Tipe Bagasi Tambahan untuk Mobil

  • by
  • 6 min read

Mungkin kita spernah dalam kondisi harus membawa barang banyak namun garasi tidak begitu besar. Sehingga, kita harus berbagi tempat duduk dengan barang- barang. Ya, biasanya hal ini kita alami ketika mudik atau berpergian jauh lainnya.

Tentu hal ini akan membuat kenyamanan berkurang. Untuk itu, beberapa pemilik mobil memilih untuk menambah bagasi. Ha? Menambah bagasi? Ya, bagasi tambahan untuk mobil yang ditaruh diatap mobil. Ada banyak tipe bagasi tambahan untuk mobil.

Tipe bagasi tambahan untuk mobil dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bawaan dan juga jenis mobil yang Anda miliki. Perlu diperhatikan, bahwa perlu kebijaksanaan Anda ketika memutuskan bagasi tambahan untuk mobil.

Apakah berbahaya? Ya, akan berbahaya jika berlebihan. Tidak bijak dalam menggunakan bagasi tambahan akan menyebabkan atap mobil penyok atau bahkan bodi mobil tidak seimbang ketika dikendarai.

Namun, disi lain bagasi tambahan ini akan sangat membantu dan berguna dalam penggunaannya.

Bagasi Tambahan untuk Mobil

Ada lima jenis bagasi tambahan untuk mobil yang dapat Anda pilih. Apa saja jenis bagasi tambahan mobil tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Roof Rack

Jenis bagasi tambahan untuk mobil yang satu ini pasti sudah banyak dikenali bahkan digunakan. Yups, bagasi tambahan yang paling populer adalah Roof Rack. Roof rack ini dopasang di atap mobil.

Adanya Roof Rack akan menjadikan kabin terasa semakin lega. Apalagi pemasangan Roof Rack ini tergolong mudah dan juga membuat mobil lebih feksibel. Semua mobil dapat menggunakan Roof Rack . Namun sebelum memasang Roof Rack, Anda perlu memasang Crossbar.

Tipe Bagasi Tambahan untuk Mobil
Tipe Bagasi Tambahan untuk Mobil (Sumber Gambar: Google)

Roof Rack umumnya punya kapasitas yang cukup besar untuk menampung barang. Namun hal ini dapat berpengaruh terhadap kondisi struktur atap mobil. Roof rack yang terlalu berat bisa mempengaruhi stabilitas kendaraan saat bergerak atau membuat atap mobil penyok.

Terkait:  Aksesoris Mobil: Tips Membersihkan Karpet Mobil

Selain itu, penggunaan roof rack juga harus dijaga volume dan beratnya agar mobil yang dipakai untuk berkendara tetap stabil selama melaju di jalanan. Jika barang yang disimpan di atas mobil terlalu banyak, konsumsi bahan bakar akan menjadi kurang efisien.

Baca Juga: 5 Jenis Suspensi Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Roof Basket

Roof Basket menjadi pilihan selanjutnya untuk bagasi tambahan untuk mobil. Meskipun bentuknya hampir sama dengan Roof Rack, namun Roof Rack sudah dilengkapi dengan jaring. Sehingga akan elbih melindungi barang bawaan Anda.

Apabila musim hujan, Anda tingal menambhakn terpal untuk semakin melindungi barang Anda. Bagimana, lebih praktis bukan dalam penggunaannya? Roof Basket menawarkan fleksibilitas yang lebih baik daripada Roof Rack, karena relatif lebih ringan. Selain itu, jaring-jaringnya juga membuat penggunaan bagasi tambahan lebih mudah.

Roof Bag

Tipe bagasi tambahn untuk mobil selanjutnya adalah Roof Bag. Roof Bag mempunyai fungsi yang sama seperti dengan kantung atau tas besar. Ya, sama dengan tipe tambahan bagasi untuk mobil sebelumya, Roof Bag juga diletakan diatas atap mobil.

Untuk memilih roof bag lebih baik pilihlah yang antiair untuk mengantisipasi jika turun hujan. Roof bag ini biasanya terbuat dari bahan parasut atau material lain yang tahan air. Barang ini cocok dipasang pada mobil untuk mudik saat jumlah barang bawaan jadi berlipat ganda.

Tipe Bagasi Tambahan untuk Mobil
Tipe Bagasi Tambahan untuk Mobil (Sumber Gambar: Google)

Apa keunggulan dari Roof Bag? Roof bag sangat praktis, sebab Anda tidak perlu memasang roof rack atau roof basket terlebih dahulu. Bisa langsung dikaitkan pada atap mobil. Roof bag juga cukup awet jika dirawat dengan baik.

Namun disi lain tentu saja ada kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Apa kekurangannya? Ya. dikarenakan terbuat dari kain, risiko sobek juga lebih besar. Jadi pastikan isinya juga tidak sampai melebihi kapasitas.

Terkait:  Tips Membeli Mobil Bekas Secara Tepat dan Tidak Menguras Kantog

Roof Box

Roof Box menjadi tipe tambahan bagasi untuk mobil yang paling banyak digunakan saat ini. Tipe tambahan bagasi untuk mobil yang satu ini terbuat dari bahan yang lebih solid seperti plastik. Ada juga yang terbuat dari metal ringan.

Selain itu, Roof Box memiliki berbagau tipe dan ukuran. Roof box mudah dibongkar pasang pada mobil. Jadi Anda bisa melepasnya ketika tidak dibutuhkan. Pemasangannya juga sangat praktis. Dimana Anda tidak perlu melubangi atau membuat dudukan karena tinggal dijepitkan antara atap dan pintu. Pemasangan dari Roof box cukup dijepitkan di antara atap dan pintu.

Car Bags Carrier

Tipe terakhir bagasi tambahan untuk mobil adalah Car Bags Carrier. Loh, Apa bedanya dengan Roof Bag? Yang membedakan adalah letak pemasangannya. Dimana Cae Bags Carrier tidak dipasang di atap kendaraan.

Tipe Bagasi Tambahan untuk Mobil
Tipe Bagasi Tambahan untuk Mobil (Sumber Gambar: Google)

Melainkan, dipasang dibagian belakang mobil. Kalau Anda pernah bertemu mobil yang dilengkapi bags carrier, biasanya benda ini digunakan untuk membawa sepeda. Tapi pada dasarnya bags carrier juga bisa digunakan untuk membawa barang lain.

Ya secara prinsip, bags carrier memudahkan dalam membawa barang pada saat perjalanan jauh. Secara fungsi, Car Bags Carrier hampir sama dengan roof box atau roof bag. Bedanya, hanya cara pemasangannya. Jika, tambahan bagasi untuk mobil yang lain dipasang pada bagian atasmobil atau atap, Car Bags Carrier biasanya dipasang di bagian belakang mobil.

Baca Juga: Cara Membersihkan Filter Udara Motor dengan Benar

Itulah tipe bagasi tambahan untuk mobil yang dapat menjadi pilihan Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dengan jenis bagasi tambahan yang anak Anda pasang. Ya, siapa tahu terpikir untuk memasang roof rack pada mobil? Tunggu dulu, bisa jadi bukan roof rack yang Anda butuhkan. Pasalnya, jenis bagasi tambahan untuk kendaraan roda empat sangat beragam.

Terkait:  Perawatan Dinamo Stater Mobil: 4 Tips Agar Awet

Maka Untuk lebih jelas, kamu bisa diskusi dengan tenaga service advisor bengkel resmi, terutama dari aspek teknis seperti titik tumpu atau beban bawaan maksimal. Agar pengalaman berlibur atau mudik sekaligus menginap lancar saat ke luar kota menggunakan mobil, maka Anda harus memastikan agar semua barang bawaan tertata rapi sementara setiap penumpang dapat duduk nyaman.

Nah, apabila mobil Anda sempit, maka menggunakan bagasi tambahan bisa menjadi alternatif agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *