5 Tips Sewa Mobil Untuk Liburan Akhir Tahun

Sewa mobil untuk liburan akhir tahun dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Apalagi jika Anda pergi keluar kota bersama keluarga atau teman- teman. Nah, daripada uangnya habis untuk transport selama liburan, mungkin untuk menghemat sewa mobil untuk liburan dapat menjadi pilihan terbaik.

Namun, ada beberapa tips sebelum melakukan sewa mobil untuk liburan akhir tahun. Sehingga mobil akan membuat liburan semakin menyenangkan, efektif, dan pastinya tidak membuat anggaran liburan membengkak.

Apalagi saat akhir tahun biasanya banyak orang yang juga yang menyewa mobil. Shingga tempat sewa mobil full. Namun, meskipun begitu Anda tetap tidak boleh asal saja menyewa mobil.

Wah, apa saja ya tips dalam menyewa mobil untuk liburan akhir tahun? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Tips Sewa Mobil Untuk Liburan

Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, menyewa mobil pribadi untuk liburan merupakan salah satu upaya untuk menkan budget. Apalagi jika akan stay di luar kota berhari- hari. Selain itu, menyewa mobil untuk liburan juga diharapkan akan membuat liburan semakin fektif.

Sewa mobil untuk liburan dapat dilakukan dari kota tempat Anda tinggal, atupun menyewa saat di kota tempat Anda liburan. Dimanapun Anda akan melakukan sewa mobil untuk liburan, tetap ada hal- hal yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Tips Memilih Parfum Mobil: Jangan Asal Pilih Yang Wangi!

Pastikan Kredibiltas Perusahaan Rental

Tips sewa mobil untuk liburan yang pertama adalah memastikan bahwa perusahaan tempat menyewa mobil memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Untuk megetahui reputasi tempat sewa mobil, Anda dapat melihatnya di internet atau bertanya kepada orang yang pernah menyewa mobil sebelumnya.

Hal ini penting, sebab perusahaan rental dengan reputasi baik tidak akan merugikan dan pasti akan menjunjung tinggi nama baik Anda. Selain itu, perusahaan dengan reputasi baik tidak akan mengorbankan namanya karena tidak jujur atau merugikan Anda.

Berbeda dengan perusahaan yang kurang baik. Jangan sampai Anda tertipu ketika menyewa mobil. Rental nakal kadang membuat Anda harus membayar biaya tambahan yang tidak lazim.

Atau tiba-tiba ada kerusakan di mobil yang sama sekali tidak anda temukan sebelumnya dan bukan anda penyebabnya. Jadi, berhati- hati jangan sampai Anda tertipu saat akan sewa mobil untuk liburan akhir tahun.

Tips Sewa Mobil
Tips Sewa Mobil (Sumber Gambar: Google)

Menyewa Mobil Sesuai Kebutuhan

Tips sewa mobil untuk liburan selanjutnya adalah memperhatikan kebutuhan. Jadi, nantinya Anda menyewa sesuai kebutuhan Anda. Perlu di ingat bahwa, saat pergi ke rental mobil akan ada berbagai macam jenis mobil yang disewakan.

Dimana, mobil tersebut tidak hanya memiliki kapasitas yang beragam namun juga harga sewa yang beragam. Misalnya, perhatikan jumlah orang yang akan mengikuti liburan. Tentu mobil untuk jumlah 4 orang akan berbeda dengan mobil 8 orang.

Dengan tidak salah anda memilih kendaraan, membuat perjalanan anda dan keluarga maupun rombongan akan terasa nyaman dan tidak capek di perjalanan. Perhitungkan juga tempat menampung bagasi anda, dan biasanya ketika pulang anda juga membawa oleh-oleh yang juga biasanya cukup menyita tempat bagasi anda tersebut.

Mengetahui Status Mobil Sewaan

Tips sewa mobil untuk liburan yang ketiga adalah mengetahui status mobil sewaan. Nah, ini pentingnya memastikan reputasi perusahaan untuk sewa mobil. Jika, perusahaan itu nakal, mungkin akan menyewakan mobil dengan kondisi kurang prima, misalnya.

Tentu hal tersebut akan menyulitkan Anda bukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, niat hati menekan biaya dengan menyewa mobil, malah menimbulkan pengeluaran lebih. Maka, penting seklai untuk memastikan konsisi atau setatus mobil sewaan.

Saat menyewa mobil, pilih keluaran terbaru atau tahun pembuatannya kurang dari lima tahun. Asumsi sederhananya adalah mobil muda tentunya dalam kondisi lebih baik, mesin masih hidup, dan risiko kerusakan minimal.

Tanyakan kepada pemilik rental secara detail tentang kondisi mobil. Periksa juga mesin, bagian dalam dan luar mobil, serta tombol dan indikator apakah masih berfungsi normal atau tidak. Ya, jangan sampai, hal- hal tersebut mengganggu kesenagan saat liburan.

Oh ya, jangan sampai tergiur dengan harga murah, namun ternyata ada udang dibalik batu. Pastikan juga surat- surat kendaraan lengkap juga, ya guys.

Tips Sewa Mobil
Tips Sewa Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jangan Sewa Mendadak

Tips dalam melakukan sewa mobil untuk liburan yang selanjutnya adalah menghindari sewa mobil secara mendadak. Ya, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, saat liburan pasti banyak yang melakukan sewa, apalagi jika liburan jatuh pada akhir tahun.

Nah, karena pada momen ini jumlah mobil lebih sedikit dibandingkan jumlah permintaan yang melonjak. Apabila mendadak, Anda dapat kehabisan stock mobil yang di inginkan. Selain itu, memesan dari jauh-jauh hari juga menghindari permainan harga sewa yang naik secara fantastis.

Intinya, anda jangan terburu-buru saat memesan sehingga soal harga, kenyamanan, dan keselamatan terlupakan. Oleh karena itu, sangat disarankan, jauh-jauh hari sebelumnya anda sudah harus booking terlebih dahulu.

Tips Sewa Mobil
Tips Sewa Mobil (Sumber Gambar: Google)

Waktu Dan Denda Sewa Mobil

Tips sewa mobil untuk liburan yang terakhir adalah memastikan waktu dan denda sewa mobil. Ya, perhatikan detail penyewaan, jangan sampai menyepelekan saat melakukan penyewaan mobil.

Tidak hanya bertanya secara detail mengenai kondisi mobil, namun juga detail mengenai lama peminjaman dan juga penggunaan yang menyebabkan denda. Umumnya, rental mobil memberikan waktu sewa untuk harian, mingguan, atau bulanan.

Baca Juga: Ada 5 Jenis Surat Tilang di Indonesia: Apa saja sih?

Lama sewa mobil juga bisa dengan hitungan per jam misalnya 8 jam, 12 jam, atau 24 jam. Tetapi pada saat ini umumnya adalah harian. Anda juga bisa bertanya apakah harga tersebut sudah termasuk supir dan BBM serta tarif TOL dsbnya.

Terutama soal waktu, bila terjadi kesalahan dari anda maka saat pengembalian anda bisa terkena biaya denda atau charge. Selain itu, anda harus mengetahui poin-poin perjanjian dengan perusahaan rental termasuk didalamnya serta aturan bila terjadi kerusakkan atau kecelakaan pada mobil.

Ya, itulah 5 tips sewa mobil untuk liburan. Baik liburan akhir tahun maupun liburan pada hari apapun. Jangan lakukan penywaan secara mendadak. Sehingga Anda memiliki waktu untuk melakukan survei dan memastikan mobil yang akan Anda sewa dengan detail.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.