Membawa bayi berpergian jauh menggunakan kendaraan pasti tidak lepas dari keriwehan. Untuk itu, orang tua akan berfikir matang sebelum memutusakn membawa bayi berpergian jauh. Ya, maklum saja karena dapat dipastikan bahwa bayi akan rewel.

Banyak hal yang harus disiapkan sebelum meutusakn membawa bayi berpergian jauh. Hal ini karena penumpang anak-anak jelas berbeda jauh dari penumpang dewasa, baik dari segi karakter hingga kebutuhan. Sehingga, persiapan sebelum dan selama perjalanan sangat diperlukan. Ya, untuk itu kami akan bahas mengenai tips membawa bayi berpergian jauh.

Berikut adalah ulasan mengenai hal- hal yang harus Anda persiapkan ketika memutuskan membawa bayi berpergian jauh agar tidak rewel.

Tips Membawa Bayi Berpergian Jauh

Ketika membawa bayi berpergian jauh, maka ada perhatian khusus untuk mereka. Tidak hanya dalam hal makanan namun juga suasana selama perjalanan.

Bawa Juga: 6 Fakta Menarik Ban Cadangan Untuk Anda Ketahui!

Menentukan Jadwal Perjalanan

Saat akan membawa bayi berpergian jauh, maka kita kita juga harus mempersiapkannya dari sebelum perjalanan. Tentukan jadwal yang tepat untuk melakukan perjalanan. Hal ini juga termasuk memilih jalur yang strategis dan waktu perjalanan. Ini adalah tips membawa bayi berpergian jauh paling dasar.

Pastikan perjalanan Anda bukanlah perjalanan yang mengejar waktu. Pasalnya, perjalanan jauh dengan membawa bayi biasanya memakan waktu yang lebih lama. Anda tentu memerlukan jeda waktu istirahat untuk bayi. Seperti bayi rewel dan butuh istirahat. Untuk itu, sebaiknya Anda membuat jadwal perjalanan yang fleksibel jika sedang membawa bayi bepergian jauh dengan mobil.

Selain itu, pilihlah jalur yang strategis. Yang memiliki ketersediaan sarana dan prasarana sepanjang jalurnya. Usahakan untuk menggunakan jalur yang dibuka 24 jam nonstop serta memiliki layanan publik dan pusat makanan.

Hal ini akan mempermudah Anda, jika sewaktu-waktu memerlukan makanan dan layanan publik lainnya. Setelah menentukan kedua hal diatas, maka disarankan untuk melakukan perjalanan pada malam hari, karena malam hari adalah waktu tidur bayi. Jika bayi tertidur, Anda akan lebih mudah melakukan perjalanan tanpa banyak berhenti.

Namun, Pastikan juga sopir tidak mengantuk dan siap untuk berkendara malam, ya.

Tips Membawa Bayi Berpergian Jauh
Tips Membawa Bayi Berpergian Jauh (Sumber Gambar: Google)

Menyiapakan Perlengkapan Bayi

Tips membawa bayi berpergian jauh selanjunta adalah mempersiapkan perlengkapan bayi. Dikarenakan kita akan berpergian dengan bayi maka perlengkapannya juga benar- benar harus kita siapkan. Baik itu perlengkapan makanan maupun hiburannya. Tips dalam membawa semua perlengkapan dan peralatan bayi adalah masukan smeuanya dalam satu tas.

Sehingga semua kebutuhan bayi yang banyak itu dapat terbawa semuanya. Barang bawaan yang ada dalam satu tas misalnya pakaian bayi, gendongan bayi, selimut bayi, kain alas bayi, topi, sarung tangan dan kaki. Selain itu juga membawa termos dan botol susu. Termasuk makanan bayi apabila bayi telah berusia lebih dari 6 bulan.

Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan darurat yang berisi obat-obatan bayi, termometer, plester pereda demam, obat luka, hingga pelembap kulit khusus bayi. Melakukan persiapan dengan cermat akan membuat perjalanan Anda dengan bayi menjadi lebih nyaman karena bebas dari rasa khawatir.

Peralatan darurat ini dapat Anda satukan pada tas kecil. Ya, saat bepergian, bayi memiliki kebutuhan yang lumayan banyak. Maka untuk mempermudah dalam membawa kebutuhan bayi tersebut, Anda memerlukan tas travel bayi atau koper.

Ciptakan Suasana Nyaman Untuk Bayi

Selama perjalan usahakan untuk menciptakan suasana yang nyaman untuk bayi. Ya, risiko dari membawa bayi berpergian jauh adalah rewl saat dalam perjalanan. Biasanya bayi akan menangis karena merasa jenuh. Hal ini sering terjadi saat bayi diajak bepergian jauh dengan mobil.

Sehingga sangat disarankan untuk membawa beberapa mainan kesukaan untuk membuatnya merasa familiar dengan suasana di dalam mobil. Anda juga bisa melapisi jok mobil dengan selimut tebal untuk membuat bayi merasa nyaman.

Selain itu, pastikan pakaian yang digunakan selama perjalanan juga nyaman. Pastikan popok digantis secara rutin. Maka disarankan untuk menggunakan popok yang mudah menyerap, tidak mudah bocor dan tetap kering.

Apabila dirasa harus menggantinya setiap waktu sediakan popok yang mudah untuk diganti. Gunakan pakaian yang nyaman juga dari segi bahan dan model. Sehingga, bayi akan merasa nyaman selama perjalanan.

Tips Membawa Bayi Berpergian Jauh
Tips Membawa Bayi Berpergian Jauh (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Baby Seat

Tips membawa bayi berpergian jauh selanjutnya adalah perhatikan keamanan bayi. Dalam membawa bayi berpergian jauh, sebaiknya kita menggunakan baby seat. Hal ini juga guna menciptakan kemanan bayi selama perjalanan. Baby seat adalah tempat duduk khusus yang memang dirancang untuk bayi dan anak-anak. Tempat duduk khusus ini mampu menahan gerak bayi sekaligus meredam guncangan.

Anda bisa memasang baby seat pada mobil dengan bantuan teknisi di bengkel. Bay seat banyak variannya, maka pilih dengan yang paling sesuai secara budget dengan Anda. Selain itu utamakan keamanan dan kenyamanan bayi saat berada di car seat selama perjalanan. Ya, baby seat juga dapat memberikan keamanan selama perjalanan.

Selalu Tenang

Taukah kalina? Jika terkadang, yang menyebabkan perjalanan jauh bersama bayi jadi melelahkan justru bukan karena si kecil. Bisa jadi karena kekhawatiran berlebih yang Anda rasakan sebagai orang tua. Hasilnya, Anda pun tidak tenang selama perjalanan dan saat tiba di tempat tujuan, badan menjadi lelah. Ya, tips membawa bayi berpergian jauh ini dikhususkan untuk orang tua.

Tips Membawa Bayi Berpergian Jauh
Tips Membawa Bayi Berpergian Jauh (Sumber Gambar: Google)

Mengajak Partner

Tips membawa bayi berpergian jauh adalah usahakan untuk membawa partner. Ya, siapapun itu entah saudara maupun babysister. Hal ini disebabkan Anda akan merasa kelelahan saat bepergian sendiri bersama bayi apabila tanpa partner. Apalagi jika bayi rewel selama perjalanan. Sehingga agar kerepotan dan kelelahan saat bepergian dengan bayi.

Tugasnya adalah agar dapat bergantian ketika mengurus bayi selama dalam perjalanan. Selain itu, partner juga akan menjadi teman bermain sekaligus penenang bayi yang rewel selama perjalanan.

Karena disaat bayi terjaga, dia pasti menginginkan perhatian penuh dan itu membutuhkan tenaga ekstra. Namun apabila bayi tertidur, Anda dan partner bisa memanfaatkannya untuk istirahat.

Baca Juga: Sering Parkir Tanpa Garasi? Berikut 5 Tips Merawatnya

Itulah tips yang perleu Anda perhatikan ketika membawa bayi berpergian jauh. Namun, hal yang pastikan paling penting adalah pastikan bahwa bayi dalam kondisi yang sehat. Ya, ketika bayi sakit perjalanan pasti akan lebih merepotkan.

Sehingga, pastikan bahwa sebelum melakukan perjalanan baik Anda maupun bayi Anda memiliki kondisi yang prima. Sehingga, tidak akan terlalu memberatkan Anda selama perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *