Kebanyakan orang mungkin menggunakan jok berbahan kain untuk mobil mereka. Banyak alasan kenapa pemilik lebih memilih menggunakan jok berbahan kain. Salah satunya adalah tidak menambah anggaran. Ya, sebab biasanya jok berbahan kain merupakaan bawaan dari pabrik mobil tersebut.

Namun, meskipun begitu tetap saja ada keluhan dari pemilik mobil dengan jok berbahan kain. Yaitu, susahnya merawat jok mobil berbahan kain. Sudah menjadi rahasia umum apabila dibandingkan dengan jok berbahan kulit, jok berbahan kain memang lebih sulit untuk dibersihkan jika terkena noda. Sehingga, orang menganggap bahwa perawatan jok berbahan kain sulit.

Namun, meskipun begitu bukan berarti jok berbahan kain tidak dapat dibersihkan. Apa harus dibawa ke salon mobil untuk merawat jok mobil berbahan kain? Tidak harus ke salon mobil, Anda juga dapat merawat jok mobil berbahan kain di rumah.

Merawat Jok Mobil Berbahan Kain

Untuk menciptakan suasana nyaman saat berkendara, selain dari interior juga dari jok yang bersih dan wangi. Pasalnya, menjaga kebersihan jok menjadi penting, karena berkaitan langsung dengan tubuh pengendara dan penumpang. Mak, kita tidak boleh mengabaikan perawatan jok mobil berbahan kain.

Selain itu jok mobil merupakan bagian penting dalam interior mobil karena dapatmemperlihatkan karakter orang yang memiliki mobil tersebut. Jok mobil juga dapat menjadi penilaian penting dalam memilih mobil sesuai kebutuhan.
Namun, perawatan jok memang tergantung dari pemilik mobil. Saat tidak telaten merawatnya, jok akan terlihat kotor dan kusam, serta menimbulkan aroma tak sedap.

Bagi sebagian orang yang mau mengeluarkan uang lebih, mereka akan memilih bahan jok yang mudah untuk dibersihkan. Namun, jika yang tidak ingin mengeluarkan anggaran lebih, mereka akan memilih menggunakan jok dengan bahan yang telah ditentukan oleh pabrik, yaitu bahan kain.

Padahal, bahan kain sedikit lebih susah untuk dibersihkan. Eits, namun Anda jangan khawatir. Berikut adalah tips merawat jok mobil berbahan kain yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah.

Merawat Jok Mobil Berbahan Kain
Merawat Jok Mobil Berbahan Kain (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Penutup Kursi

Tips merawat jok mobil berbahan kain yang pertama adalah dengan menggunakan penutup kursi. Selain untuk menjaga kebersihan, dapat dibilang bahwa cara ini merupakan cara janga panjang dalam merawat jok mobil berbahan kain.

Disarankan untuk membeli penutup jok mobil sebagai pelindung. Untuk warna, bisa disesuaikan dengan warna jok atau pilih yang terang berpola. Biasanya, untuk satu paket kursi depan dan belakang, dijual seharga Rp415.335 hingga Rp553.780.

Bagimana? Apa Anda tertarik untuk melakukannya?

Menggunakan Pelapis Anti Noda

Tips merawat jok mobil berbahan kain yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pelapis anti noda. Jika Anda merasa kurang sreg dengan tips menggunakan penutup jok, mungkin Anda ingin mempraktekan tips yang satu ini.
Ya menggunakan pelapis anti noda pada jok mil Anda. Apa sih fungsinya? Seberapa efektif? Pelapis anti noda dapat menyulitkan kotoran seperti noda untuk bertahan dan dapat memperpanjang umur jok.

Pelapis anti noda yang bagus seperti Scotchgard Fabric dan Upholstery Protector tersedia di toko-toko peralatan rumah tangga. Disarankan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar sesuai yang tertera di label produknya.

Baca Juga: Tips & Trik: Dashboard Mobil Tetap Bersih Selama Tidak Digunakan

Menjaga Kebersihan

Tips merawat jok mobil berbahan kain yang ketiga adalah dengan menjaga kebersihan jok. Ya, kebersihan yang dimaksud tidak hanya mengenai debu saja, loh. Ada beberapa kebersihan yang harus Anda perhatikan.
Pertama adalah tidak sembarangan membawa makanan dan mibuman masuk kedalam mobil. Pasti setiap pengguna mobil pernah membawa makanan atau minuman bahkan camilan masuk ke dalm mobil. Sebaiknya hal tersebut sebisa mungkin dihindari. Kenapa harus dihindari?

Merawat Jok Mobil Berbahan Kain
Merawat Jok Mobil Berbahan Kain (Sumber Gambar: Google)

Dengan tidak makan dan minum di dalam mobil, dapat mengurangi potensi terkena noda atau kotoran pada jok mobil. Laluu bagaimana jika kepepet membawanya? Segera bersihkan. Jadi, jangan bersihkan jok dari debu saja. Namun juga dari remahan makanan.

Apabila ada remah makanan atau minum yang tumpah di jok mobil, maka segera bersihkan. Jangan biarkan kotoran lama mengendap di jok mobil. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran bisa membekas dan meresap ke dalam jok sehingga makin sulit dibersihkan. Ditambah, kotoran ini membuat kabin mobil berbau tidak enak.

Lalu bagaimana cara membersihkannya? Cara membersihkan kotoran sisa makanan atau debu, bisa menggunakan vacuum cleaner. Sedangkan untuk membantu mengeluarkan kotoran dari celah sempit, bisa disikat terlebih dahulu, dilanjutkan dengan menggunakan vacuum cleaner.

Disarankan untuk sering menggunakan penghisap debu agar kotoran dan debu dari agar tidak meresap ke jok yang akhirnya sulit dibersihkan. Buat jadwal untuk menghisap kotoran di mobil sebulan sekali, atau lebih sering jika mobil cepat kotor.

Merawat Jok Mobil Berbahan Kain
Merawat Jok Mobil Berbahan Kain (Sumber Gambar: Google)

Selanjutnya, semprotkan atau bubuhi cairan pembersih interior secara merata di jok. Setelah itu, Anda dapat mulai untuk menyikat permukaan tersebut hingga mengeluarkan buih (foam) secara merata.

Untuk membersihkan jenis kotoranyang cukup membandel, harus menggunakan cairan pembersih multiwash yang mampu mengangkat kotoran. Sementara itu, untuk kotoran yang masuk kategori ringan, seperti soft drink atau air, cukup dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih interior biasa.

Jika sudah, Anda dapat mulai untuk mengelap dengan kain chamois untuk proses pengeringannya. Saat proses membilas sisa kotoran bisa menggunakan kain lap kering. Usap permukaan tersebut sesuai alur pada jok. Terakhir, gunakan kembali vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran sisa proses pembersihan.

Baca Juga: Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit Agar Awet dan Tidak Rusak

Selain itu, tips merawat jok mobil berbahan kain dari kebersihan adalah dengan membersihkan sampah dan benda lainnya di dalam mobil. Hal ini dapat mengurangi potensi penumpukan sampah sehingga tidak membuat jok mobilnya cepat kotor. Singkirkan juga benda-benda yang cepat meleleh seperti krayon atau benda meleleh lainnya jika cuaca panas di luar mobil.

Itulah tips untuk merawat jok mobil berbahan kain. Bagaimana? Tidak sulit bukan? Anda tidak perlu kesalon mobil untuk merawat jok mobil berbahan kain.

Hal yang perlu diingat saat membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain mobil ialah Anda harus melakukannya secara berulang. Menghilangkan noda memang tidaklah mudah, karena itu setidaknya Anda harus melakukannya secara berulang. Dengan begitu, noda pun akan hilang secara total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *