6 Tips Membersihkan Mobil Agar Terhindar dari Virus

Saat ini, dunia sedang banyak virus yang dapat menyebabkan sakit. Sehingga, kita harus selalu menjaga kebersihan. Nah, termasuk menjaga kebersihan mobil. Jadi, saat membersihkan mobil agar terhindar dari virus, maka kita harus memperhatikan cara membersihkannya.

Ada beberapa tips membersihkan mobil agar terhindar dari virus. Sehingga, mobil akan terasa semakin nyaman digunakan.

Agar hasilnya bersih maksimal dan membuat mobil menjadi lebih aman dan nyaman dipakai bepergian baik sendiri atau dengan keluarga, Berikut tips membersihkan kendaraan yang dapat Anda praktekkan di rumah.

Membersihkan Mobil Agar Terhindar dari Virus

Membersihkan mobil agar terhindar dari virus tidaklah sulit. Anda hanya perlu membersihkannya secara teratur dan berkala.

Jangan sampai mobil terlalu kotor, sebab Anda akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Selain itu kondisi mobil kotor juga di senangi oleh pasukan tikus. Nah, Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya tetang cara ampuh mengusir tikus di mobil.

Berikut adalah tips membersihkan mobil agar terhindar dari virus. Selamat membaca sampai selesai, guys.

1. Menggunakan Sabun

Tips membersihkan mobil agar terhindar dari virus maka gunakan sabun ketika akan membersihkan. Jika bisa, gunakanlah sabun yang khusus untuk membersihkan mobil.

Jadi, penggunaan sabun cuci khusus untuk mobil bisa efektif untuk membersihkan sejumlah bagian luar dan dalam mobil dari kuman atau virus.

Gunakan sabun yang sesai dengan peruntukannya, jangan menggunakan sembarang sabun. Dengan menggunakan sabun khusus mobil maka tidak hanya bersih dan nyaman, namun juga menjaga interior dan bodi mobil tetap bagus.

2. Menggunakan Tisu Disinfektan

Tips membersihkan mobil agar terhindar dari virus adalah dengan menggunakan tisu disinfektan. Jadi, jangan malas untuk membersihkan interior mobil dengan tisu disinfektan.

Pastikan untuk membersihkan benda-benda di kabin mobil yang kerap tersentuh tangan, termasuk setir, kunci, tombol-tombol kontrol audio maupun power, kaca spion dan lainnya.

Agar tidak memicu kerusakan di permukaan ataupun sistem elektronik di interior, pembersihan bisa memakai tisu disinfektan. Selain itu, jangan menggunakan produk pembersih berbasis amoniak pada layar sentuh karena dapat menurunkan lapisan anti-silau pada layar.

Tips Membersihkan Mobil
Tips Membersihkan Mobil (Sumber Gambar: Google)

3. Pakai Pembersih yang Tepat

Tips membersihkan mobil agar terhindar dari virus yang selanjutnya adalah menggunakan pembersih yang tepat. Jadi, maksudnya bagaimana pembersih yang tepat? Apa bedanya dengan sabun?

Pembersih yang tetap yang dimaksud adalah pembersih untuk interior. Jadi, saat membersihkan mobil, jangan abaikan karpet, kursi dan headliner hingga bagian belakang jok, terutama kursi baris pertama dan kedua.

Namun, untuk membersikannya harus memakai cairan atau produk pembersih yang tepat. Misalnya, pembersih bahan kulit atau sampo khusus jok. Sehingga, interior tidak hanya terhindar dari virus, namun juga awet karena pembersih tersebut telah di desain khusus untu membersihkan interior mobil.

4. Menggunakan Sarung Tangan Sekali Pakai

Cara membersihkan mobil agar terhindar dari virus yang selanjutnya adalah menggunakan sarung tangan sekali pakai. Jadi, usahakan ketika membersihkan mobil, gunakanlah sarung tangan.

Terutama untuk bagian interior mobil. Penggunaan sarung tangan sekali pakai dapat mencegah paparan virus saat kamu membersihkan mobil.

Dengan memakai sarung tangan, kamu juga bisa dengan aman memungut sampah atau tisu bekas yang biasa tertinggal di dalam mobil. Setelah pembersihan, buang sarung tangan itu.

5. Lap Cairan Pembersih Dengan Cepat

Cara membersihkan mobil agar terhindar dari virus yang selanjutnya adalah dengan langsung mengelap cairan pembersih. Ya, lap cairan pembersih dengan cepat.

Jadi, setelah menyemprotkan sabun atau bahan pembersih lainnya pada bagian mobil, segera lap untuk mengeringkannya dengan cepat. Jangan membiarkan bahan kimia terlalu lama di permukaan.

Tips Membersihkan Mobil
Tips Membersihkan Mobil (Sumber Gambar: Google)

6. Cuci Tangan

Cara terakhir dalam membersihkan mobil agar terhindar dari virus adalah langsung cuci tangan. Ya, sebenarnya langkah ini lebih untuk kebaikan kalian yang membersihkan mobil. Jadi, setelah membersihkan mobil, segera cuci tangan dengan sabun.

Guna menjaga kebersihan kabin mobil, biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, baik sebelum maupun sesudah kamu berkendara.

Itulah, tips dalam membersihkan mobil agar terhindar dari virus. Lakukan bersih- bersih secara menyeluruh. Nah, untuk bagian yang sering disentuh, Anda harus lebih rajin membersihkannya.

Misalnya adalah bagian setir mobil, kaca depan, hingga tuas transmisi. Bagian-bagian ini wajib dibersihkan agar terbebas dari virus. Menariknya, Anda tidak membutuhkan vacuum cleaner untuk membersihkannya.

Cukup dengan kain lap dan kemoceng, maka area yang sering bersentuhan dengan tangan menjadi lebih bersih. Virus pun dapat menjauh dari mobil. Selain memastikan telah membersihkan bagian yang disentuh, jangan lupa untuk membersihkan bagian karpet dan juga kursi.

Sebab, bagian ini juga rawan kotor dan mudah menularkan virus. Karpet mobil, bagian yang paling sering kotor karena diinjak-injak. Mengingat karpetnya terbuat dari karet, maka membersihkannya pun jauh lebih mudah.

Cukup lepaskan karpet mobil, lalu dirikan secara vertikal agar debunya tidak menempel. Bisa juga menggunakan vacuum cleaner atau mencampurkan sabun dan air, sehingga semua debu terangkat secara sempurna.

Tips Membersihkan Mobil
Tips Membersihkan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Masih di bagian interior mobil, selanjutnya adalah membersihkan jok mobil. Tidak seperti membersihkan karpet mobil karena jok lebih simpel dibersihkan. Debu dan kotoran yang menempel juga terlihat jelas.

Ambil vacuum cleaner atau kain lap yang sudah dicelupkan dengan cairan khusus. Ingat, bukan cairan yang ada alkoholnya, ya! Sebab, alkohol dipercaya dapat merusak permukaan jok mobil kesayangan.

Baca Juga: Komponen Untuk Menghilangkan Karat Pada Motor: Langsung Kinclong!

Nah, itulah bagian yang paling rawan tertempel virus. Setelah membersihkannya, Anda dapat menyemprotkan Kit pengkilap mobil. Sehingga mobil bersih sempurna, baik dalam maupun luar.

Anda bisa tuangkan ke sponge atau kain lap, lalu usapkan pada permukaan luar mobil. Tuangkan sedikit saja, lalu usapkan secara merata. Kit pengkilap ini dapat dibeli di supermarket atau toko otomotif.

Editted by UN.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *