Tips Agar Anak Tenang Duduk di Car Seat

Anak Tenang Duduk di Car Seat – Ketika anak- anak duduk di mobil, maka baiknya menggunakan car seat. Jangan sekali kali memangku anak meskipun posisi dudukk di bangku belangkang. Sebab hal ini akan berbahaya jika terjadi kecelakaan.

Namun, pada faktanya terkadang justru buah hati yang susuah untuk duduk di car seat. Entah itu rewel atau anak yang sudah sedikit besar mencoba melepaskan diri dari car seat. Hal ini justru akan mengganggu konsentrasi pengemudi.

Duduk di car seat sendiri mungkin hal yang tidak menyenagkan bagi anak- anak. Seebab ruang gerak mereka menjadi terbatas. Bahkan anak- anak akan lebih nyaman duduk pangku daripada duduk di car seat.

Namun dari segi kemanan dan keselamatan, duduk di car seat adalah yang terbaik. Memang di Indonesia sendiri, belum ada aturan yang benar-benar mengikat. Namun, baiknya para orangtua mulai sadar dengan pentingnya menggunakan car seat.

Jadi, meskipun anak rewel ataupun menangis tetap gunakan car seat, ya Mom.

Anak Tenang Duduk di Car Seat

Dikarenakan banyak anak tidak nyaman duduk di car seat, apalagi bagi anak- anak yang sedang aktif. Maka artikel kali ini akan membahas mengenai tips agar anak tenang duduk di car seat. Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai tips anak tenang duduk di car seat untuk Anda.

Menyiapkan Mainan

Tips yang pertama agar anak tenang duduk di car seat adalah dengan memberikan mainan kesukaan anak. Memberikan anak mainan favorit merupakan cara yang cukup ampuh agar anak tenang duduk di car seat.

Kunci ada pada mainan yang anak sukai. Tidak perlu banyak, namun pilihlah mainan yang kira- kira dapat membuat anak sibuk dan lupa dengan car seatnya. Pastikan juga mainan yang dibawa adalah mainan yang ramah anak.

Baik deri segi bahan maupun dari segi ukuran. Ya, misalnya pilihlah mainan yang berbahan lembut dan tidak keras agar si kecil tetap aman dengan mainannya. Hindari jenis mainan keras agar saat bayi mengetuk-ngetukkannya tidak rusak. Bila ada kakak, mintalah kakak mengajak bayi bermain “ciluk- ba” atau ngobrol sesukanya dengan adik bayi.

Anak Tenang Duduk di Car Seat
Anak Tenang Duduk di Car Seat (Sumber Gambar: Google)

Sediakan Hiburan yang Mengedukasi

Tips selanjutnya agar anak tenang duduk di car seat masih sama dengan mainan, yaitu hiburan yang mengedukasi. Hiburan yang mengedukasi disini dapt berupa tontonan khusu anak- anak. Ya, apabila mobil Anda memiliki LCD TV, hal ini dapat digunakan selama perjalanan agar anak tenang duduk di car seat.

Banyak sekali yang dapat diputar melalui layar LCD mobil Anda. Misalnya memberikan hiburan, yang pertama bisa dengan memutarkan lagu-lagu anak. Putarkan video klip lagu-lagu anak agar si kecil bisa bernyanyi bersama dan semangat.

Bisa juga dengan memutarkan video edukasi anak yang menarik. Jadi si kecil bisa tetap belajar selama di perjalanan. Dan pilihan terakhir adalah dengan memutar film anak-anak yang sedang menjadi fafovoritnya.

Apabila sudah ada gambarnya, sudah pasti si kecil akan merasa terhibur. Dan lagi dia akan selalu merasa bahagia bila diajak bepergian. Karena ada banyak hiburan yang di dapat selama di perjalanan. Cara ini juga sangat efektif bila si kecil menempuh perjalanan jauh dan lama.

Ajak Bernyanyi atau Ngobrol

Tips selanjutnya dalam membuat anak tenang duduk di car seat adalah dengan tetap mengajak anak berinteraksi. Jadi, Anda tidak diam terus sepanjang jalan. Sesekali ajak anak berinteraksi sambil memastikan bahwa anak dalam keadaan aman dan nyaman.

Ramaikanlah suasana selama dalam perjalanan. Apabila Anda sedang memutrakan musik untuk anak, Anda dapat mengajak si kecil bernyanyi bersama. Ajak anak untuk bergerak mengikuti irama lagu agar makin ceria.

Nyanyikan lagu favoritnya agar ia tidak merasa kesepian walaupun si kecil berada di bangku belakang sendiri. Atau Anda dapat menanyakan mengani hal- hal kecil seperti apa yang sedang si kecil pelajari atau hal lainnya.

Mengajak interaksi anak saat perjalanan harus dilakukan. Selain untuk memastikan kondisi anak baik- baik saja, hal ini juga dilakukan agar anak tidak merasa bosan dan kesepian. Apalagi bila si kecil berada di kursi belakang sendirian. Mengajak si kecil mengobrol tentu akan membuat si kecil tidak merasa kesepian dan bosan.

Anak Tenang Duduk di Car Seat
Anak Tenang Duduk di Car Seat (Sumber Gambar: Google)

Lindungi Dari Sinar Matahari Agar Tidak Kepanasan

Pastikan anak juga terhindar dari sinar matahari agar anak tetan tenang menggunakan car seat. Ya, bisa dikatakan bahwa utamakan kenyamanan anak saat duduk di car seat. Pastika kita meletakan car seat anak pada bangku mobilbagian belakang yang dekat dengan jendela.

Pastikan sinar matahri tidak akan membuat anak silau. Apaagi jika Anda menyetir di siang hari. Maka Anda dapat menyiapakn tirai penutup sinar matahari khusus untuk kaca jendela kendaraan. Atau Anda juga dapat melapisi kaca mobil dengan filter anti matahari.

Apabila udara sedang sejuk, Anda dapat membuka jendela sedikit sehingga udara segar dapat menyejukkan sekaligus menenangkan si kecil.Penting sekali untuk memastikan anak tidak kegerahan selama di mobil.

Jangan Mendudukkan Anak di Car Seat Saat Menangis

Tips selanjutnya agar anak tetap tenang menggunakan car seat adalah jangan dipaksakan jika diawal suda tidak mau. Jadi, pastikan bahwa anak duduk dengan tidak terpaksa di awal. Jadi, sebelum pergi dan dudukan si kecil di mobil, pastikan anak dalam kondisi mood yang baik.

Anak Tenang Duduk di Car Seat
Anak Tenang Duduk di Car Seat (Sumber Gambar: Google)

Hal ini dilakukan agar selama di perjalanan anak tidak cranky dan rewel. Karena bila anak menangis dan rewel, bisa menganggu konsentrasi pengemudi.

Ibu juga dapat memberikan pengertian dari hari sebelumnya apa yang akan dilakukan besok. Beri tahu kemana tujuan pergi dan apa yang akan dilakukan di sana. Berikan sugesti baik bahwa nanti perjalanan akan menyenangkan.

Itulah tips agar anak tenang menggunakan car seat. Jangan membiasakan anak duduk dipangku ya mom, sehingga saat akan duduk di car seat akan lebih mudah. Ya, mengingat banyak anak yang tidak nyaman duduk di alat keselamatan satu ini.

Pilih juga car seat yang nyaman dan sesuai ukurannya dengan tubuh si kecil. Sehingga, akan membantu Anda dalam meciptakan kenyamanan saat si kecil duduk di car seat.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.