Standar pada sepeda motor merupakan komponen yang memiliki fungsi yang penting. Ya, meskipun tanpa banyak perawatan atau bahkan diganti tapi keberadaannya tidak kalah penting jika dibandigkan dengan komponen lainnya pada sepeda motor.

Pasti para pemilik kendaraan sepeda motor juga paham jika ada dua standar dalam kendaraan ini. Apapun jenis sepeda motor, pasti dilengkapi dengan dua standar. Baik itu sepeda motor metik, sport, maupun skutik.

Kedua jenis standar pada sepeda motor sendiri memiliki fungsi yang sama. Lalu kenapa harus ada dua jika memiliki fungsi yang sama?

Pada artikel kali ini kita akan membehas mengenai jenis dan fungsi standar pada sepeda motor. Berikut ulasannya mengenai jenis dan fungsi standar pada sepeda motor.

Jenis Standar Pada Sepeda Motor

Seperti yang di informasikan apad artikel pembuka, bahawa apapun jenis motornya tentu akan dilegkapai dua standar. Dimana standar tersebut disebut dengan standar samping dan standar tengah.

Standar samping bentuknya hanya garis lurus, sedangkan untuk standar tengah pada sepeda motor memiliki bentuk hampir seperti huruf “A”. Selain itu, masih ada perbedaan penggunaan pada kedua jenis standar ini.

Perbedaan itu adalah penggunaan standar. Ya, ada waktu yang perlu Anda perhatikan untuk penggunaan standar ini.
Tampak sepele memang, tentang waktu penggunaan soal standar samping atau tengah pada sepeda motor. Tapi ternyata, jika timing menggunakannya kurang tepat, ada akibat yang harus ditanggung. Jadi, sebagai pemilik sepeda motor, Anda wajib tahu waktu dan kondisi, kapan harus pakai standar tengah, atau samping.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan standar samping dan sebaliknya? Apabila kondisi motor stelah digunakan untu menempuh perjalanan jauh atau dalam kondisi mesin panas, maka sangat disarankan untuk memakai standar tengah.

Selain itu, penggunaan standar tengah dianjurkan ketika Anda hendak parkir dalam waktu lama. Hal ini untuk menjaga posisi motor lebih stabil, terutama jika parkir di permukaan jalan yang tidak rata, menanjak atau menurun.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Jok Motor Agar Awet dan Tidak Kusam

Sebab dengan parkir menggunakan standar tengah motor akan lebih kokoh. Terutama saat parkir di tempat yang ramai. Hal ini mencegah apabila kita kesenggol sehingga tidak gampang jatuh. Memakai standar tengah juga dapat memperpanjang usia ban dan shockbreaker.

Sedangkan standar samping digunakan ketika sepeda motor tidak berhenti atau tidak untuk parkir selama berjam-jam atau dalam waktu yang lama. Alasannya, posisi parkir menggunakan standar samping sangat tidak stabil. Memang ada beberapa efek butuk yang dapat ditibulkan jika kita lebih sering menggunakan standar samping.

Dimana penggunaan standar samping dalam waktu lama punya efek buruk. Diantaranya berpengaruh pada engine mounting, perubahan bentuk rangka yang dapat dilihat dari kondisi spakbor dan ban belakang jadi tidak simetris.

Selain itu, terlalu sering menggunakan standar samping bisa membuat suspensi lebih cepat rusak. Karena bebannya hanya ditopang sebelah. Jadi, apakah standar samping tidak lebih baik daripada standar tengah?

Standar Pada Sepeda Motor
Standar Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Motor yang diparkir untuk waktu yang lama atau di atas 3 jam memang disarankan menggunakan standar tengah. Namun hal itu tidak berlaku untuk motor besar berkapasitas 250cc atau lebih. Karena standar samping yang digunakan motor berkapasitas besar tidak akan mempengaruhi kestabilan yang ada pada motor tersebut.

Untuk itu, standar tengah memang lebih diperuntukan untuk motor berkapasitas kecil sedangkan motor besar lebih sering menggunakan standar samping atau biasanya juga para biker motor besar dapat menggunakan paddock.

Banyak para pemilik kendaraan sepda motor mungkin mencari yang mudah atau simple dalam memarkirkan motor. Sehingga, masih banyak yang lebih sering menggunakan standar samping daipada standar tengah. Sebenarnya tidak masalah. Namun lebih baik lagi manfaatkan standar tengah untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan kemudian hari.

Memarkirkan sepeda motor dengan standar tengah memang cukup sulit dan memerlukan tenaga, terlebih bagi pengendara wanita. Namun untuk memperkecil resiko kerusakan sepeda motor, tidak ada salahnya penggunaan standar tengah saat parkir lebih diutamakan.

Fungsi Standar Pada Sepeda Motor

Setelah membahas mengenai jenis dan waktu yang etpat untuk menggunakan standar pada sepeda motor bagian samping maupun standar tengah pada sepeda motor. Maka selanjutnya kita mengenathui mengenai apa saja sih fungsi dai standar motor itu sendiri?

Adanya dua jenis tsnadar pada sepda motor sudah pasti jika keduanya mempunyai fungsi yang sedikit berbeda. Walaupun fungsi secara umum fungsi dari kedua jenis standar tersebut adalah untuk menahan atau menyanggah sepeda motor agar tetap berdiri.

Standar Pada Sepeda Motor
Standar Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa standar tengah lebih banyak memiliki kelebihan dibandingkan dengan standar samping. Apa saja fungsi dan manfaat dari standar tengah sehingga dapat dikatakan bahwa lebih baik dari standar smaping? Berikut adalah ulasannya.

Pertama, standar tengah dapat menigkatkan kestabilan motor saat diparkir lebih baik dan aman. Hal ini, karena motor ditopang oleh komponen yang lebih kuat. Sehingga, jika tersenggol tidak mudah roboh. Apalgi, jika tempat parkiran rami. Selain itu, apabila Saat diparkir dikeadaan jalan yang menanjak atau menurun pun tidak bergeser dan lebih kokoh. Jadi akan lebih baik dan aman buka?

Baca Juga: Tips & Trik: Berkendara Dengan Sepeda Motor Yang Aman dan Nyaman

Fungsi selnjutnyadari standar pada sepeda motor adalah motor yang diparkir dengan standar tengah tidak memakan banyak ruang. Biasanya yang sering memarkir motor di kawasan parkiran umum seperti di kampus/sekolah, mall, perkantoran maupun parkiran umum lain pasti lebih disarankan memarkir motor dengan standar tengah. Hal itu agar lahan parkir yang digunakan dapat memuat banyak motor dan lebih rapih.

Standar Pada Sepeda Motor
Standar Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Fungsi selnajutnya dari standar tengah adalah dimana oli pada motor akan lebih merata pelumasannya jika menggunakan standar tengah. Hal ini berbeda apabila kita menggunakan standar samping dalam waktu lama, oli hanya akan terkumpul disebelah kiri mesin dan bagian kanan tidak terlumasi secara sempurna.

Selain menjaga oli dan pelumas tetap rata, standar tengah pada sepeda motor juga dapat membuat shockbreaker lebih awet dan memperpanjang usia pada ban yang digunakan.

Yang terakhir, standar tengah speda motor akan memudahkan Anda saat mencuci motor. Saat mencuci motor, standar tengah sangat memberi kemudahan. Hampir seluruh bagian motor dapat dibersihkan. Namun standar samping juga mampu membantu saat ingin membersihkan bagian yang tidak terjangkau jika motor distandar tengah.

Itulah ulasan mengenai jenis dan fungsi stndar pada sepeda motor. Memang menggunakan standar tengah lebih merepotkan. Aplagi jika kita terburu- buru dan juga badan kita lebih kecil daripada sepda motor. Namun, banyak sekali manfaat untuk motor kita buka? Jadi, yok biasakan parkir dengan standar tengah pada sepeda motor, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *