Skip to content

Yuk Ketahui Tanda Mobil Matic Bermasalah, Apa Saja Ya?

Mobil matic merupakan mobil yang paling diminati oleh masyarakat kita. Lagi- lagi karena kemudahan dalam mengoperasikannya. Meskipun, biaya perawatan mobil matic lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil transmisi.

Nah, bagi Anda yang sudah memiliki mobil apakah sudah tahu tanda mobil matic bermasalah? Ya, mengingat biaya perawatan mobil matic lebih mahal, bukan berarti kalian bisa menghindari salah satu perawatannya, ya.

Sebab jika rusak justru biayanya akan lebih mahal. Nah, ada baiknya jika kalian mengetahui tanda mobil matic bermasalah. Sehingga Anda dapat langsung memperbaikinya agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lain.

Namanya juga produk buatan manusia, pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Jadi, mari kita ketahui tanda mobil matic bermasalah. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Tanda Mobil Matic Bermasalah

Ada beberapa ciri khas yang dapat kita kenali sebagai tanda mobil matic bermasalah. Bagi yang sudah memiliki banyak pengalaman dengan mobil pasti akan dengan mudah memhaminya jika ada masalah.

Namun, bagi pemula atau bahkan yanga wam dengan mobil mungkin tidak akan menydarinya. Artikel kali ini akan membahas mengenai tanda mobil matic bermsalah. Sehingga, jika Anda mulai merasakan tanda- tanda tersebut, langsung dapat membawanya ke bengkel.

Jadi, berikut adalah tanda- tanda mobl matic bermasalah yang perlu Anda ketahui. Yuk, baca sampai selesai ya.

Terdengar Suara Mendengung

Tanda mobil matic bermasalah yang sering terjadi adalah terdengarnya suara dengungan. Biasanya suara dengunngan yang dimaksud tidak seperti suara biasanya atu asing di dengar. Suara aneh tersebut biasanya timbul saat transmisi sedang dipindah dari P ke D atau dari D ke R.

Tanda Mobil Matic Bermasalah
Tanda Mobil Matic Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Padahal transmisi yang baik dan normal umumnya tidak menimbulkan suara sama sekali. Suara seperti itu biasanya muncul dari beberapa komponen transmisi yang memang saling berbenturan.

Hal ini terjadi karena mekanisme pergerakannya terhambat akibat kekurangan dorongan oli transmisi. Nah, jika suaranya cenderung keras, siap-siap melakukan perbaikan transmisi matic ya.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Agar Kembali Kinclong!

Ketika Anda mendengar suara aneh yang datangnya bukan dari mesin, maka Anda wajib mencurigainya. Apalagi jika dibarengi dengan bunyi mirip ketukan benda tumpul yang saling beradu. Segera lakukan pengecekan kondisi transmisi, ya.

Respon Akselerasi Mobil Melambat

Tanda mobil matic bermasalah yang selanjutnya adalah akselerasi mobil merespon dengan lambat. Jadi, ketika Anda menginjak pedal gas mesin hingga terdengar suara menderu, tetapi mobil melaju seperti biasa tanpa adanya peningkatan kecepatan, berarti ada masalah di bagian transmisi.

Biasanya, transmisi di posisi D, maka Anda wajib curiga. Sebab ini merupakan tanda mobil matic bermasalah. Penyebab masalah ini kemungkinan karena drive plat kopling mobil Anda sudah sangat tipis.

Untuk transmisi matic sendiri, bisa juga karena kinerja body valve yang mulai melemah. Jika sudah merasakan hal seperti di atas, jangan ragu-ragu membawanya ke bengkel. Sebelum kondisinya makin parah kedepannya. Jadi, masalah ini membuat akselerasi mobil telat dalam merespons injakan pedal gas yang lebih dalam untuk meningkatkan akselerasi.

Kebocoran Cairan Transmisi

Tanda mobil matic bermasalah yang selanjutnya adalah adanya kebocoran pada cairan transmisi. Perlu diketahui bahwa cairan transmisi matic bekerja untuk menjaga kapabilitas pertukaran gear.

Jika sudah melihat kebocoran oli transmisi, segera perbaiki karena bisa menimbulkan kerusakan berat jika terus didiamkan. Bagi yang belum tahu, warna cairan transmisi matic itu berwarna merah terang, bersih, dan berbau agak manis.

Jika ternyata warnanya sudah gelap dan berbau terbakar maka sudah waktunya diganti. Segera perbaiki, sebab masalah paling serius bisa sampai merusak sabuk baja pada transmsi CVT atau kerusakan roda gigi pada transmisi konvensional.

Tanda Mobil Matic Bermasalah
Tanda Mobil Matic Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Oli transmisi punya peran penting dalam sistem kerja transmisi. Oli tidak hanya bekerja sebagai pelumas, tapi juga mendukung perpindahan gigi, khususnya pada transmisi dengan torque converter.

Jika rembes atau bocor didiamkan dalam waktu lama, akan mengurangi performa transmisi, roda-roda giginya juga bisa aus dan rusak.

Tercium Bau Terbakar

Selain terdengar suara aneh, adanya bau terbakar juga merupakan salah satu tanda mobil matic bermasalah. Jadi, ketika sudah mulai tercium bau terbakar biasanya tanda merupakan tanda mobil overheating. Maka ketika kondisi transmisi sudah seperti itu, maka harus diberikan pelumas.

Fungsi pelumas sendiri tidak hanya melancarkan pergerakan komponen transmisi, namun juga menjaga stabilitas suhunya. Selain berkurangnya pelumas transmisi, bisa juga ada kebocoran atau pelumas telah kotor sehingga perlu diganti.

Sulit Pindah Gigi

Tanda mobil matic bermasalah yang selanjutnya adalah sulitnya gigi dipindahkan. Perpindahan gigi yang sudah mulai sulit bisa menjadi diagnosa awal kerusakan transmisi. Umumnya pemilik mobil merasa sulit memindahkan gigi dari D ke N atau dari D ke 1 atau bahkan ke posisi P.

Sejatinya transmisi matic yang masih oke akan halus perpindahan giginya. Gejala transmisi yang sulit pindah gigi biasanya menandakan kerusakan yang cukup parah. Sebab jika sudah sampai sulit pindah gigi, umumnya komponen di dalam transmisi sudah banyak yang rontok.

Tanda Mobil Matic Bermasalah
Tanda Mobil Matic Bermasalah (Sumber Gambar: Google)

Mobil Terasa Bergetar

Tanda mobil matic bermasalah yang terakhir adalah adanya getaran ketika mobil dijalankan. Jadi, untuk mobil matic jika mengalami getaran aneh maka bisa jadi merupakan tanda kampas kopling mulai aus sehingga membuat permukaannya tidak merata.

Akhirnya yang terjadi adalah mobil terasa bergetar ketika sedang berjalan. Jadi, jika mobil matic dalam kondisi baik maka transmisi automatic tidak mengeluarkan bunyi atau getaran yang mengganggu kenyamanan berkendara.

Baca Juga: Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Angin Nitrogen Pada Ban Mobil

Namun apabila muncul bunyi yang kasar, hal ini mungkin berarti ada komponen yang bermasalah, pun itu bisa terjadi pada komponen transmisi automatic. Bila hal ini terjadi disarankan agar segera membawa kendaraan Anda ke bengkel.

Itulah tanda mobil matic bermasalah. Jadi, jika Anda mulai merasakan hal- hal tersebut segera bawa kebengkel untuk dilakukan cek lebih mendalam. Sehingga tidak akan merusak komponen yang lainnya.

Jika, melihat beberapa penyebab tanda mobil matic bermasalah, mungkin Anda pernah mengalami salah satunya. Sebenarnya masalah yang dapat timbul di bagian mobil matic dapat diminimalisir dengan cara melakukan service berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.