Apabila memiliki mobil, alangkah lebih baiknya juga memiliki garasi. Jadi, bagi yang belum memiliki garasi namun akan membeli mobil, cobalah untuk membuat garasi mobil di rumah juga.

Sebab, akan banyak risiko yang akan Anda hadapi jika mobil tidak diparkir dalam garasi. Misalnya warna cat yang mudah pudar karena cuaca ataupun debu dan kotoran lainnya. Belum lagi tangan iseng orang asing yang lewat. Padahal Anda tidak mungkin mengawasi mobil kesayangan selama 24 jam penuh.

Maka memiliki garasi mobil adalah pilihan terbaik dan sebagi salah satu upaya merawatserta menjaga kemanan mobil Anda. Nah, bagi Anda yang akan membuat garasi mobil di rumah, artikel ini sanagt cocok untuk Anda. Sebab, kami elah merangkum tips dalam membuat garasi mobil di rumah.
Sehingga, Anda tidak akan terllau kecewa dengan hasilnya nanti.

Tips Membuat Garasi Mobil

Dalam mebuat garasi mobil, ternyata kita tidak boleh asal- asalan, loh. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dan bahakn harus dipastikan. Sehingga, nantinya garasi mobil agar berfungsi dengan sepenuhnya.

Wah, apa saja ya hal- hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat garasi mobil?

Baca Juga: Jenis Pelanggaran Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilakukan

Menentukan Lokasi

Saat akan membuat garasi mobil hal yang perlu dipastikan pertama kali adalah lokasinya. Sebab, lokasi garasi nantinya akan menentukan model dari pintu garasi, ventilasi udara, tempat penyimpanan onderdil mobil, dan lain sebagainya.

Lalu, lokasi garasi juga akan menentukan penempatan keran dan aliran air yang nantinya bisa digunakan untuk mencuci mobil. Jadi, setelah mencuci mobil, air tidak tergenang di satu tempat serta dapat mengalir dengan lancar.

Selain itu, Anda juga dapat mengukur panjang dan lebar atap garasi jika sudah memastikan lokasi yang cocok. Lokasi untuk garasi mobil yang baik adalah lokasi yang Sahabat bisa memasang ventilasi untuk garasinya.

Tips Membuat Garasi Mobil
Tips Membuat Garasi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tujuannya tentu agar ada sirkulasi udara dan garasi tidak lembab. Selain itu, lokasi garasi sebisa mungkin tempat yang agak lebih tinggi dari jalanan agar tidak ada genangan air yang tersisa misal saat Sahabat sehabis mencuci mobil dan memasukkannya pada garasi.

Memastikan Luas Lahan

Setelah menentukan lokasi, langkah selanjutnya sebelum membuat garasi mobil adalah memastikan luas lahan. Ya, Anda harus mengukur luas lahan untuk menentukan luas bangunan nantinya.

Sebab, luas lahan merupakan salah satu yang menentukan kenyamanan garasi. Untuk mobil kecil seperti city car, ukuran garasi yang sesuai adalah sekitar 2,4 x 4,8 meter.

Sedangkan untuk mobil yang lebih besar, disarankan untuk membuat garasi dengan ukuran 3 x 6 meter. Bukan hanya ukuran mobil yang menentukan besarnya garasi, tetapi juga jumlah mobil yang Anda miliki.

Apabila Anda memiliki lebih dari satu mobil, buatlah garasi yang lebih besar dari ukuran di atas. Pastikan garasi yang dibangun tidak membuat Anda repot ketika memasukkan atau mengeluarkan mobil.

Lalu bagimana jika lahan terbatas? Dan tidak bisa sesuai dengan ukuran diatas? Ya, Anda dapat mengakalinya dengan cara membuat garasi terbuka atau bergabung dengan teras depan dan tanpa pagar.

Ya, lahan menjadi kendala banyak orang. Sebab, terkadang ada lahan, lokasinya bagus untuk membuat garasi, namun luasnya kurang. Jadi, pastikan luasnya juga cukup untuk parkir mobil Anda.

Menyesuaikan Dengan Desain Rumah

Karena nantinya garasi mobil akan berdampingan dengan rumah. Maka sebaiknya desainnya juga disesuaikan dengan rumah Anda. Hal ini akan berpengaruh terhadap nilai estetika garasi Anda.

Tips Membuat Garasi Mobil
Tips Membuat Garasi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jika ingin tampilan garasi senada dengan rumah, ada baiknya untuk mencocokan desain garasi dengan desain rumah. Hal yang perlu disesuaikan mulai dari warna garasi dan atapnya, bentuk garasinya, atau elemen garasi lainnya yang bisa disepadankan dengan desain rumah.

Menentukan Atap Garasi

Ya, ketika akan membuat garasi mobil jangan lupa untuk menentukan atap garasinya juga. Garasi terbuka memang bukan ide yang bagus. Idealnya memang setiap garasi mempunyai atap. Tujuannya tentu saja agar tidak kehujanan maupun kepanasan yang bisa merusak warna cat mobil.

Untuk menentukan atap garasi, Anda perlu memastikan daya tahannya terhadap sinar matahari dan hujan. Atap garasi yang berkualitas baik dapat menjaga mobil Anda dari kebocoran sinar matahari langsung dan guyuran hujan lebat.

Anda dapat menanyakan dan mencari info mengenai atap yang cocok dan bagus untuk garasi mobil ke tukang bangunan atau forum yang membahas mobil. Yang paling bagus memang bentuk kanopi membran, namun harganya kurang ramah di kantong. Sahabat bisa memilih jenis UPVC, spandek, galvalum, atau polikarbonat untuk harga yang lebih terjangkau.

Menentukan Material Lantai Garasi

Material lantai garasi sanat penting, jangan sampai salah. Dalam menentukan material lantai, faktor utama yang harus diperhitungkan adalah beban kendaraan. Lalu, perhatikan juga teksturnya untuk menghindari permukaan lantai yang licin dan dapat membahayakan Anda.

Tips Membuat Garasi Mobil
Tips Membuat Garasi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Memilih material lantai garasi tidak bisa sembarangan. Lantai tidak boleh licin karena ban mobil bisa selip dan menabrak. Gunakan lantai yang berbahan dari granit atau yang memiliki pori-pori kecil.

Lantai dari granit lebih banyak dipilih karena tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Untuk itu, pilihlah material lantai garasi yang memiliki pori-pori kecil seperti granit. Selain tidak licin, granit juga mudah dibersihkan dan tidak cepat kotor.

Itulah hal- hal yang harus diperhatikan atau dipastikan ketika akan membuat garasi mobil. Jadi, sebelum membuat garasi di rumah perhatikan hal- hal tersebut agar garasi sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari ukuran mobil, desain, dan materialnya.

Baca Juga: Rambu Lalu Lintas: Ragam Marka Jalan yang Wajib Diketahui

Perlu diketahui, memiliki garasi adalah kewajiban bagi para pemilik kendaraan. Bahkan bagi warga DKI Jakarta, hal ini telah diatur dalam peraturan daerah. Ya, tepatnya terdapat dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Namun sampai saat inis masih ada aja masyarakat yang belum mematuhi atau memahami peraturan ini.

Padahal, peraturan mengenai kepemilikan garasi sudah ada sekitar lima tahun yang lalu. Untuk itu, bagi Anda yang belum memiliki garasi, ada baiknya untuk segera membuatnya apabila tidak mau mobil Anda diderek oleh petugas jika parkir sembarangan, meski itu di depan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *