Mengupas Lebih Dalam Eksotisnya Spesifikasi BMW i8 Roadster!

spesifikasi BMW i8 Roadster
BMW i8 Roadster 2019

Spesifikasi BMW i8 Roadster telah diperkenalkan ke publik 2 tahun lalu, Setelah resmi rilis setahun lalu sontak menyita banyak perhatian dari semua kalangan terutama mereka para kolektor BMW.

Spesifikasi paling mencolok dari BMW i8 Roadster ini adalah desain pintu gullwing dan soft-top. Atap kain yang dibuka dan ditutup secara electric ini bisa dilakukan dalam 15 detik hingga kecepatan 50 km/jam.

Eksotisnya Spesifikasi BMW i8 Roadster

Dilansir dari laman resminya, BMW mengatakan bahwa struktur serat karbon yang diperkuat (carbon-fibre-reinforced plastic / CRFP) untuk spesifikasi BMW i8 Roadster membuat soft-top dapat dirancang dengan lebar.

Desain ruang penyimpanan atap soft-top dibuat tegak lurus sehingga membutuhkan ruang yang sangat sedikit.

Untuk bobot BMW i8 Roadster yakni 1.595 kg atau lebih berat 60 kg dibandingkan versi sebelumnya. Hal ini berkat adanya pintu gullwing tanpa bingkai yang dibuat dari CFRP dengan bagian luar dari aluminium.

Selain itu penambahan berat mobil tersebut juga karena bingkai kaca depan seluruhnya juga terbuat dari CFRP sehingga berkontribusi pada berat mobil.

Membuka atap akan mengangkat jendela belakang secara otomatis sekitar 30 mm. Hal ini memungkinkan untuk mengurangi turbulensi udara di dalam kabin.

Pengemudi dapat mengatur ketinggian jendela belakang dengan satu sentuhan tombol sehingga bisa mengendalikan dampak udara yang mengalir ke dalam kabin.

Pilar C BMW i8 Roadster memiliki tulisan “Roadster”. Logo serupa bisa ditemukan di bagian belakang sedangkan model Coupe mendapatkan tulisan “Coupe” di tempat yang sama.

Highlight model ini antara lain pintu gullwing, bonnet rendah, hampir sepenuhnya terlepas dari kidney grille khas BMW, sistem pengatur flap udara.

Pada sisi bawah bodi mobil yang tertutup terdapat side skirt, garis “nuansa aliran arus” di sisi panggul, dan saluran udara di antara bagian belakang lampu dan rangka atap.

Hadir dengan dua warna baru yaitu E-Copper metallic dan dan Donington Grey metallic. Keduanya digabung dengan aksen di Frozen Grey metallic.

Pada Kaki kaki nya BMW Roadster i8 menggunakan velg 20 inci dengan desain double-spoke eksklusif. Berat setiap velgnya sekitar satu kg lebih ringan dari velg i8 generasi sebelumnya.

spesifikasi BMW i8 Roadster
Sistem Kemudi BMW i8 Roadster

Sistem kendali pada Spesifikasi BMW i8 Roadster menggunakan eDrive powertrain yang telah dioptimalkan.

Motor listrik bertanggung jawab penuh untuk menyalakan mobil dan telah meningkat secara signifikan.

Sebaliknya, mesin konvensional lebih banyak berfungsi saat melaju dengan kencang.

Baterai lithium-ion sudah ditingkatkan kemampuannya. Kapasitas energi baterai naik dari 7,11 menjadi 11,6 kWh (kapasitas energi bersih 9,4 kWh).

Plus, konfigurasi sel memungkinkan kenaikan 12 hp pada output puncak menjadi 143 hp (torsi tetap pada 250 Nm dari posisi diam).

Dengan penggunaan jenis baterai baru ini sanggup mengantar BMW Roadster i8 melakukan perjalanan 53 km dengan nol emisi. Dengan eDrive memungkinkan penggerak listrik murni hingga 120 km/jam.

Penerapan mesin TwinPower Turbo 1.5 liter 3 silinder tetap menghasilkan tenaga 231 hp dan torsi yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis enam percepatan.

Sementara pada spesifikasi BMW i8 Roadster ini motor listrik menggerakkan roda depan melalui kotak otomatis dua percepatan.

Konsumsi bahan bakar gabungan untuk spesifikasi BMW i8 Roadster adalah 2,1 liter per 100 km, atau 1,9 liter per 100 km untuk Coupe.

Sedangkan output sistem gabungan tersebut menjadi 374 hp, dan 0-100 km / jam membutuhkan waktu 4,4 detik di Coupe dan 4,6 detik untuk spesifikasi BMW i8 Roadster.

Fitur standar meliputi Navigation system Professional, BMW Display Key dan Driving Assistant seperti Surround View.

Opsional termasuk BMW Head Up Display, non-dazzling BMW Laserlight with BMW Selective Beam, dan acoustic pedestrian warning.

ConnectedDrive Services menjadi fitur standar. Rencananya BMW i8 Roadster akan dipasarkan pada Mei 2018 mendatang.

Spesifikasi BMW i8 Roadster secara umum menonjolkan desain sportscar yang tidak hanya kental dengan estetika masa depan, tetapi juga mampu menampung angka-angka teknis aerodinamika.

Pada spesifikasi BMW i8 Roadster sendiri bonnetnya tampak lebih rendah dengan grille kidney yang secara penuh berfungsi sebagai air flow.

Fascia depannya lebih tertutup tanpa kisi-kisi krom di sekitarnya sehingga headlight LED terlihat lebih menonjol.

BMW i8 Roadster juga dibekali atap soft-top yang buka/tutup secara elektrik hanya dalam 15 detik, meskipun saat berkendara pada kecepatan 50 km/jam.

Saat dibuka, Kaki-kakinya dipercantik dengan velg 20 inci double-spoke dengan pilihan ukuran ban yang beragam. BMW i8 Roadster masih memiliki banyak kesamaan dengan desain eksterior dari i8 Coupe 2019.

BMW i8 Roadster juga dibekali material berkualitas tinggi dan ringan. Salah satunya penggunaan CRFP (Carbon fiber reinforced polymer) yang menjadi cangkang dari ruang interiornya.

Belum lagi material all-season fabric digunakan untuk membungkus interior dan atap soft-top. BMW mengklaim kabin i8 Roadster tetap senyap.

Bagian lainnya pun mengadopsi desain interior i8 Coupe, yakni tema Carpo yang terdiri dari material kulit berkelir Ivory di sekujur jok dan kemudi roda yang bertabur pengaturan fitur.

Di spesifikasi BMW i8 Roadster kini dibekali dengan fitur standar seperti Navigation Professional dan driving assistance seperti surround view, cruise control.

Terdapat juga fitur Collision and Pedestrian Warning with City Braking, Park Distance Control dan seluruhnya tampak pada layar 8,8 inci di tengah dashboard.

Pada fitur hiburan BMW i8 Roadster menerapkan sistem modern yang dapat dikontrol dari konsol tengah dan dibekali dengan audio Harman Kardon membuat perjalanan anda tidak membosankan.

Sedangkan spesikasi BMW i8 Roadster pada bagian mesin masih mempercayakan mesin bensin 3-silinder 1.5-liter turbocharged dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 374 hp.

Dan ketika diajak melaju cepat mobil ini mampu melesat hingga 0-100 km/jam dalam hitungan 4,6 detik saja dan memiliki kecepatan maksimal 250 km/jam.

Tenaga tersebut secara otomatis menggerakan keempat rodanya secara konstan melalui transmisi otomatis 6-kecepatan pada mesin bensinnya dan 2-kecepatan pada motor listriknya. Dengan paket menariknya, Spesifikasi BMW i8 Roadster ini bisa menjadi pilihan baru bagi konsumen sportscar 2019.

Spesifikasi BMW i8 Roadster 2019

spesifikasi BMW i8 Roadster

Layout Kendaraan: Sportscar, Mesin tengah, 2-pintu, 2+2, AWD

Mesin: 3-silinder 1,5-liter Turbocharged, 231 hp / 320 Nm; Mesin Listrik 9,4 kWh / 143 hp/ 250 Nm

Transmisi: A/T 6-kecepatan (mesin bensin); A/T 2-kecepatan (mesin listrik)

Bobot Kosong: 1595 kg

Wheelbase: 2800 mm

P x L x T: 4689 x 1942 x 1298 mm

Kapasitas Tangki: 42 liter

Rekomendasi BBM: Ron 100

Demikian tadi ulasan tentang spesifikasi BMW i8 Roadster yang bisa kami hadirkan untuk anda.

“Baca Juga : Eksterior BMW i8 Roadster Tampil Full Futuristik!

Semoga ulasan tadi dapat menjadi acuan bagi anda yang sedang mencari info terkait spesifikasi BMW i8 Roadster. Semoga Bermanfaat. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.