Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman & Nyaman Digunakan

  • by
  • 6 min read

Saat ini banyak sekali jenis dan merek jas hujan dipasaran. Sehingga, ini akan membuat Anda kebingunan ketika memilih. Belum lagi keunggulan dari setiap produk jas hujan yang ditawarkan.

Sehingga kami akan rangkumkan untuk Anda tips memilih jas hujan. Dimana kemanan dan kenyamanan saat digunakan adalah yang terping. Mengingat saat ini banyak sekali design model dan bahan yang digunakan untuk membuat jas hujan.

Maka penting sekali mengetahui tips memilih jas hujan. Sehingga, saat digunakan tidak akan mengganggu Anda dalam berkendara. Apa saja tips memilih jas hujan? Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Memilih Jas Hujan

Ada banyak pilihan jas hujan dipasaran. Namun, saat memutuskan membelinya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Jadi tidak hanya sekedar model yang keren atau harganya yang terjangkau. Namun, tetap harus mengutamakan kemanan dan kenyamanan saat digunakan berkendara.

Baca Juga: Apa Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat?

Bukan Jas Hujan Model Ponco

Tips memilih jas hujan yang pertama adalah jangan menggunakan jas hujan model ponco. Kenapa tidak direkomendasikan menggunakan model ponco? Ya, hal ini dikarenakan ketika digunakan riskan dengan kecelakana. Meskipun jas hujan yang satu ini terbilang praktis dalam penggunaannya, namun ada kekurangan dari sisi keamanannya. Jadi, sebaiknya dihindari, ya.

Kenapa sih model ini berbahaya? Alasanya adalah bagian belakang jas hujan ini akan menjuntai dan mengganggu pengendara lainnya. Selain itu, model ini juga bisa melukai diri sendiri jika pengendara tak sadar bahwa jas hujan yang digunakan masuk ke jeruji roda atau bahkan tersangkut ke setang motor lain dari arah yang berlawanan.

Terkait:  Cara Merawat Aki Kering Pada Motor

Itu sebabnya, penggunaan jas hujan model ponco sangat tidak disarankan. Llau model seperti apa yang disarankan agar aman saat digunakan? Model yang disarankan adalah jas hujan dengan model setelan, yakni ada bagian atas dan bawah. Selain lebih nyaman, jas hujan model two piece ini juga lebih aman digunakan.

Secara penggunaan, model setelan memnag lebih ribet. Namun, jas hujan model ini sangat direkomendasikan karena lebih nyaman digunakan. Pengendara akan lebih leluasa bergerak. Selain itu untuk menambah kenyamanan jas model setelan juga tersedia dengang berbagai ukuran. Sehingga,pengendara dapat menyesuaikan ukurannya agar lebih nyaman.

Memilih Jas Hujan dengan Warna Cerah

Dikarenakan saat hujan terutama saat hujan lebat biasanya pandangan akan terganggu, maka tips memilih jas hujan yang selnajutnya adalah memilih warna yang cerah untuk jas hujan. Dengan warna yang terangdan mencolok, maka pengguna jalan lain dapat melihat keberadaan kamu di jalan saat intensitas hujan terbilang cukup besar, apalagi di malam hari.

Tips Memilih Jas Hujan
Tips Memilih Jas Hujan (Sumber Gambar: Google)

Ada beberapa warna-warna jas hujan yang direkomendasikan seperti warna hijau muda, kuning atau orange. Selain warna yang terang, Anda dapat memilih jas hujan dengan motif berwarna. Misalnya jas hujan dengan garis berwarna terang yang dapat memantulkan sorotan lampu.

Menggunakan jas hujan dengan warna yang cerah bertujuan untuk memudahkan pengendara di belakang, atau yang datang dari arah berlawanan untuk melihat kamu saat berkendara di bawah guyuran hujan lebat.

Memastikan Jenis Bahan

Tips memilih jas hujan yang selanjutnya adalah tidak sembarangan dalam memilih bahan jas hujan. Tentu, harus memilih jas hujan dengan material bahan yang nyaman, selain itu tidak mudah rusak tentunya.

Jenis bahan yang disrankan adalah PVC (polyvinyl chloride). Jas hujan yang menggunakan bahan jenis ini akan lebih kedap air jika dibandingkan dengan bahan yang lain. Msalnya bahan plastik atau parasut.

Tips Memilih Jas Hujan
Tips Memilih Jas Hujan (Sumber Gambar: Google)

Sehingga, dengan bahan PVC maka pakaian Anda tetap kering meski sedang berkendara di bawah guyuran hujan. Selain itu, bahan ini juga tidak mudah robek.

Terkait:  Tips & Trik: Membeli Helm di Online Shop, Siapa Takut?

Tujuan menggunakan jas hujan adalah agar pakaian kamu tetap kering meski sedang berkendara di bawah guyuran hujan. Itu artinya, kamu perlu memperhatikan bahan yang digunakan sebelum membeli jas hujan incaran.

Namun tetap saja jas hujan dengan bahan yang satu ini juga memiliki kekurangannya. Kekurangannya adalah bahan PVC lebih berat dan lebih mahal dari yang berbahan plastik atau parasut.

Selain memperhatikan bahan jas hujan, perhatikan juga bahan dari aksesoris di jas hujan. Misalnya resleting pada jas hujan. Sebisa mungkin, gunakan jas hujan yang menggunakan resleting berbahan tembaga atau kuningan.

Dimana bahan tersebut dinilai lebih awet jika dibandingkan dengan bahan lain. Bahan tembaga atau kunigan tidak mudah lepas ataupun berkarat ketika sering terkena air hujan. Tentu hal ini membuat jas hujan akan menjadi awet.

Perhatikan Model

Maksud dari memperhatikan model adalah usahakan untuk tidak memilih jas hujan dengan model jahit. Ya, tips memilih jas hujan yang selanjutnya adalah jangan memilih jas hujan model jahit.
Sebab jas hujan dengan model jahit dapat membuat air hujan merembes dan membasahi pakaian.

Tentu hal ini akan sedikit percuma, sebab baju Anda akan tetap basah meskipun tidak disemua bagian. Jadi sebaiknya pilihlah jas hujan yang proses pembuatannya di-’press’ untuk menghindari hal tersebut.

Tips Memilih Jas Hujan
Tips Memilih Jas Hujan (Sumber Gambar: Google)

Apabila jas hujan pilihan Anda tetap ada jahitan dan letaknya pada retsleting mungkin itu masih terbilang wajar. Tetapi pastikan pada bagian tersebut terdapat penutup seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya.

Memiliki “Mata Kucing” atau Fitur Reflektor

Tips memilih jas hujan yang terakhir adalah pastikan jas hujan memiliki “mata kuicng” atau fitur reflektor. Ya, selain warna yang cerah Anda juga dapat memilih jas hujan yang memiliki “mata kuicng” atau fitur reflektor.

Terkait:  Yuk! Ketahui Standarisasi Helm Sepeda Motor

Fungsinya sama dengan warna jas hujan yang cerah. Namun, mata kucing atau reflektor ini akan sangat berfungsi ketika malam hari. Dimana “mata kuicng” atau fitur reflektor membantu pengendara lain tetap melihat kamu meski berkendara di malam hari.

Sebab sesuai namanya, reflektor ini bertujuan untuk memantulkan cahaya. Biasanya, reflektor ini terdapat di beberapa bagian jas hujan, mulai dari lengan, dada, atau punggung.

Baca Juga: Rekomendasi Merek Jas Hujan Anti Rembes & Anti Robek

Sebab seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa berkurangnya visibilitas saat berkendara di bawah guyuran hujan lebat jadi masalah bagi banyak pengendara. Itu sebabnya, kamu butuh ‘sesuatu’ agar tetap terlihat di segala kondisi.

Itulah tips memilih jas hujan agar aman dan nyaman saat digunakan. Yang terpenting saat memilih jas hujan, pilihlah jas hujan yang tidak mengganggu visibilitas gerak Anda. Sehingga, Anda tetap nyam berkendara meskipun hujan sedang turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *