Sebagai aksesoris mobil yang penting, cover mobil memiliki banyak jenis. Untuk itu, Anda harus memilih cover mobil yang sesuai dengan mobil Anda. Ya, sebab cover mobil dalam penggunaanya memrlukan pertimbangan. Dimana, cover untuk mobil yang parkir di tempat outdoor tidak sama dengan yang diparkirkan di tempat indoor.

Penggunaan cover mobil sangat berpengaruh terhadap kondisi cat mobil. Jika melihat fungsinya, cover mobil ini harus tangguh dalam melindungi body mobil dari suhu dan cuaca ekstrem.

Tips Memilih Cover Mobil

Ada beberapa tips memilih cover mobil yang perlu Anda perhatikan. Sehingga, cover mobil dapat berfungsi penuh tanpa menimbulkan kerusakan pada mobil Anda, terutama body dan cat mobil. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai tips memilih cover mobil.

Memastikan Bahan Cover Mobil

Tips yang pertama dalam memilih cover mobil adalah memastikan bahan cover untuk mobil memiiki kualitas bagus. Ya, mengingat banyaknya jenis cover mobil dipasaran, maka pastikan bahwa cover yang akan Anda beli memiliki kualitas yang bagus. Sebab, cover untuk mobil dengan kualitas rendah akan merusak body mobil bahkan cat mobil.

Tips Memilih Cover Mobil
Tips Memilih Cover Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tidak ada salahnya mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap bahan untuk cover. Selain itu, Anda juga wajib mengetahui apa saja komposisi bahan dari cover bodi mobil yang akan dipilih. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui empat macam komposisi bahan sarung mobil.

Di bagian pertama yakni bagian luar terbuat dari bahan khusus yang berfungsi untuk melindungi mobil dari guyuran air hujan dan terik sinar matahari. Pada lapisan kedua yang merupakan dalaman cover biasanya memiliki rongga sehingga proses sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Rekomendasi Car Seat Untuk Anak Yang Aman & Nyaman

Bahan seperti ini juga berfungsi untuk menghindari penguapan udara yang bisa menghasilkan embun. Untuk lapisan ketiga sendiri adalah lapisan paling bawah sehingga akan melindungi bodi mobil. Terakhir, bagian keempat biasanya berbahan lembut sehingga tidak akan menimbulkan gesekan pada bodi mobil. Misalnya saja material sintetis yang memang tahan air dan mencegah kelembapan.

Namun cover mobil berbahan sintetis ini memiliki bagian dalam yang kasar sehingga bisa terjadi gesekan. Ada pula cover berbahan fabrik yang memiliki rongga-rongga yang membantu sirkulasi udara berjalan baik. Namun pasti harganya lebih mahal ketimbang cover mobil biasa.

Memastikan Warna Tidak Luntur

Tips yang selanjutnya dalam memilih cover mobil adalah memastikan warna tidak luntur. Dengan mengetahui jenis dan kualitas setiap bahan cover untuk mobil maka Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Termasuk masalah kualitas warna cover. Apakah mudah pudar atau tidak.

Kenapa kita harus mempertimbangkan warna cover mobil?Ya, hal ini dikarenakan warna yang luntur itu bisa memengaruhi warna cat mobil. Sebab tidak jarang warna- warna pada cover mobil luntur dan mengenai bodi mobil.

Jika sudah begini, Anda akan mengalami kerepotan. Olehnya itu, sebelum membeli cover untuk mobil, pastikan terlebih dahulu cover tersebut tidak luntur.

Tips Memilih Cover Mobil
Tips Memilih Cover Mobil (Sumber Gambar: Google)

Memastikan Bahan Mudah Kering

Tips ketiga dari memilih cover mobil masih berhubungan dengan bahan. Yaitu pastikan bahwa bahan cover untuk mobil mudah kering. Perlu diketahui, memilih bahan yang mudah kering ini akan menjaga kualitas dari cat mobil Anda.

Apabila Anda menggunakan sarung tersebut selama berhari-hari untuk menutup mobil, ada baiknya agar sesekali membuka dan mengeringkannya. Di sinilah letak kelebihan dari cover yang gampang kering. Sehingga, bodi mobil dapat terhindar dari jamur yang mana tempat berkembang biaknya jamur berasal dari cover yang lembap.

Mempunyai Ukuran Yang Sesuai

Dalam memilih cover mobil pastikan juga ukurannya sesuai dengan mobil Anda. Usahakan tidak terlalu sempit atau terlalu longgar atau besar. Sebab apabila ukurannya terlalu kecil, maka ada area dari bagian mobil yang tidak tertutup sempurna, bagian itu pun rentan jadi lebih kusam akibat hujan, debu hingga sinar matahari.

Tips Memilih Cover Mobil
Tips Memilih Cover Mobil (Sumber Gambar: Google)

Sebaliknya, jika terlalu besar, maka cover mobil sangat mudah terlepas jika tertiup angin kencang. Kondisi tersebut juga mengakibatkan debu akan masuk lebih banyak hingga mengendap selama mobil terparkir.
Jangan paksakan beli cover mobil yang tidak sesuai dengan ukuran mobil kesayangan.

Sebab biasanya cover mobil terbagi dalam beberapa ukuran, seperti ukuran besar untuk mobil SUV, MPV. Ukuran medium untuk mobil sedan dan hatchback, sampai kecil untuk city car. Lebih gampang, coba minta ke penjual cover mobil dengan menyebut jenis mobil Sahabat.

Sesuai Dengan Kegunaannya

Tips yang terakhir dalam memilih cover mobil adalah memilih sesuai dengan kegunaannya. Sesuaikan bahan cover dengan posisi mobil saat diparkir. Sebagai contoh, jika setiap hari Anda memarkir mobil di dalam ruangan, maka gunakanlah cover berbahan fabrik.

Sebaliknya, jika mobil diparkir di ruangan terbuka, ada baiknya untuk memilih cover berbahan sintetis agar bebas dari air yang bisa merusak bodi mobil jika mengendap. Perlu diketahui, penggunaan cover mobil pada outdoor dan indoor tidaklah sama. Cover mobil outdoor setidaknya memiliki spesifikasi tahan air sekira 85% dan tahan panas.

Sehingga tidak meninggalkan bekas noda luntur dari bahan cover itu sendiri. Sedangkan untuk cover mobil indoor, setidaknya memiliki ketahanan air 90%, hal itu memungkinkan untuk melindungi mobil dari goresan dan debu.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Ban Cadangan Untuk Anda Ketahui!

Jadi, dalam menentukan sarung mobil mana yang akan digunakan, tetaplah teliti dalam memilih.
Tips memilih cover mobil diatas dapat Anda parktekan ketika akan membeli cover mobil. Tidak usah ragu untuk memilih cover yang bermerek. Sebab, biasanya cover yang bermerek memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi.

Ada banyak jenis cover mobil dipasaran, sehingga Anda harus mengetahuinya agar tidak salah memilih untuk mobil Anda. Cover mobil memiliki fungsi untuk melindungi mobil dari berbagai kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan pada mobil Anda seperti air hujan, terik sinar matahari, debu serta goresan. Ini juga akan sangat membantu mempertahankan warna asli cat mobil Anda.

Jadi, pahami dulu untuk apa cover mobil digunakan, apakah untuk indoor atau outdoor. Sebab, hal ini akan mempengaruhi jenis kain yang dipilih untuk mobil Anda. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai jenis cover mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *