Skip to content

Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet

Wajar jika pemilik kendaraan ingin mengoleksi informasi dan tips merawat aki agar awet. Faktanya, beberapa jenis aki mobil memang membutuhkan perawatan berkala.

Meskipun mobil tidak atau jarang digunakan, bukan berarti tidak perlu mendapatkan perawatan loh. Justru mobil jarang digunakan malah kemungkinan mengalami rusaknya sama besarnya dengan mobil yang sering digunakan.

Salah satu komponen yang rentan mengalami keruskana ketika mobil jarang digunakan adalah aki. Dikarenakan rentan mengalami kerusakan ketika mobil jarang digunakan, maka ada beberapa tips untuk menghindari aki soak.

Yuk, simak artikel kali ini sampai selesai mengenai tips merawat aki pada mobil yang jarang digunakan. Apa saja tips tersebut? Berikut adalah 5 tips merawat aki agar tetap awet pada mobil yang jarang digunakan.

Merawat Aki Pada Mobil Jarang Digunakan

Meskipun mobil terlihat baik- baik saja ketika jarang digunakan, namun faktnya akan ada beberapa dampak buruk yang terjadi pada komponen mobil. Sebab, mobil yang jarang digunakan bisa membuat performa aki menurun.

Meski begitu, menurunnya performa aki karena mobil jarang digunakan bisa dicegah. Apalagi aki merupakan salah satu komponen penting di mobil untuk menghidupkan mesin kendaraan dan komponen kelistrikan lainnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat aki pada mobil yang jarang digunakan.

Panaskan Mesin Mobil

Tips merawat aki agar tidak soak apabila mobil jarang digunakan adalah dengan memanaskan mesin mobil dalam jangka waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa aki agar tetap optimal.

Rutinitas yang satu ini akan membuat arus tegangan pada aki untuk bergerak memasok daya pada komponen kelistrikan di mobil. Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan ini mungkin terbilang paling mudah, namun jarang yang teringat untuk melakukannya.

Pasalnya, banyak yang terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga melupakan mobil sudah terlalu lama tidak dinyalakan mesinnya. Padahal, untuk menjaga performa aki agar tetap optimal dan terhindar dari kerusakan, salah satunya dengan rutin menyalakan mesin mobil dan panaskan mesinnya selama beberapa menit.

Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet
Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet (Sumber Gambar: Google)

Di sisi lain, proses memanaskan mesin mobil juga akan memberi pasokan tegangan ke aki dimana pada akhirnya mencegah terjadinya kurang daya.

Kebiasaan memanaskan mesin mobil ini juga memiliki keuntungan lain, yaitu mampu mencegah kerusakan pada komponen kelistrikan mobil yang disebabkan lama tak dialiri tegangan.

Jalankan Mobil

Tips merawat aki mobil apabila mobil jarang digunakan adalah dengan sesekali menggunakan mobil untuk berkeliling. Jadi, meskipun mobil jarag digunakan, usahakn sesekali menggunakannya untuk berkeliling. Tidak perlu jauh- jauh dan lama yang terpenting digunakan untuk jalan- jalan.

Sebab, untuk merawat aki pada mobil yang jarang digunakan tidak hanya cukup dipanaskan. Sebab komponen pengisi daya pada mobil baru akan memasok daya ke aki pada putaran mesin sekitar 2.000 rpm.

Itulah mengapa selain melakukan proses pemanasan pada mesin mobil, sangat disarankan juga untuk sesekali mengendarai mobil untuk berkeliling selama beberapa menit. Maka dengan begitu pengisian daya pada aki mobil menjadi lebih optimal.

Nah berapa lama minimal waktu untuk mengajak mobil berkeliling? Jadi, usahakan waktu berkendara dilakukan lebih dari 5 menit, karena ada proses recovery oleh komponen pengisian daya dan aki selama waktu tersebut sebelum pengisian daya benar-benar dilakukan.

Namun, adapun idealnya mobil dikendarai selama 30 menit. Tapi pastikan jika putaran mesin sudah mencapai 2.000 rpm.

Cek Kondisi Kabel Terminal Aki

Tips merawat aki yang ketiga apabila mobil jarang digunakan adalah dengan mengecek kondisi kabel terminal aki. Biasanya, bagian ini menjadi hal yang pernting untuk selalu dilakukan pengecekan.

Sebab, kabel terminal aki ini akan menjadi komponen yang menghubungkan arus kelistrikan dengan komponen pada mobil.

Terutama pada bagian terminal aki karena bagian ini sangat penting sebagai penghubung arus kelistrikan dengan komponen pada mobil. Nah, hal ini dapat Anda lakukan sebelum memanaskan kendaraan.

Cara merawat aki mobil yang jarang dikendarai ini menjadi sangat penting untuk dilakukan, sebab ditakutkan apabila sambungan terminal aki kendor justru membuat proses pengisian daya pada aki menjadi tidak optimal.

Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet
Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet (Sumber Gambar: Google)

Selain itu sambungan yang kendor juga bisa membuat komponen kelistrikan pada mobil menjadi tidak stabil. Jadi, pastikan sambungan terminal aki sudah terpasang dengan kuat.

Cek Ketinggian Air Aki

Tips cara merawat aki apabila mobil jarang digunakan adalah cek ketinggian air aki. Sebenarnya cara merawat aki mobil yang jarang dikendarai ini khusus diperhatika bagi para pengguna mobil dengan aki tipe basah.

Sebab, pada aki tipe basah apabila kondsi air aki berada di bawah standar maka tidak akan mampu menyimpan daya dengan maksimal. Karena aki dengan ketinggian air yang di bawah standar pastinya tidak akan mampu menyimpan daya dengan maksimal.

Baca: Tahap-tahap mengisi air aki mobil

Kondisi air aki yang kurang juga akan menyebabkan arus daya pada aki menurun sehingga berpotensi mengganggu komponen kelistrikan lainnya yang ada pada mobil. Namun penambahan air aki hanya berlaku pada aki basah atau aki hybrid.

Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet
Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet (Sumber Gambar: Google)

Melakukan Cek Korosi

Tips terakhir dalam merawat aki apabila mobil jarang digunakan adalah dengan melakukan cek korosi. Nah, korosi ini biasanya muncul pada kutub aki. Apabila terlihat ada korosi pada kutub atau sambungan aki, maka hal tersebut dapat membuat arus daya terganggu.

Umumnya korosi pada aki kerap muncul pada kutub positif. Jadi sebelum mengganggu performa aki, bersihkan korosi yang muncul pada kutub aki.

Cara membersihkannya cukup mudah, yaitu dengan disiram air panas, lalu disikat dengan sikat gigi hingga korosi yang menempel ada kutub aki menghilang.

Itulah tips merawat aki apabila mobil jarang digunakan. Usahakan untuk melakukan perawatan tersebut. Sebab, apabila aki terlanjur bermasalah, maka dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan yang lebih luas pada komponen lain di mobil.

Sebelum akhirnya mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki komponen mobil yang rusak, lebih baik praktikkan dan pahami terlebih dahulu bagaimana cara merawat aki mobil yang jarang dikendarai dengan benar.

Editted by UN.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *