Skip to content

Suzuki GSX-R150: Apa Yang Menarik Dari Motor Sport Ini?

Sama dengan produsen motor lain, Suzuki juga mengeluarkan versi motor sport mereka. Ya, motor tersebut adalah Suzuki GSX-R150. Suzuki GSX-R150 merupakan motor sport dari Suzuki yang diprediksi dapat membangkitkan lagi nama produsen ini di pasaran motor.

Suzuki GSX-R150 merupakan motor sport di kelas 150 cc. Tentu saja motor yang satu ini memiliki banyak keunggulan yang dapat Anda pertimbangkan. Dimana keunggulannya tersebut juga dapat bersaing dengan motor sport dikelas yang sama.

Pesaing motor ini adalah Honda CBR150R, Yamaha YZF-R15. Dimana kedua motor tersebut juga sama- sama populer di pasaran. Namun tentu saja masing- masing mempunyai daya tariknya tersendiri.

Fakta Menarik Suzuki GSX-R150

Bagi Anda yang sedang ini membeli motor sport, tidak ada salahnya memilih Suzuki GSX-R150 sebagai kendaraan Anda. Sebab, motor sport yang satu ini dibekali dengan banyak kelebihan yang menarik.

Bahkan ada beberapa keunggulan yang di miliki oleh motor ini jika dibanding dengan pesainggnya. Nah, mari kita kupas tuntas mengenai fakta menarik dari motor sport terbaru Suzuki ini.

Jadi, berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai Suzuki GSX-R150 yang perlu Anda ketahui. Selamat membaca!

Baca Juga: Kerusakan Komponen Mobil Yang Membuat Boros Bahan Bakar

Memiliki Fitur Khusus

Keunggulan dari motor Suzuki GSX-R150 adalah adanya fitur khusus yang ada pada motor ini. Jadi, motor sport yang satu ini hadir dengan membawa sederet fitur menarik. Salah satunya Suzuki Easy Start System atau yang dikenal juga dengan sebutan One Push Starter.

Suzuki GSX-R150
Suzuki GSX-R150 (Sumber Gambar: Google)

Fungsi fitur ini memudahkan pengendara ketika menyalakan mesin motor. Hanya cukup memencet tombol starter, maka mesin akan langsung menyala. Keyless Ignition Key. Sehingga dengan adanya fitur ini membuat pemilik tidak harus memasang kunci pada rumah kunci seperti motor lain.

Selain itu, motor ini pun dilengkapi dengan Keyless Ignition Key, yang memudahkan saat menghidupkan motor. Selain itu, teknologi ini pun bisa digunakan sebagai alarm answer-back dan immobilizer. Teknologi keyless Ignition Key berfungsi sebagai remote.

Cara kerjanya cukup mudah, pemilik motor hanya perlu memutar pada bagian kontak, maka mesin akan menyala jika remote berada di dekat motor. Selain itu, remote ini juga berfungsi sebagai alarm answer-back dan immobilizer.

Bobot Motor Ringan

Keunggulan lain dari motor ini yang lain adalah bobotnya yang ringan. Sehingga, jika Anda pertama kali menggunakan motor sport maka tidak akan merasa kesulitan. Sebab bobotnya ringan sehingga tidak akan begitu menyusahkan.

Motor ini punya jok rendah dan bobot ringan. Jok GSX-R150 memiliki tinggi cuma 785 mm. Paling rendah dibanding kompetitor. Yamaha R15 misalnya, memiliki jok yang tertinggi dengan spesifikasi 815 mm. Kemudian Honda CBR150R, tinggi joknya 787 mm.

Dengan jok yang rendah, pemilik tinggi badan 168 cm tidak bakal jinjit. Selain itu, bobotnya juga paling ringan dibanding kompetitor. GSX-R150 punya berat cuma 131 Kg. Bobot ringan tentu membuat pengendara lebih mudah dalam mengendalikan motor.

Menariknya, Suzuki GSX-R150 pun dilengkapi dengan radiator yang lebih besar, dan bobot yang sangat ringan, hanya sekitar 126 kg. Lagi-lagi, bobot ini jauh lebih ringan ketimbang pesaingnya yang memiliki bobot sekitar 135 kg dan 136 kg.

Sehingga, jika dibandingkan pesaingnya, Suzuki GSX-R150 jauh lebih bertenaga. Motor ini sanggup menyemburkan tenaga hingga 19.17 Hp, sementara para pesaingnya hanya mampu mencatatkan tenaga sekitar 16-17 Hp saja.

Spakbor Dapat di Ubah

Keunggulan lain dari Suzuki GSX-R150 adalah spakbor yang dapat diubah. Jadi, untuk tampilan spakbor belakang Suzuki GSX-R150 bisa diubah menjadi panjang, pendek atau tanpa spakbor belakang.

Jadi, jika ini lebih terlihat semakin nungging nan seksi dan memberikan tampilan full racing, tinggal copot semua spakbor belakang. Risikonya, lampu sein standar hilang dan harus membuat lubang buat pasang sein agar tetap aman. Jika dilepas, tentunya cipratan air hujan dan lumpur lebih mudah terkena punggung.

Suzuki GSX-R150
Suzuki GSX-R150 (Sumber Gambar: Google)

Untuk membuat spakbor pendek, cukup dengan memendekkan sepatbor belakangnya, tanpa perlu memotong. Sebaliknya, cukup menggunakan obeng untuk melepas sebagian baut di tengah dan bawah sampai spakbor panjangnya terlepas.

Harganya Yang Murah

Harganya yang murah juga menjadi keunggulan dari motor sport Suzuki ini. Dengan berbagai kelbihan yang dimilikinya ditmbaha harganya yang lebih trejangkau dari pesaingnya, tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri, bukan?

Suzuki GSX-R150 Tersedia tiga pilihan varian: Shuttered key, keyless ignition system, dan ABS. Harga GSX-R150 Shuttered Key Rp30,6 juta (OTR Jakarta), keyless Rp31,6 juta (OTR Jakarta), dan ABS Rp34,6 juta (OTR Jakarta).

Banderol tersebut paling murah kalau melihat kompetitor. Sebut saja Honda CBR150R yang dijual mulai Rp35,3 – 40,2 juta (OTR Jakarta). Kemudian harga Yamaha R15 Rp36,08 – 37,685 juta (OTR Jakarta). Dengan segala kelebihan Suzuki GSX-R150 yang telah disebutkan, motor ini lebih menjadi istimewa karena dijual dengan harga sangat terjangkau.

Performa Mesin

Keunggulan yang selanjutnya dari motor ini adalah performa mesinnya yang tidak usah diragukan lagi. Dimana kuda besi ini memakai kubikasi 150 cc. Namun tenaganya sukses mengalahkan CBR150R dan hampir menyamai R15.

Suzuki GSX-R150: Apa Yang Menarik Dari Motor Sport Ini? 1
Suzuki GSX-R150 (Sumber Gambar: Google)

Di atas kertas, motor ini punya tenaga mencapai 18,9 hp pada 10.500 rpm. Coba bandingkan dengan CBR150R yang tenaganya hanya 16,8 hp pada 9.000 rpm. R15 memang lebih unggul lantaran bisa produksi 19,04 hp pada 10.000 rpm.

Lalu dari sisi torsi, GSX-R150 memang paling rendah, cuma 14 Nm pada 9.000 rpm. Namun gapnya tidak jauh dengan Honda CBR150 yang sanggup melontarkan torsi 14,4 Nm pada 7.000 rpm. Kemudian R15, punya torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Anda juga tidak boleh hilangkan fakta, bahwa GSX-R150 punya bobot paling ringan dibanding kompetitor, yaitu hanya 131 Kg.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Melewati Jalan Berlubang: Waspada Saat Berkendara!

Itulah keunggulan dari motor sport Suzuki GSX-R150 yang mungkin dapat menjadi pertimbangan Anda yang akan membeli motor sport. Bagi, pemula pengguna motor sport, motor ini akan snagat cocok untuk Anda.

Mengingat tinggi dan bobotnya yang ringan, jadi sebagai pemula Anda tidak akan terllau kesusahan mengemudikan motor yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.