlengkapan yang memang dibutuhkan.

Membawa kotak P3K dan obat-obatan. Selain itu, disarankan Anda melakukan touring dengan berboncengan sehingga satu sama lain bisa istirahat berkendara dan bergantian untuk mengendarai motor.

3. Membawa Surat Kendaraan Lengkap

Hal yang harus disiapkan sebelum touring motor yang selanjutnya adalah memastikan kelengkapan surat kendaraan yang akan digunakan untuk touring.

Selain memastikan bahwa semua surat kendaraan ada, Anda juga harus pastikan juga surat kendaraan masih berlaku.

Ya, tidak hanya kegiatan touring saja yang menbutuhkan kelengkapan surat- surat kendaraan.

Namun, juga dalam berkendara sehari- hari jauh maupun dekat, surat- surat harus lengkap. Membawa surat kendaraan dan identitas lengkap ini akan menguntungkan Anda.

Saat terjadi operasi polisi, Anda pun akan aman karena memiliki dokumen lengkap. Selain itu jika terjadi sesuatu, Anda juga bisa dikenali karena terdapat surat-surat pengenal tersebut. Siapkan di satu tempat yang sama sehingga tidak ada satupun yang tertinggal.

Hal ini demi keamanan selama berkendara, apalagi jika Anda melewati beberapa kota. Jadi jangan lupa menyiapkan surat kendaraan lengkap mulai dari STNK sampai dengan SIM kendaraan serta KTP sebagai identitas diri.

Nah, sebelum berangkat touring coba cek terlebih dahulu semua surat kendaraan, jika masa berlakuknya habis segera urus sebelum hari keberangkatan touring. Sehingga, Anda akan nyaman selama perjalanan.

4. Memastikan Kelengkapan Perlengkapan Touring

Touring Motor
Touring Motor (Sumber Gambar: Google)

Hal yang harus disiapkan sebelum touring motor yang selanjutnya adalah perlengkapan touring. Pastikan perlengkapan touring aman, nyaman, dan berkualitas untuk digunakan selama touring.

Atribut kendaraan harus dipersiapkan demi menunjang keselamatan pengendara. Atribut di sini yang dimaksud adalah segala perlengkapan penunjang keselamatan pengendara. Mulai dari gunakan jaket yang tebal.

Fungsinya jelas agar melindungi Anda dari cuaca dari cuaca yang kurang mendukung.

Selain itu gunakan helm SNI untuk perlengkapan yang melindungi Anda dari kejadian yang tidak diinginkan. Pilih sepatu yang nyaman juga untuk digunakan selama touring.

Selain itu siapkan juga jas hujan dan juga kotak obat, baju ganti, dan ransel yang akan digunakan. Atau jika memiliki box motor untuk membawa perlengkapan touring.

5. Memastikan Cuaca dan Rute Perjalanan

Hal yang harus disiapkan sebelum touring motor yang selanjutnya adalah memastikan cuaca dan rute perjalanan.

Ya, coba lihat mengenai prakiraan cuaca yang akan terjadi di hari Anda touring. Lalu, sesuaikan perlengkapan Anda sesuai dengan perkiraan cuaca yang akan terjadi.

Misalnya jika cuaca cerah, mungin Anda dapat membawa kacamata hitam untuk menghalau teriknya sinar matahari.

Atau ketika prakiraan hujan maka siapkan jas hujan, sepatu, dan juga pastinya baju ganti. Ya, sesuaikan dengan perkiraan tersebut.

Baca Juga: Tips Touring Naik Motor Sport Tidak Cepat Pegal

Selain itu pastikan rute yang akan dilalui. Hal, ini untuk menghindari hal- hal yang tidak dinginkan. Misalnya macet karena ada perbaikan jalan ataupun hal lainnya yang dapat menambah durasi touring.

Selain itu, dengan mengetahui rute touring, Anda juga dapat mengetahui lokasi untuk sisi bensin dan juga istirahat. Jadi, pastikan rute yang akan dilalui ya bselum berangkat touring.

Itulah beberapa hal yang dibutuhkan sebelum melakukan perjalanan touring. Pastikan segala persiapan dilakukan dengan matang agar selamat sampai tujuan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *