AC mobil merupakan salah satu komponen yang menciptakan kenyamanan saat berkendara. Untuk itu, tips merawat AC mobil tidak boleh dilewatkan. Sebab, selain menimbulkan biaya lebih, AC yang rusak juga akan menimbulkan masalah lain pada kabin mobil Anda. Sehingga, kabin terasa tidak nyaman.

Karena merupakan fitur yang menunjang kenyamanan, maka AC menjadi fitur yang wajib dipasang di kabin mobil. Sebab dengan adanya AC didalam mobil membuat kita merasa adem dan lebih nyaman ketika berkendara sehari-hari, apalagi kondisi cuaca di negara tropis seperti Indonesia yang cukup panas dan lembab serta belum lagi ditambah kondisi lalu-lintas.

AC tidak hanya berguna saat musim panas. Namun juga mempunyai fungsi yang tidak kalah penting saat musim hujan. Ketika hujan kehadiran AC akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan kabut di kaca depan mobil.

Dikarenakan penggunaanya yang hampir setiap saat ketika mesin mobil menyala, maka sangat perlu merawat AC mobil. Ya, sebab tidak sedikit AC mobil yang mengalami kerusakan. Dimana, AC digunakan setiap saat, namun lupa dengan perawatannya.

AC mati, AC tidak dingin mungkin menjadi masalah kebanyakan orang yang memiliki kendaraan. Masalah tersebut tentunya akan cukup mengganggu Anda dalam berkendara sehari-hari. Nah, untuk itu mari kita sedikit mengenal penyebab AC mobil tidak dingin dan tips mudah merawat AC mobil agar tetap dingin.

Tips Merawat AC Mobil: Ketahui Penyebabnya

Tips yang pertama dalam merawat AC mobil adalah mengenali penyebab AC mobil Anda rusak. Sehingga, Anda dapat mengetahui langkah apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki AC tersebut.

Secara umum ada beberpa yang menyebabkan AC mobil mengalami kerusakan. Pertama adalah kebocoran pada selang atau pipa AC. Mungkin sebagian beranggapan bahwa AC yang tidak dingin, diakibatkan oleh freon AC yang habis atau berkurang. Eits.. apakah itu benar?

Perlu diketahui bahwa freon pada AC mobil tidak akan habis untuk jangka waktu yang lama. Itu artinya jika freon pada AC mobil Anda sering cepat berkurang atau bahkan habis, mungkin terdapat kebocoran pada sistem pendingin AC mobil.

Kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya disebabkan karena usia pemakaian part. Kebocoran pada selang atau pipa AC dapat membuat freon akan selalu berkurang melalui lubang-lubang kebocoran tersebut.

Penyebab kedua yang mengakibatkan kerusakan AC mobil adalah kondisi evaporator atau kondensor. Kerusakan pada evaporator dan kondensor yang bisa dikarenakan usia pemakaian part, atau bisa juga terkena benda dan kotoran seperti kerikil.

Tips Merawat AC Mobil
Tips Merawat AC Mobil (Sumber Gambar: Google)

Yang terakhir, penyebab AC mobil rusak adalh kondisi kompresor. Kerusakan pada komponen kompresor. Biasanya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC. Pastikan juga putaran pada kompresor berputar dengan kencang.

Jadi sebaiknya jangan langsung mengambil keputusan untuk menambah freon AC sebelum memastikan apakah ada kebocoran atau kerusakan pada sistem AC tersebut atau tidak. Jangan sampai harus mengisi freon berkali-kali karena AC tidak dingin juga.

Tips Merawat AC Mobil

Setelah mengetahui penyebab kerusakan pada AC mobil, selanjutnya Anda dapat melakukan perawatan pada AC mobil untuk mencegah penyebab kerusakan tersebut muncul. Berikut adalah tips merawat AC mobil yang dapat An da lakukan dalam keseharian.

Menghindari Kaca Mobil Terbuka

Untuk merawat AC mobil agar tetap di ngin, tips yang pertama adalah jangan membuka jendela ketika AC menyala. Sebab, AC mobil tidak dirancang untuk mendinginkan ruang yang besar, apalagi jika jendela terbuka, maka suhu dinginnya akan terbuang sia-sia.

Selain itu, ketika Anda membuka kaca mobil, otomatis debu dan kotoran masuk ke kabin. Pastinya, kondisi kabin menjadi kotor. Supaya partikel organik tidak menempel di lubang AC, upayakan menutup kaca rapat-rapat. Jika memang harus membuka kaca, AC mobil wajib dimatikan. Tujuannya agar terhindar dari polusi debu dan kotoran.

Baca Juga: Review Mobil Tesla Model 3: Mobil Listrik Terjangkau

Tidak Merokok di Dalam Mobil

Tips yang selanjutnya dalam merawat AC mobil adalah dengan tidak merokok saat AC mobil menyala. Sebab, asap puntung rokok dapat merusak komponen AC. Apabila dibiarkan menumpuk, lambat laun pasti menutup lubang AC. Selain itu, asap rokok juga dapat mengotori Evaporator, dimana nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.

Tips Merawat AC Mobil
Tips Merawat AC Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jaga Kebersihan Kabin

Menjaga kebersihan kabin merupakan tips selanjutnya dalam merawat AC mobil. Ya, ternyata kebersihan kabin juga dapat mempengaruhi kualitas AC. Jadi, bersihkan kabin secara berkala. Bersihkan bagian karpet atau lantai mobil serta jok.

Hal itu karena kotoran di karpet dan jok bisa terisap oleh evaporator AC. Kalau tak pernah dibersihkan, jamur akan bertumbuh di komponen tersebut. Lambat laun, pasti menimbulkan aroma tidak sedap.

Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian, filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.

Merawat Kondensor AC

Tips merawat AC mobil selanjutnya adalah merawat salah satu komponen AC, yaitu kondensor AC. Sama seperti radiator mobil, kondensor AC pun mudah berkarat dan keropos. Kondisi yang demikian, bisa menyebabkan berkurangnya suhu dingin AC mobil. Karena itu, rawatlah kondensor dengan cara menyemprotnya menggunakan air kencang. Pastikan, sela-sela kondensor turut dibersihkan.

Parkir di Tempat Teduh

Memastikan bahwa mobil Anda diparkir di tempat yang teduh merupakan tips merawat AC mobil selanjutnya. Loh, Apa hubungannya? Meski berada di dalam mobil, kinerja AC tetap dipengaruhi faktor dari luar. Salah satu faktor tersebut adalah sinar matahari yang terik. Solusinya, Anda harus memilih tempat teduh ketika memarkirkan kendaraan. Semisal, di bawah pohon dan di dekat atap bangunan.

Tips Merawat AC Mobil
Tips Merawat AC Mobil (Sumber Gambar: Google)

Memasang Filter Kabin

Tips merawat AC mobil selanjutnya adalah memasang filetr kabin. Dimana filter kabin mempunyai fungsi untuk menyaring sirkulasi udara dalam kabin. Sehingga, udara yang masuk ke kabin lebih bersih dan segar. Khususnya ketika AC mobil menyala, filter berfungsi menyaring debu dan kotoran supaya tidak masuk ke evaporator.

Baca Juga: Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kendaraan

Menggunakan Extra Fan

Tips terakhir dalam merawat AC mobil adalah menggunakan extra fan. Fungsi extra fan adalah membuang panas dan membantu mendinginkan komponen tertentu. Jika dipasang di kabin, extra fan mampu menambah embusan dingin. Jadi, extra fan dapat meringankan kerja AC dalam memunculkan efek dingin di kabin kendaraan.

Itulah tips dalam merawat AC mobil. Kenali apa penyebab AC mobil rusak dan lakukan pencegahan dengan tips diatas. Lakukan,perawatan diatas dalm keseharian Anda menggunakan mobil. Sehingga, umur AC akan lebih panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *