Suzuki GSX R150: Mengulik Kelebihan & Kekurangan

Suzuki GSX R150 merupakan motor sport 150cc yang dikeluarkan tahun 2017. Ya, dapat dikatakan bahwa motor ini mengawali Suzuki ikut bersaing dalam pasar ini bersama Yamaha dan Honda.

Dikarenakan Suzuki GSX R150 merupakan motor sport pertama, hal ini tentu membuat orang penasaran dengan performanya. Tentu saja Suzuki GSX R150 dilengkapi dengan berbagai kelbihan yang dapat menjadi pertimbangan Anda yang menginginkan motor sport 150cc.

Namun, disisi lain juga ada kekurangan yang dapat Anda gunakan untuk mempertimbangkan dan menyakinkan Anda untuk membeli motor ini. Lalu, apa saja sih kekurangan & kelebihan dari motor yang satu ini?

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Kelebihan Suzuki GSX R150

Pertama kita akan bahas mengenai kelebihan dari Suzuki GSX R150. Ya, ada beberapa kelebihan yang menjadi keunggulan motor sport yang satu ini. Berikut adalah kelebihan dari Suzuki GSX R150.

Harga Suzuki GSX R150

Suzuki GSX R150
Suzuki GSX R150 (Sumber Gambar: Google)

Memiliki harga yang terjangkau tentu menjadi keunggulan dari motor yang satu ini. Motor sport yang satu ini memang memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan motor sport lainnya.

Motor yang satu ini dibandrol dengan harga Rp 30 jutaan saja loh. Ya, tentu ini sangat membantu bagi Anda yang ingin menggunakan motor sport namun terkendala budget. Suzuki yang satu ini dapat jadi pilihan yang tepat.

Saat keluar tahun 2017, strategi yang sangat jitu dari pabrikan suzuki untuk meraih perhatian masyarakat. Harga yang terjangkau di anggap sebagai kabar gembira bagi mereka yang ingin membeli motor sport 150cc namun terkendala budget yang minim atau terbatas.

Tapi yang perlu di ingat, walaupun harganya cukup terjangkau namun untuk urusan performa tidak semurah harganya. Jadi, jangan khawatirkan performa motor yang satu ini ya.

Performa Mesin

Keunggulan selanjutnya dari motor ini adalah performa mesinnya yang bertenaga. Bahkan keunggulan ini sering dijadikan alasan banyak orang membawa pulang motor ini yaitu performa mesin yang sangat gahar.

Mesinnya merupakan hasil pengembangan Suzuki Satria F150 FI. Jantung mekanisnya berkapasitas 147,3 cc DOHC 4-valve berpendingin cairan. Akan tetapi untuk kecepatan yang dihasilkan pada motor ini sangat luar biasa bahkan bisa mengalahkan kecepatan dari kedua rivalnya tersebut.

Perlu diketahui bahwa motor ini sanggup memuntahkan torsi puncak 14 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 19,17 PS pada 10.500 rpm. Sistem transmisinya menggunakan 6-percepatan manual. Kemampuan ini secara spesifikasi melebihi mesin CBR150R.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan Yamaha R15 terbaru, kalah. Sebenarnya wajar, mengingat pabrikan garpu tala memberi motornya dengan kapasitas mesin yang jauh lebih besar dari GSX-R150 yaitu 155,1 cc.

Fitur Keamanan

Kelebihan Suzuki GSX R150 yang siap ditawarkan ke konsumen yaitu penggunaan fitur yang lengkap. Smart Key System menjadi keunggulan fitur motor yang satu ini. Suzuki GSX R150 menjadi awal mula motor yang dilengkapi dengan fitur moderen ini.

Dengan adanya fitur ini akan memudahkan pemilik motor lebih mudah dan gampang saat mencari posisi motor ketika di parkirkan. Tinggal memencet tombol pada remot, maka lampu pada motor ini akan menyala yang disertai dengan bunyi alarm. Jadi sangat berguna untuk mencari kendaraan di parkiran yang luas.

Selain itu, Smart key system memastikan fungsi anak kunci digantikan remote. Jika Anda ingin mengaktifkan mesin, remote tidak perlu keluar dari saku celana. Cukup tunggangi kendaraan, kemudian tekan dan putar kenop yang ada di ujung tangki bensin.

Suzuki GSX R150
Suzuki GSX R150 (Sumber Gambar: Google)

Varian Warna Banyak

Keunggulan lain dari Suzuki GSX R150 adalah tersedia dalm banyak varian warna. Sehingga, Anda dapat memilih varian warna yang Anda sukai atau sesuai dengan kepribadian Anda. Wah, bisa ibuat pusing ya kalau suka banyak warna?

Kekurangan Suzuki GSX R150

Setelah membahas sisi kelebihan, tentu saja motor ini memiliki sisi kekurangan juga. Ya, sisi kekurangan ini dapat Anda jadikan pertimbangan untuk memilih moor ini atau tidak. Apa saja kekurangan dari Suzuki GSX R150? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Minimnya Fitur Berkendara

Meskipun dilengkapi dnegan fitur kemanan yang terbaru, sayangnya kendaraan ini tidak dilengkapi dengan fitur berekendara yang memadai. Dimana fitur berkendara motor yang satu ini sangat biasa dan terlihat natural.

Padahal jika melihat Yamaha R15 dan Honda CBR 150R sudah dilengkapi dengan berbagai fitur berkendara yang mumpuni. Fitur yang dimaksud pada Yamaha R15 sudah adalah teknologi variable valve actuation (VVA) yang memungkinkan torsi dan tenaga maksimal terjaga di berbagai rentang rpm.

Kemudian di transmisinya ada assist & slipper clutch, yang berguna untuk memperhalus dan mempercepat perpindahan gigi. Selain itu dari sistem pencahayaan juga tidak semaksimal CBR 150R.

Dimana LED pada Suzuki GSX R150 hanya pada lampu depan, sementara kuda besi Honda menggunakan lampu LED di semua lampu. Semua itu diklaim membuat sistem kelistrikan lebih stabil dan juga menghasilkan pencahayaan lebih baik terutama saat berkendara di malam hari.

Tampilan Motor

Kekurangan selanjutnya adalah tampilannya. Ya, meskipun merupakan motor sport, namun motor yang satu ini diangap kalah gagah dan sporty. Ya, jika tampilan mungkin itu selera ya. Namun yang menjadi keluhan lainnya adalah kapasitas tangki bbm yang cukup kecil.

Dimana motor ini hanya dibekali tangki bbm 11 liter saja. Selain tampilan yang kurang keren dan tangki bbm yang kecil, Kekurangan Suzuki GSX R150 yang lainnya yaitu konsumsi bahan bakar yang sedikit boros jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Ya mungkin hal ini dikarenakan performa motor yang dihasilkan motor ini begitu besar sehingga dampaknya pada konsumsi bahan bakar yang sedikit boros walaupun sistem bahan bakar pada motor ini sudah dilengkapi dengan teknologi Fuel Injection.

Suzuki GSX R150
Suzuki GSX R150 (Sumber Gambar: Google)

Layanan Purna Jual Kurang Maksimal

Kekurangan yang terakhir adalah layanan purna jual yang kurang maksimal. Hal ini karena jumlah bengkel Suzuki tidak banyak. Sehingga, hal ini menjadi lebih sulit. Apalagi jika dibandingkan dnegan bengkel milik Honda dan Yamaha.

Itulah 4 kelbihan dan 3 kekurangan dari motor Suzuki GSX R150. Jadi, apakah Anda tertarik memiliki motor sport keluaran 2017 ini?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.