Test drive mobil sangat penting dilakukan ketika membeli mobil. Test Drive mobil harus dilakukan baik untuk mobil baru maupun mobil bekas. Metode ini dapat membantu Anda mengenal mobil yang akan dibeli. Selain itu, test drive merupakan cara terbaik untuk mengetahui kondisi mobil sesungguhnya.

Sehingga, Anda harus teliti ketika melakukan test drive pada mobil yang akan dibeli. Namun, sebelum melakukan test drive kita harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Sebab, saat melakukan test drive cukup memiliki resiko yang tinggi. Krena resiko ini, terkadang pembeli kurang leluasa.

Namun, ada beberapa merk mobil yang justru menawarkan metode ini untuk meyakinkan pembelinya. Selain itu, test drive sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah berkunjung ke pameran otomotif ataupun eksibisi otomotif di mal/lokasi perkantoran. Sedangkan cara kedua adalah pihak sales dealer yang mendatangi Anda dan membawa unit test drive untuk bisa dijajal oleh calon pembeli mobil.

Masing masing cara untuk melakukan test drive memiliki kekurangan dan kelebihan. Misalnya jika melakukan test drive lewat pameran otomotif maka kelebihannya adalah kendaraan yang digunakannya untuk melakukan test drive merupakan unit baru. Namun, disisi lain jelas memiliki keterbatasan dalam waktu dan trek mobil test drive.

Sedangkan melakukan test drive bersama sales dealer kelebihannya adalah fleksibilitas untuk segi waktu dan area ketika melakukan test drive. Namun, kekurangannya adalah unit mobil yang digunakan untuk melakukan test sangat umum. Sehingga, kita belum tentu dapat melakukan test drive dengan mobil yang kita inginkan.

Namun, saat ini banyak sekali tawaran untuk melakukan test drive secara nyaman, leluasa, dan durasi percobaan yang lumayan. Sehingga, dikomunikasikan saja dengan penjual mobil untuk diberikan kesempatan dalam melakukan test drive.

Karena moment test rive sangat penting dan berharga, maka jangan sampai mensia -siakan kesempatan ini. Sehingga Anda harus tahu betul apa yang perlu dilakukan saat test drive. Berikut adalah tips test drive mobil bagi Anda yang masih bingung mengenai hal yang harus diperhatikan saat melakukan metodhe ini. Selamat membaca.

Perhatikan Detail Saat Test Drive Mobil

Jika ada kesempatan untuk melakukan test drive maka yang perlu Anda perhatikan pertama kali adalah perhatikan detail dari mobil. Perhatikan mulai dari membuka pintu mobil, duduk di jok, mengatur sepion dan hal –hal kecil lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kenyamanan Anda ketika nantinya menggunakan mobil tersebut. Sehingga, coba pastikan Anda dukuduk dengan nyaman di mobil sebelum Anda melakukan test drive pada step yang lebih jauh.

Coba Semua Fitur Mobil

Setelah selesai mengatur posisi duduk, sepion dan merasakan stir mobil, langkah selanjutnya adalah menocoba semua fitur yang tersedia pada mobil. Misalnya seperti panoramic sunroof, atau yang lebih teknis lagi seperti adaptive cruise control dan lainnya.

Setiap mobil yang ditawarkan pasti mempunyai fitur unggulan. Ketika test drive coba periksa fitur ini dan jangan malu untuk bertanya jika mengalami kebingungan mengenai fitur.

Melakukan Test Drive Mobil

Saat melakukan test drive mobil tidak hanya semata- mata menjalankan mobil dan merasakan sensasi mengendarai mobil yang akan kita beli. Namun, kita tetap dituntut untuk memperhatikan mobil secara detail. Seperti memastikan performa mesin. Perhatikan mulai dari akselerasi, kenyamanan setir, pengereman hingga handling.

Selain itu coba posisikan mobil pada “On” terlebih dahulu dan perhatikan lampu indikator. Pastikan lampu-lampu mati. Setelah itu baru melanjutkan starter mobil. Apabila ada lampu indikator yang tetap menyala, berarti ada masalah pada mobil yang perlu diperbaiki.

Jika mesin sudah menyala coba perhatikan bunyi mesin. Caranya dengan membuka kaca jendela pengemudi mobil. Lalu dengarkan bunyi mesin secara seksama. Pastikan suara mesin normal dan tidak ada bunyi yang tidak wajar. Hal ini penting dilakukan saat mesin masih dingin, karena mesin yang masih dingin yang sering mengeluarkan bunyi-bunyi yang bisa menjadi indikasi ada masalah pada mesin.

Test Drive Mobil
Test Drive Mobil
(Sumber Gambar: Google)

Jika sudah memastikan bagian mesin, bagian lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah bagian transmisi. Pastikan kinerja transmisi sebelum mobil dijalankan. Coba pindahkan transmisi ke setiap posisi untuk mobil matic. Cek apakah ada jeda atau sentakan yang keras setiap perpindahan. Sedangkan untuk mobil manual pastikan perpindahan tidak tersangkut, dan kopling tidak terasa dalam saat diinjak.

Selain itu, coba nyalakan AC dan heater ketika mobil melaju, apakah cukup dengan ekspektasi anda atau tidak. Untuk fitur ABS, EBD dan Stability Control, coba anda lakukan pengereman dan liuk-liukkan mobil agar bisa mencoba teknologi tersebut.

Proses selanjutnya adalah menjalankan mobil. Jika bisa cobalah mobil dalam berbagai kondisi jalan. Namun karena biasanya melakukan test drive tidak leluasa dan trek yang terbatas jadi pastikan bahwa komonen mobil berfungsi dengan baik.

Cek fungsi kaki –kaki mobil, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Coba pula untuk bagian rem, apakah berfungsi normal atau tidak. Selain itu, coba test bagian stir. Lakukan bbelokkan stir ke kiri dan ke kanan. Pastikan tidak terdapat bunyi, berat, atau bantingan kurang nyaman.

Baca Juga: Aki Mobil Tekor, Apa Penyebabnya?

Selain itu coba lepaskan stir fungsinya untuk mengetahui kemana stir lebih condong. Apakah ke kiri atau ke kanan. Hal ini untuk mengetahui kinerja setir tersebut. Saat melakukan test drive ini periksa lagi bagian transmisi. Pastikan transmisi untuk mengetahui kinerja setir tersebut.

Akhir dari proses ini adalah menguci kembali lampu indikator. Hal ini perlu dilakukan karena masalah-masalah tersembunyi bisa kembali muncul setelah kendaraan dibawa jalan. Ituah beberapa hal yang harus diperhatikan jika mendapatkan kesempatan test drive. Sehingga test drive tidak sia –sia.

Mencoba Memarkirkan Mobil

Langkah terakhir adalah mencoba memarkirkan mobil. Hal ini dilakukan untuk menguci fitur parkir pada mobil. Pastikan kamera parkir, sensor parkir dan juga bagaimana pengendaliannya. Berfungsi dengan baik.

Kenapa Harus Test Drive Mobil?

Test Drive Mobil
Test Drive Mobil
(Sumber Gambar: Google)

Meskipun melakukan test drive tidak dapat sembarangan, namun test drive akan sangat membantu Anda dalam memutuskan membeli mobil. Apakah fitur dan kenyamanan sesuai dengan harga yang ditawarkan atau tidak. Selain itu, Anda dapat mengetahui fungsi fitur, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Selain itu, meskipun penjual sudah menyediakan brosur mobil ataupun membeitahu semua informasi mengenai mobil. Muali dari kecanggihan fitur, fitur terbaru, dan keuntungan dari membeli mobil, melakukan testdrive dapat memberika informasi lebih detail. Selain itu, Anda dapat mengeksplor mobil lebih jauh.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom

Itulah hala –hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan test drive mobil agar berjalan efektid dan efisien. Syarat untuk dapat melakukan test drive mobil rata- rata adalah memiliki SIM A. Jadi, pastikan Anda memiliki SIM A terlebih dahulu agar dapat melakukan test drive untuk mobil incaran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *