Skip to content

Tips Berkendara: Tetap Aman Saat Musim Hujan!

Ada beberapa risiko tambahan ketika berkendara saat musim hujan. Dimana, pengendara harus lebih waspada dan konsentrasi. Sebab, jalanan licin dan jarak pandang terganggu. Ada tips berkendara saat musim hujan agar tetap aman yang Anda dapat terapkan.

Tips berkendara ini akan membantu menciptakan kemanan berkendara saat hujan. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Tips Berkendara Saat Musim Hujan

Ketika musim hujan datang, ada beberapa tips berkendara yang perlu Anda terapkan. Tips berkendara ini diperlukan untuk menghindarkan dari kecelakaan misalnya. Mengingat saat musim hujan jalanan licin, ada genangan air, selain itu jarak padang yang terbatas, dan semua orang menjadi terburu- buru ingin sampai ke tempat tujuan.

Untuk itu ada beberapa tips berkendara yang harus perhatikan untuk menciptakan kemanan bagi diri Anda sendiri dan pengendara sekitar. Apa saja tips berkendara saat musim hujan agar tetap aman?

Baca Juga: Rekomendasi Merek Jas Hujan Anti Rembes & Anti Robek

Memeriksa Kelayakan Kendaraan

Tips berkendara agar tetap aman saat musim hujan yang paling pertama adalah memastikan kendaraan layak digunakan. Ya, setidaknya pastikan tekanan ban sebelum menggunakan kendaraan.

Sebagai komponen yang melakukan kontak langsung dengan jalan, ban memiliki peranan sangat penting pada kelancaran dan keamanan laju mobil.

Dimana tekanan udara yang tidak sesuai menyebabakan kendaraan tidak stabil. Hal ini tentu akan mmebahayakan. Selain itu, hindari juga menggunakan ban yang sudah tips. Sebab, akan ada risiko yang sama.

Selain ban, pastikan juga lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Pastikan juga cahaya lampu tidak redup. Lampu-lampu yang menyala akan membuat kendaraan anda terlihat oleh pengendara lain meski jarak pandang terbatas saat hujan. Selain lampu, rem harus dipastikan berfungsi dengan baik agar tidak mudah tergelincir.

Tips Berkendara
Tips Berkendara (Sumber Gambar: Google)

Bagi Anda yang menggunakan mobil, pastikan juga wisper dalam kondisi prima. Sehingga, pandangan Anda tidak akan terganggu. Pastikan, wisper dapat membersihkan kaca mobil dengan baik.

Selain itu pastikan air wipernya juga. Air wiper bisa membantu Anda membersihkan jejak gerimis tersebut. Itulah kenapa penting pula mengecek air wiper sebelum berkendara saat hujan. Pastikan air wiper masih dalam jumlah cukup.

Perhatikan Jarak Aman Berkendara

Menjaga jarak antar kendaraan meerupakan tips berkendara selanjutnya saat musim hujan. Sebisa mungkin Anda harus menyesuaikan jarak aman berkendara saat hujan turun. Kondisi jalan yang licin membuat kendaraan membutuhkan jarak ketika harus mengerem. Jarak yang dibutuhkannya pun dapat dikatakan sedikit lebih jauh jika dibandingkan mengerem ketika jalanan kering.

Selain itu jarak pandang juga sedikit terganggu saat musim hujan. Ya, lagi- lagi Anda tidak dapat mengerem. Apalagi jika ada gengan air. Mengerem tidak akan selancar biasanya ketika jalan kering.

Jadi, biarkan kendaraan yang ada di depan Anda bergerak lebih dulu hingga sekitar enam detik, baru kemudian Anda mulai maju. Bisa juga dengan menunggu hingga mobil di depan Anda berada di luar jarak pandang Anda. Hindari mengebut dan sebisa mungkin jaga jarak mobil dengan kendaraan di depan Anda.

Tips Berkendara
Tips Berkendara (Sumber Gambar: Google)

Menghindari Genagan Air

Tips berekndara selnajutnya saat musim hujan adalah mengehindari genangan air. Ya, jika Anda melihat genangan air jangan dilawan. Sebab saat hujan turun lubang di jalan pun tidak terlihat. Jadi, bisa saja di bawah genangan air itu terdapat lubang atau bahkan benda berbahaya seperti paku.

Jika Anda melewati lubang tersebut, baik besar maupun kecil tetap saja akan berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan. Sehingga, usahakan untuk menghindari jalan yang terkenan genagan air.
Lalu bagaimana jika harus melewatinya? Jika Anda harus melintasi genangan air dengan berbagai alasan, melajulah dengan kecepatan rendah.

Wajib Berhenti Ketika Hujan Deras

Tips berkendara saat musim hujan yang selanjutnya adalah segera menenduh apabila hujan semakin deras. Hal ini dilakukan untuk tetap mejaga kemanan. Bukan hanya kemanan Anda, namun juga pengendara sekitar Anda. Menepi tidak hanya disarankan untuk pengendara motor, namun pengendara mobil juga, ya.

Saat berkendara hujan semakin deras, apalagi disertai angin kencang, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk tetap melaju. Sebab ketika hujan turun sangat deras, biasanya disertai juga dengan angin yang kencang. Tidak jarang banyak ranting atau pohon tumbang saat kondisi seperti ini.

Sehingga, berteduh di tempat aman menjadi solusi terbaik. Sebab, saat hujan deras, terutama jika disertai angin kencang, pandangan anda di jalan raya akan semakin terbatas. Tunggu sampai hujan reda atau insensitasnya memadai untuk ‘ditembus’.

Jangan lupa, konsentrasi tinggi wajib dilakukan saat berkendara. Selain itu, pastikan tempat berteduh Anda juga merupakan tempat yang aman. Anda dapat memilih cafe, restoran atau pom bensin sebagi tempat menepi yang aman.

Apabila terpaksa menepi di pinggir jalan, bagi Anda yang mengendarai mobil maka usahakan untuk menyalakan lampu hazard untuk memberi tahu pengendara lain bahwa Anda sedang menepi. Apabila kondisinya sudah kondusif, Anda dapat melanjutkan perjalan kembali.

Tips Berkendara
Tips Berkendara (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Jas Hujan dan Sepatu

Tips berkendara saat musim hujan adalah khusus pengendara sepeda motor. Astikan Anda menggunakan jas hujan yang nyaman dan alas kaki yang nyaman. Penting untuk menggunakan jas hujan bagi kendara bermotor agar baju tidak basah. Usahakan menggunakan jas hujan model stelan. Sebab, jas hujan model ini akan membuat pergerakan anda leluasa.

Gunakan juga sepatu atau sandal yang tidak licin bagian solnya. Bahkan, saat ini sudah banyak jas hujan khusus sepatu yang bisa dibeli di berbagai tempat. Selain menghindari sepatu anda basah, jas hujan sepatu biasanya memiliki sol dari karet yang nyaman untuk dipakai berkendara.

Sementara bagi Anda yang menggunakan mobil, jendela sebaiknya ditutup. Tujuannya demi menghindari air hujan masuk, termasuk cipratan air akibat kendaraan lain yang melaju di jalan.

Baca Juga: Tips Memilih Jas Hujan Yang Aman & Nyaman Digunakan

Itulah tips berkendara saat musim hujan agar tetap aman. Saat hujan kondisi jalan cenderung ebih lincin dan jarak pandang terbatas. Untuk itu, sangat disarnkan untuk menjaga kecepatan saat berkendara.

Bagi Anda yang menggunakan mobil, perlu dingat bahwa ketika hujan melaju dengan cepat maka airnya akan mengenai pengendara lain. Biasnya yang terkena dampaknya para pengguna sepeda motor. Untuk itu, jaga kecepatan mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.