Tips Memilih Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mobil

Tips Memilih Carbon Cleaner – Ruang mesin adalah salah satu bagian yang tidak dapat dihindarkan dari kerak dan macam- macam kotoran. Untuk itu, bagian mobil yang satu ini juga perlu dibersihkan seperti bodi mobil.

Namun harus diperhatikan bagaimana cara membersihkannya. Eitz, tidak usah khawatir sebab saat ini ada pembersih yang memang diperuntukan untuk membersihkan ruang mesin mobil. Produk tersebut bernama Carbon Cleaner.

Cairan carbon cleaner ini sendiri merupakan cairan yang mampu membersihkan ruang pembakaran pada mobil dari berbagai macam kerak. Selain itu, karena memang diperuntukan untuk membersihkan ruang mesin, tentu saja keamanannya terjamin.

Meskipun memang diperuntukan untuk membersihkan ruang mesin, tetap saja Anda harus memastikan ketika membeli produk tersebut. Ya, tetap ada tips untuk memilik carbon cleaner yang bagus untuk mobil.

Kenapa Carbon Cleaner Penting?

Penggunaan pembersih ini sangat diperlukan, karena bisa membuat kinerja mesin semakin mantap. Terlebih pada ruang bakar, di mana sisa pembakaran sering meninggalkan residu yang membuat performa mobil sering tidak maksimal.

Adapun residu karbon ini disebabkan dengan penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar regulasi yang ditetapkan. Dengan begitu, maka pembakaran menjadi tidak maksimal dan meninggalkan kerak pada ruang mesin.

Jika sudah ada kerak yang bakal mengganggu kinerja di ruang mesin mobil, dampaknya adalah performa mesin menjadi tidak maksimal dan lebih cenderung lemot ketika tengah dipaksakan untuk berakselerasi.

Jika sudah ada kerak yang bakal mengganggu kinerja di ruang mesin, dampaknya adalah performa mesin menjadi tidak maksimal dan lebih cenderung lemot ketika tengah dipaksakan untuk berakselerasi.

Tips Memilih Carbon Cleaner

Kerak yang ada pada ruang bakar ini biasanya disebabkan adanya pembakaran yang kurang maksimal. Sehingga terjadi penumpukan kerak di bagian dalam mesin.

Nah, nantinya carbon cleaner inilah yang akan membantu Anda untuk membersihkan kerak membandel pada ruang mesin.

Namun tetap saja jangan sembarang dalam memakai carbon cleaner. Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilih carbon cleaner untuk mobil Anda.

Untuk itu telah rangkumkan mengenai tips memilih carbon cleaner untuk mobil. Berikut adalah tips memilih carbon cleaner terbaik. Selamat membaca!

Tips Memilih Carbon Cleaner
Tips Memilih Carbon Cleaner

Menghindari Penggunaan Zat Amonia dan Zat Asam pada Carbon Cleaner

Tips memilih carbon cleaner yang pertama adalah menghindari penggunaan zat amonia dan zat asam pada carbon cleaner. Jadi saat memilih carbon cleaner, hindari yang mengandung zat amonia dan zat asam.

Hal ini karena carbon cleaner akan masuk ke dalam ruang bakar sehingga jika mengandung zat amonia atau zat asam bisa membuat bagian dalam mesin justru berkarat. Hal ini justru akan membuat mesin menjadi lebih cepat rusak dan berpengaruh terhadap performa kendaraan.

Jadi, hindari penggunaan zat amonia dan zat asam pada carbon yang kalian pilih, ya.

Memilih Carbon Cleaner Mobil yang Tidak Panas

Tips memilih carbon cleaner yang selanjutnya adalah usahakan memilih carbon cleaner mobil yang tidak panas. Carbon cleaner yang bagus adalah yang tidak panas saat dimasukkan ke dalam ruang pembakaran mesin.

Memilih cairan carbon cleaner yang panas justru akan merusak lapisan piston atau rumah silinder. Maka dari itu, sebelum digunakan ada baiknya tes dulu untuk mengetahui apakah cairan carbon cleaner menimbulkan panas atau tidak.

Caranya adalah dengan tuangkan sedikit ke dalam wadah kemudian sentuh dengan tangan. Jika terasa panas, sebaiknya jangan digunakan.

Jangan Tergiur dengan Carbon Cleaner Mobil dengan Harga Murah

Tips memilih carbon cleaner yang selanjutnya adalah jangan tergiur dengan carbon cleaner mobil dengan harga yang murah. Mengingat saat ini pilihan merk carbon cleaner untuk mobil semakin banyak dan beragam.

Meskipun demikian, Anda harus bisa memilih jenis carbon cleaner yang bagus dan berkualitas. Jangan mudah tergiur dengan merk carbon cleaner yang menawarkan harga murah.

Jenis seperti ini biasanya kandungan di dalamnya tidak jelas dan justru bisa menimbulkan kerusakan pada mesin kendaraan.

Memilih Carbon Cleaner Mobil yang Sesuai dengan Tipe Mesin

Tips memilih carbon cleaner yang selanjutnya adalah memilih carbon cleaner mobil yang sesuai dengan tipe mesin mobil kalian, ya. Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis carbon cleaner memiliki kandungan dan spesifikasi yang berbeda. Jadi pastikan pilih jenis yang sesuai dengan tipe mesin kendaraan agar performa kendaraan lebih optimal.

Tips Memilih Carbon Cleaner
Tips Memilih Carbon Cleaner (Sumber Gambar: Google)

Selain itu memilih jenis carbon cleaner yang sesuai dengan tipe mesin kendaraan kalian dapat membantu menjaga mesin atau tidak merusak ruang pembakaran.

Kapan Menggunakan Carbon Cleaner Mobil

Setelah mengetahui fungsi carbon cleaner mobil, lalu bagaimana dengan cara penggunaan carbon cleaner? Setelah mengetahui fungsi diatas, rasanya cukup penting untuk membersihkan kendaraan dengan carbon cleaner, bukan?

Nah, untuk waktu peggunaannya sendiri lakukanlah secara berkala. Artinya, sebaiknya memang Anda tidak membersihkannya terus-menerus. Sebab, apabila Anda melakukannya sangat sering maka hal tersebut justru dapat mengikis lapisan di ruang pembakaran dan justru membuat performa mobil menjadi tidak baik.

Sehingga, Anda dapat menggunakan carbon cleaner untuk membersihkan ruang pembakaran dengan menggunakan carbon ceaner setiap kira-kira 3.000 kilometer atau maksimal 20.000 kilometer.

Jika dihitung- hitung pembersihan ruang pembakaran kendaraan dengan menggunakan carbon cleaner ini dapat Anda lakukan sekitar setiap dua tahun sekali.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Sabun Cuci Mobil: Dijamin Mobil Mengkilap

Itulah cara memilih carbon cleaner mobil yang terbaik. Selain itu, Anda juga dapat melihatnya dari merek, loh. Sebab, salah satu cara memilih carbon cleaner mobil yang bagus juga dapat dilihat dari mereknya.

Tips Memilih Carbon Cleaner
Tips Memilih Carbon Cleaner (Sumber Gambar: Google)

Jadi, usahakan pakai merek-merek yang sudah terpercaya dan dikenal luas. Hal ini dimaksud agar kalian mendapat kualitas terbaik ketika melakukan pembersihan ruang bakar mesin.

Lalu apakah mahal harganya? Umumnya untuk penggunaan sekali pembersihan mesin, dibutuhkan dua botol. Soal harga carbon cleaner per botol cukup bervariasi, mulai dari Rp 40 ribuan seperti merek STP. Lalu untuk merek Bluechem Carbon bisa tembus Rp 500 ribuan satu paket alias dua botol.

Dengan harga yang terjangkau dan terlebih hanya digunakan dalam jarak waktu tertentu, tentu produk ini sangat direkomendasikan untuk membersihkan kerak di ruang mesin.

Oh, ya jangan sampai berlebihan ya dalam penggunaan carbon cleaner ini, sebab bukan malah menyelesaikan masalah, malah penggunaan yang terlalu sering dapat menimbulkan masalah.