Tips Merawat Motor Injeksi: Wajib Untuk Diketahui!

Tips Merawat Motor Injeksi – Ketika kita membeli kendaraan, maka kita tidak hanya menyediakan uang untuk membeli kendaraannya namun juga harus menyediakan uang untuk perawatan. Sebab, dengan perawatan yang benar dan sesuai maka akan dapat membantu menjaga usia kendaraan menjadi panjang.

Perlu diketahui juga bahwa setoap jenis kendaraan memiliki cara perawatannya sendiri. Jadi, bukan hanay perawatan mobil dan motor yang berbeda. Perawatan untuk masing- masing jenis motor saja berbeda.

Ya, perewatan motor injeksi tentu akan berbeda dengan perawatn motor listrik. Sehingga, penting sekali bagi kalian untuk mengetahui cara perawatan kendaraan yang Anda miliki. Jadi, ketika Anda akan membeli kendaraan maka, pastikan juga tanya mengenai cara perawatan kendaraan.

Tips Merawat Motor Injeksi

Nah, salah satu jenis motor yang lumayan banyak dimiliki oleh banyak orang salah satunya adalah motor injeksi. Nah, bagi Anda pemilik motor inejksi Anda wajib tahu bagimana cara perwatan motor yang satu ini.

Tips merawat motor injeksi mudah kok, sama dengan motor yang lain. Jadi, jangan ada alasan ya untuk tidak merawat motor injeksi. Jadi, mari kita bahas mengenai tips merawat motor injeksi.

Baca Juga: 5 Kerusakan yang Sering Terjadi pada Motor Injeksi

Bagi Anda yang memiliki motor injeksi, baca artikel ini sampai selesai, ya. Yuk, langsung saja kita bahas mengenai tips merawat motor injeksi. Selamat membaca, guys!

Memperhatikan Kondisi Aki

Tips merawat motor injeksi yang perlu Anda perhatikan adalah soal aki. Ya, ketika Anda memiliki motor injeksi maka Anda wajib memastikan kondisi aki. Sebab, kinerja motor injeksi ini sangat bergantung pada kondisi aki yang menghidupkan mesin dan sistem pembakarannya.

Tips Merawat Motor Injeksi
Tips Merawat Motor Injeksi (Sumber Gambar: Google)

Jadi, pastikan aki motor Anda tidak rusak agar tidak kerepotan saat akan menghidupkan mesin. Namun ketika aki motor Anda mengalami kerusakan seperti tidak bisa menghasilkan arus listrik, maka itu berarti Anda harus mengganti aki motor sebelum menjadi benar-benar rusak.

Mengganti Oli Secara Teratur

Tips merawat motor injeksi yang selanjutnya adalah dengan mengganti oli secara teratur. Untuk penggantian oli sebaiknya tidak sampai terlambat, karena mesin motor yang kekurangan pelumas akan sangat menurun kinerjanya.

Dan yang tidak kalah penting adalah selalu gunakan oli sesuai dengan kebutuhan motor Anda. Biasanya, oli motor injeksi harus diganti setiap 2 bulan sekali, atau ketika motor telah menempuh jarak 1.000 km.

Selain itu, jangan lupa untuk mengganti oli gear setiap 5.000 km untuk memaksimalkan kinerja gear motor injeksi yang Anda miliki.

Perawatan Busi

Merawat busi juga merupakan salah satu tips merawat motor injeksi yang selanjutnya. Memperhatikan kondisi busi motor juga merupakan salah satu jenis perawatan motor injeksi yang harus Anda lakukan secara rutin.

Busi juga berperan dalam menghidupkan mesin. Fungsi dari busi adalah memantik api untuk memulai proses pembakaran pada mesin. Untuk mendapatkan pembakaran sempurna pastikan busi motor Anda dalam kondisi baik, karena busi yang kurang baik bisa menyebabkan motor anda mogok.

Tips Merawat Motor Injeksi
Tips Merawat Motor Injeksi (Sumber Gambar: Google)

Jika busi motor Anda rusak, maka tentu saja proses pembakaran mesin menjadi tidak sempurna dan mengakibatkan mesin motor tidak bisa menyala atau mogok. Makanya, pastikan Anda selalu melakukan pengecekan pada keadaan busi sepeda motor.

Melakukan Servis Kendaraan Secara Berkala

Jangan melewatkan servis berkala juga merupakan tips merawat motor injeksi yang tidak boleh Anda lupakan. Ya, sama seperti perawatan motor biasa. Motor injeksi juga membutuhkan servis secara berkala.

Idealnya, servis ini dilakukan setiap 3.000 km atau sesuai dengan buku petunjuk servis yang Anda miliki. Namun, jika Anda sering menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan sehari-hari, tidak ada salahnya jika Anda melakukan servis setiap satu bulan sekali untuk menjaga agar performa mesin tetap prima.

Saat melakukan servis berkala biasanya pengecekan ECU jua dilakukan sehingga memudahkan Anda yang kurang mengerti masalah mesin. Usahakan untuk melakukan servis pada bengkel resmi agar servis dilakukan sesuai standar yang ditentukan.

Pemeriksaan ECU

Tips merawat motor injeksi yang selanjutnya adalah dengan memeriksa Electronic Control Unit (ECU). Hal petama yang harus sering dilakukan adalah memeriksa kondisi ECU. ECU merupakan pusat pengaturan pengoperasian sistem injeksi pada motor.

Ya, dapat dikatakan bahwa ECU merupakan otak dari pengoperasian mesin motor injeksi yang Anda miliki. Sebab, ECU lah yang menentukan takaran bahan bakar yang disemprotkan atau buka tutup klep injektor.

Jadi, bisa Anda bayangkan apabila sistem ini mengalami gangguan. Ketika sistem ECU ini terganggu bisa dipastikan sistem injeksi pada motor Anda juga akan mengalami gangguan yang akan mengakibatkan motor Anda mogok.

Oleh karena itu, melakukan pengecekan pada ECU juga merupakan salah satu bentuk perawatan motor injeksi yang perlu diperhatikan. Lakukanlah pemeriksaan pada montir secara berkala agar tidak terjadi kerusakan yang bisa berakibat fatal.

Tips Merawat Motor Injeksi
Tips Merawat Motor Injeksi (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Tips merawat motor injeksi yang selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa kendaraan Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi. Perawatan harian yang wajib Anda lakukan untuk motor injeksi milik anda adalah menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas.

Bahan bakar beroktan tinggi akan menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor, sehingga mesin dapat bekerja sempurna dan performa mesin lebih maksimal. Bahan bakar beroktan rendah akan merusak mesin sedikit demi sedikit.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi seperti Pertamax dari Pertamina. Bahan bakar minyak produksi Pertamina ini memiliki nilai oktan sebesar 92.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dengan Mudah dan Lebih Gesit!

Dengan nilai ini, maka pembakaran mesin akan jadi lebih sempurna sehingga tidak meninggalkan residu yang bisa meninggalkan kerak. Selain itu, Pertamax dari Pertamina juga memiliki formula PERTATEC (Pertamina Technology) yang memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin.

Sehingga mesin kendaraan terhindar dari karat, awet, serta membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien.

Itulah tips merawat motor injeksi yang perlu Anda perhatikan dan jangan sampai dilewatkan. Sebab, jika perawatn motor diabaikan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan komponen. Dimana, uang untuk perbaikan biasnaya akan lebih banyak dari uang yang dikeluarkan untuk perawatan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *