Tips Menggunakan Car Seat Anak, Perhatikan 3 Hal Penting Berikut

Car Seat Anak sebuah istilah yang masih asing untuk sebagian besar orang di Indonesia padahal hal tersebut sangat penting untuk keselamatan buah hati anda di saat bepergian dengan anda.

Car Seat Anak
Jenis Car Seat Anak Sesuai usia nya

Tidak adanya aturan yang mewajibkan penggunaan car seat anak di Indonesia menyebabkan banyak orang tua yang menganggap sepele dengan keberadaan car seat anak di mobil mereka.

Bepergian dengan seluruh keluarga merupakan hal sangat menggembirakan bagi para orang tua yang sehari harinya sibuk dengan rutinitas pekerjaan di kantor.

Menggunakan Car Seat anak untuk menjaga keselamatannya

Karena bepergian bersama keluarga adalah salah satu cara untuk mengurangi terkena resiko depresi & stres dengan rutinitas keseharian kita.

Ketika anda bepergian bersama keluarga menggunakan mobil dan anda memiliki bayi atau anak kecil, mungkin anda perlu mempertimbangkan car seat anak untuk kenyamanan buah hati anda.

Tapi sebelum kita membahas lebih jauh tentang pentingnya car seat anak ini, mari kita cari tahu apakah manfaat & fungsi car seat anak pada mobil anda.

Car seat anak adalah sebuah kursi tambahan di mobil yang rancangannya dikhusus kan untuk dipakai anak-anak usia tertentu dengan tujuan melindungi mereka selama berada di dalam mobil.

Manfaat anda menggunakan car seat pada anak ketika mengajak nya bepergian dengan mobil tentu saja dapat mengurangi bahaya terhadap anak jika terjadi kecelakaan dan benturan pada mobil atau pada saat mobil direm mendadak.

Untuk manfaat yang lain adalah car seat anak ini juga bisa membantu tumbuh kembang anak anda dalam hal belajar untuk duduk tenang dan mandiri selama berada di dalam mobil.

Karena seringkali anak sangat aktif bergerak dan memegang apa saja selama berada di dalam mobil tentunya hal tersebut sangat berpengaruh terhadap konsentrasi anda ketika mengemudikan mobil.

Dengan terbiasa menggunakan car seat anak ini akan melatih anak anda agar duduk tenang ketika berada di dalam mobil.

Fungsi positif lain nya anda dan buah hati bisa bepergian berdua saja menggunakan mobil tanpa bantuan orang lain untuk mengawasi buah hati selama berada di dalam mobil.

Sebagian dari kita biasanya memangku anak jika sedang bepergian dengan menggunakan mobil.

Hal tersebut terkesan anda harus selalu memastikan atau meminta bantuan orang lain supaya ada yang selalu siap untuk memangkunya di dalam mobil.

Bagaimana jika suatu ketika anda bepergian membawa anak tanpa ditemani orang lain?

Dengan anda memiliki car seat anak dapat membuat semuanya terasa lebih mudah dan tentunya tidak merepotkan orang lain.

Anda pun bisa dengan tenang mengemudikan mobil karena buah hati akan duduk tenang di kursi spesialnya tanpa menganggu konsentrasi mengemudi anda.

Karena car seat anak ini dirancang untuk membuat anak anda dapat duduk tenang bahkan tidur di atas kursi yang sudah dilengkapi dengan pengaman.

Tapi sebelum anda memutuskan untuk memiliki car seat anak sebaiknya cermatlah dalam memilih dan sesuaikan dengan usia buah hati Anda.

Ada beragam jenis dari car seat yang disesuaikan dengan umur, tinggi, dan berat si anak, Silahkan simak paparan nya berikut ini:

Anda juga harus mempertimbangkan kemudahan pemakaian dan pemasangan car seat anak tersebut pada kendaraan anda.

1. Jenis Car Seat Sesuaikan Dengan Usia Anak

Pertama adalah pemilihan jenis Car seat anak bentuk nya hampir sama dengan keranjang bayi bedanya car seat anak dilengkapi dengan tali pengaman yang bisa dilekatkan pada kursi mobil.

Car seat yang baik adalah yang dapat anda pasang dan lepas dengan mudah. Jenis dan bentuknya pun beragam menyesuaikan dengan usia dan berat anak.

Jika anak anda berusia kurang dari 2 tahun, sebaiknya gunakan car seat yang menghadap ke belakang.

Hal tersebut menjadikan tulang-tulang bayi yang belum kuat saat menahan guncangan atau jika mobil direm secara mendadak tetap aman.

Dengan penempatan car seat anak menghadap ke belakang maka akan menjaga keamanan kepala, leher, dan tulang belakang anak anda jika terjadi benturan hebat.

Jika anak anda sudah berusia di atas 3 tahun atau sudah memiliki tinggi dan berat badan maksimum, maka anda bisa menggunakan jenis convertible yang bisa ditempatkan menghadap ke depan atau ke belakang.

2. Perhatikan Posisi Penempatan Car Seat

car seat anak
Posisi Penempatan Car Seat Anak

Kedua adalah memastikan car seat terpasang pada posisinya dengan benar.

Saat menempatkan dan memasang car seat anak sebaiknya pahami dahulu petunjuk pemakaian secara jelas serta teliti.

Anda bisa menempatkan car seat anak di posisi bagian tengah kursi penumpang.

Karena jika menempatkannya di posisi bagian depan kursi penumpang yang memiliki air bag bisa membuat anak terjepit dan melukainya jika terjadi kecelakaan.

Sebaiknya jangan menempatkan anak di kursi depan penumpang sebelum ia berusia 3 tahun.

Selain itu perlu diperhatikan juga bahwa posisi penempatan nya usahakan dengan kemiringan 45 derajat agar anak anda tidak kesulitan bernafas ketika duduk terlalu tegak.

Jika anda sudah terlanjur membeli car seat anak yang tidak bisa disetel kemiringannya, Anda bisa mengantisipasi dengan cara mengganjalnya dengan gulungan handuk kecil agar posisi bayi agak rebah.

Setelah dipasang, sebaiknya anda perlu mencobanya dahulu dengan menempatkan anak di sana tetapi dalam keadaan mobil tidak dihidupkan.

3. Pastikan Pemasangan Car Seat Anak Benar

Ketiga adalah memastikan bahwa anak anda berada di car seat-nya dengan benar.

Jika Anda menggunakan car seat untuk bayi, pastikan bahwa tali pengaman yang ada pada benda tersebut terpasang dan sejajar dengan badan bayi atau di bawah bahu.

Tempatkan bayi di car seat kemudian pasang tali pengaman di kedua bahu bayi anda dan pinggang nya.

Kemudian pasang tali pengaman di bahu kiri dan kanan lalu kunci dengan pengunci tali di bagian tengah pinggang bayi.

Usahakan agar pemakaian tali pengaman di kedua bahu tidak longgar atau tidak terlalu ketat untuk bayi.

Caranya adalah dengan mengukur satu jari dari bahu si bayi. Ini akan memastikan bahwa bayi dapat duduk nyaman di kursinya selama perjalanan.

Sementara untuk anak anda yang sudah agak besar, maka anda bisa memposisikan car seat mereka dengan sudut kemiringan sekitar 35 derajat.

Indonesia sebagai negara yang cukup banyak angka kelahiran nya sangat disayang kan belum adanya aturan yang mewajibkan para orangtua untuk memasang car seat anak di mobil bagi anak mereka.

Padahal di beberapa negara maju seperti Amerika atau Inggris, pemerintah disana membuat aturan yang mewajibkan bagi para orangtua agar menggunakan car seat untuk anak mereka dan mematuhi prinsip pemakaian yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Baca Juga : 11 Tips Agar Buah Hati Nyaman di Atas Car Seat Anak

Sehingga menjadikan para orangtua di negara negara maju tersebut memiliki kesadaran untuk menempatkan anak anak mereka di car seat ketika mereka berkendara menggunakan mobil.

Demikian informasi tentang fungsi & manfaat car seat anak di mobil anda, semoga informasi tersebut dapat menambah khasanah pengetahuan anda sebagai orang tua untuk membuat nyaman dan aman anak anda ketika berkendara menggunakan mobil. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.