Tipe Harley Davidson memang banyak tersedia dipasaran. Setiap tipe Harley Davidson memiliki pengemarnya masing –masing. Harley merupakan brand ternama dan paling terkenal dari Amerika Serikat ini merupakan salah satu jenis motor dan sekaligus perusahaan yang menjadi kebanggaan oleh negara Paman Sam.

Motor Harley-Davidson sendiri memang merupakan salah satu produk motor yang bisa sangat istimewa. Ada banyak hal yang menjadikan motor ini istimewa. Pertama karena memiliki harganya yang setinggi langit.

Selain itu, cara menggunakan motor satu ini yang sangat berbeda daripada motor-motor pada umumnya. Yang membuatnya semakin terlihat istimewa adalah desain motor dari Harley. Desain model-model yang ditawarkan selalu mempunyai ciri khas dari motor Harley-Davidson itu sendiri.

Tipe Harley Davidson

Motor Harley sededniri mempunyai banyak tipe. Masing –masing type didesain sesuai dengan keperluannya. Ada yang digunakan untuk touring atau digunakan untuk keseharian. Setiap tipe juga mempunyai segmen pembelinya masing –masing.

Tipe Harley Davidson
Tipe Harley Davidson
(Sumber Gambar: Google)

Harley Davidson memilik 7 tipe yang dapat jadi pilihan para pecinta motor. Mulai dari model touring sampai model sports. Berikut adalah tipe Harley Davidson yang dapat menjadi pilihan Anda.

Touring

Tipe pertama adalah touring. Motor Herley yang satu ini juga sering disebut sebagai “Baggers”. Dimana motor ini di desain dan dibuat khusus untuk perjalanan jauh. Sehingga, motor harley yang satu ini akan tetap memberikan rasa nyaman dalam berkendara. Meskipun berkendara selama berjam-jam diatas jok motor.

Harley khusus turing ini mempunyai berat total mencapai sekitar 400 kg. Berat ini mencakup semua perlengkapan yang terpasang. Seperti yang kita ketahui, bobot beban atau berat motor merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan saat kita akan membeli motor touring.

Cruisers

Selanjutnya adalah harley Cruiser. Dimana jenis yang satu ini hampir mirip dengan model Touring. Hal ini karena gaya big FL pada bagian depan. tetapi model Cruiser masih dapat dikelompokkan ke dalam tipe HD Softail.

Harley Fat Boy, Heritage termasuk dalam Harley-Davidson jenis Cruiser.
Jika berbicara bobot maka Cruiser mempunyai berat yang lebih ringan daripada motor Touring. Sehingga bagi pengendara yang akan mengendari motor jenis ini harus tetap berhati-hati. Sehingga, motor motor ini tidak dianjurkan untuk pemula.

Softail

Harley Davidson yang satu ini mempunyai bentuk yang unik. Selain itu, Softail memiliki bentuk yang terlihat kaku seperti sebuah motor pegunungan. Harley type ini memiliki shockbreaker yang tersembunyi pada bagian belakang untuk memberikan rasa nyaman bagi pengendara.

Dyna

Tipe selanjutnya dari Harley Davidson adalah Dyna. Motor ini juga dengan sebutan “Rubber Mount”. Motor Harley yang satu ini memiliki dua buah shockbreaker. Letak kedua shockbreaker berada dibagian belakang.

Selain itu, yang membedakan Dyna dengan motor Harley yang lain adalah adanya karet pada bagian mesinnya. Fungsi dari karet ini adalah mengurangi getaran pada mesin. Beberapa mempertimbangkan Dyna sebagai motor untuk jalan harian.

Sportster

Selanjutnya dari Harley Davidson adalah tipe Sportster. Sportster merupakan model sport yang telah lama dikenal. Motor ini mempunyai sebuah mesin dan desain rangka lebih kecil. Selain itu tipe ini adalah motor yang paling ringan yang ditawarkan oleh perusahaan Harley Davidson. Sportsters adalah satu-satunya Harley yang ditawarkan dalam dua varian. Dua varian tersebut adalah mesin 883 dan 1200.

V-Rod

Tipe selanjutnya adalah V-Rod. Motor yang satu ini adalah tipe terbaru dari harley Davidson. Selain itu, motor yang satu ini juga sangat berbeda jika dibandingkan dengan Harley yang lain. Motor ini menggabungkan konsep desain yang mengusung power dan style dari motor sport. Pada bagian mesinnya, Harley-Davidson memasangkan water cooled.

Baca Juga: Motor Honda WIN Kembali diminati Masyarakat, Berikut Spesifikasinya

Buell

Tipe selanjutnya adalah Buell. Buell ini juga berbeda banget Harley-Davidson yang lain. motor sport ini buatan Amerika dan dimiliki atau dijual melalui Harley Davidson. Model ini memang sangat benar-benar jelas terlihat kesan sport, didukung oleh sebuah mesin v-twin. Tentunya sangat luar biasa apabila mengendarai motor ini untuk sehari-hari atau melintasi jalan yang berliku-liku.

Tipe Harley Davidson Paling dicari

Dari ke tujuh tipe Harley Davidson tentu ada type yang paling dicari oleh konsumen. Untuk konsumen di Indonesia sendiri, ada dua tipe Harley Davidson yang paling dicari oleh pasaran. Dua type tersebut adalah Softail dan Touring. Dua tipe ini masih menjadi motor Harley yang paling banyak dicari oleh konsumen.

Tipe Harley davidson
Tipe Harley Davidson
(Sumber gambar: Google)

Dalam tipe softail ada beberapa varian yang menjadi faforit para pencinta motor Harley. Namun, varian Road Glide Ultra menjadi yang paling banyak dicari selain Street Glad, Ultra Limited dan Road King. Tipe softail Road Glide dijual di kisaran angka ekitar Rp 1,4 miliar.

Untuk para pecinta pemula Harley, banyak yang menjatuhkan pilihan ke seri Street 500. Harga seri Street 500 adalah harga yang termurah di antara tipe Harley Davidson yang lainnya, yakni di harga 300 jutaan on the road.
Kenapa Harga Harley Davidson Mahal?

Seperti yang diketahui, Motor Harley Davidson selain mempunayi desain yang unik, motor ini juga dibandrol dengan harga yang tinggi. Padahal harga di negara aslinya jau dari harga yang dijual di Indonesia. Mengapa harga Harley sangat mahal di Indonesia?.

Harga Harley melihat harga asli di negara asalnya, yaitu Amerika Serikat dibandrol dengan kisaran harga 300 jutaan. Namun, saat masuk ke Indoensia motor tersebut dapt dijual dengan harga tiga kali lipat lebih mahal. Hal ini terjadi karena peraturan pajak yang berlaku.

Harley Davidson termasuk dalam barang mewah. Sehingga, ada pajak barang mewah untuk motor Harley Davidson. Selain itu motor Harley Davidson juga dikenakan pajak impor. Seperti yang kita ketahui bahwa kedua pajak tersebut sangat mahal. Jadi, tidak heran jika hal tersebut berdampak pada harga motor Harley yang ada di Indonesia.

Mahalnya harga motor Harley di tanah air menjadikannya cukup sulitnya menjual. Meskipun Harley mempunyai segmen pencintannya sendiri, namun siapa sangka untuk menjual Harley tetap dibutuhkan strategi jitu. Hal ini mengingat harga dan pajak motor Harley yang selangit.

Baca Juga: Tips Membeli Motor Bekas: 5 Hal yang Harus diperhatikan

Belum lagi pajak yang harus ditanggung oleh pembeli. Menjadikan para distributor membuat strategi untuk dapat menjualnya.

Itulah type Harley Davidson yang pastinya menjadi impian bagi pencinta motor. Desainnya yang istimewa membuat Harley mempunayi tempat sendiri bagi pecinta motor. Saat ini harley Davidson juga memberikan banyak pilihan model yang dapat menjadi pilihan. Namun, sekali lagi ada biaya pajak yang harus dibayarakan ketika membeli motor tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *