Sepeda motor merupakan kendaraan yang hampt dimiliki oleh semua orang. Harganya yang lumayan terjangkau ditambah sistem pembayaran dengan cara kredit yang tersedia menjadikan tambah menjamurnya kendaraan yang satu ini di jalan raya.

Apabila Anda sudah memiliknya, maka Anda tidak boleh melupakan perawatnnya, ya. Sebab, ada beberapa sperpart motor yang sering rusak. Sehingga, mau tidak mau Anda harus memberikannya perawatan khusus. Ya, terutama servis berkala dan rutin.

Meskipun yang namanya buatan manusia pasti akan mengalami keruskan, namun dengan melakukan perawatan akan memberikan dampak umur prima kendaraan yang seharusnya. Terutama, untuk sperpart motor yang sering rusak ini.

Baca Juga: Mengganti Gear Depan Supra x 125, Begini Cara Mudahnya!

Sebab, jika ada salah satu saja seprpart yang sering rusak maka jelas akan berpengaruh pada performa motor Anda. Sehingga, Anda harus rutin melakukan perawatan terutama untuk sperpart motor yang sering rusak.

Tidak ada salahnya jika Anda memerhatikan dengan baik seperpart motor yang mudah rusak supaya tunggangan Anda awet. Jika motor awet, tidak sering rusak, dan bisa melaju dengan mantap di jalan raya maka Anda pun akan merasa aman dan nyaman dalam mengendarainya.

Apa saja sih seprpart motor yang sering rusak? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Sperpart Motor Yang Sering Rusak: Aki

Sperpart motor yang sering rusak adalah aki. Ya, salah satu yang menyebabkan aki mudah rusak adalah kelebihan beban listrik. Selain itu ketinggian air aki yang menyebakna aki basah juga menjadi salah satu pemivunya,loh.

Ada hal menarik, bahwa perlu Anda ketahui jika aki motor jaman sekarang malah memiliki usia hidup yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan aki motor jaman dulu.

Sperpart Motor Yang Sering Rusak
Sperpart Motor Yang Sering Rusak (Sumber Gambar: Google)

Agar aki tidak cepat rusak atau tekor, Anda bisa mengurangi beban kelistrikan di motor. Ya, cara dengan mengurangi beban kelistrikan adalh cara yang mahal. Dimana, sistem kelistrikan motor diubah menjadi sistem fullwave sehingga pengisian ke aki menjadi lebih besar dan aki pun tidak cepat rusak.

Jika Anda tidak paham sistem ini, Anda bisa bertanya kepada bengkel motor kepercayaan Anda. Atau Anda bisa beralih ke aki kering supaya tak repot memeriksa air aki lagi.

Sperpart Motor Yang Sering Rusak: Busi

Busi menjadi sperpart motor yang sering rusak berikutnya. Ya, sperpart yang munggil ini memiliki banyak faktor yang membuatnya mudah rusak. Misalnya, terkena air banjir, lalu oli mesin yang naik ke ruang pembakaran.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa busi akan mudah rusak dan mati akibat terkena cairan. Selain itu, penyebab busi mudah rusak yang laian adalah usia busi yang waktunya diganti. Namun yang paling sering adalah karena ada cairan yang menyelip pada rongga busi. Busi yang basah tentu saja tidak akan bisa memercikan bunga api sehingga motor tidak akan bisa menyala.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan busi mudah rusak adalah banyak dari kita yang menggunakan tipe busi yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik. Ya, hal ini juga ternyata dapat berpengaruh pada umur busi, ya. Untuk itu selalu gunakan tipe busi sesuai dengan rekomendasi pabrik dan lakukan pengecekan pada busi secara rutin.

Banyaknya faktor yang menjadi penyebab rusaknya busi, juga membuat kita mudah mengenali jika busi mengalami kerusakan. Selain itu, Anda mudah mengenali jika busi rusak atau aus. Busi yang ryusak akan terlihat dari bentuk kepalanya yang sudah rusak atau bisa juga renggang. Jika busi motor Anda mengalami hal ini, cepat-cepatlah menggantinya supaya motor Anda tidak bisa melaju.

Sperpart Motor Yang Sering Rusak
Sperpart Motor Yang Sering Rusak (Sumber Gambar: Google)

Sperpart Motor Yang Sering Rusak: Kampas Rem

Sperpart motor yang sering rusak selanjutnya adalah kampas rem. Rem ini pasti akan sering digunakan ketika sepeda motor digunakan. Untuk itu, kemungkinan kampas rem mengalami aus sangatlah mungkin. Sehingga, sangat maklum jika usia dari kampas rem sangat singkat.

Namun, apakah tidak ada usaha yang dapat kita lakukan untuk kampas rem ini? Tentu saja ada. Gunakanlah kampas rem berkualitas dan selalu cek kampas rem pada sepeda motor kesayangan anda untuk mengetahui jika ada kerusakan pada bagian ini.

Gunakan juga yang orisinal supaya Anda tidak terlalu cepat menggantinya karena produk yang tidak asli bisa lebih cepat rusak. Perhatikan pula setelan kampas rem sepeda motor anda, jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor agar masa pakai kampas rem menjadi lebih lama dan tidak membahayakan pengendara.

Sperpart Motor Yang Sering Rusak: Laher

Laher adalah sperpart motor yang berfungsi untuk menjaga kesimbangan roda motor. Sperpart yang satu ini juga mudah mengalami kerusakan. Ya, sama seprti kampas rem, sperpart yang satu ini juga sangat besar mengalami aus.

Sehingga hal ini akan bepengaruh kepada roda motor menjadi bergoyang-goyang dan tidak bisa seimbang. Salah satu penyebab laher aus adalah karena jalanan yang berlubang. Apalagi saat kita sedang ngebut di jalan raya tiba-tiba terkena jalanan yang rusak, tentu saja bola-bola pada laher bisa hancur.

Sperpart Motor Yang Sering Rusak
Sperpart Motor Yang Sering Rusak (Sumber Gambar: Google)

Sperpart Motor Yang Sering Rusak: Bohlam

Bohlam juga mejadi sperpart motor yang sering rusak. Ya, hati- hati jika bohlam rysak, hal ini tidak hanya mengganggu pencahayaan Anda namun juga komunikasi dengan pengendara lain akan terganggu. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa salah satu cara berkomunikasi dengan pengendara lain adalah menggunakan lampu.

Jadi, bohla merupakan hal yang penting. Sebab bohlam merupakan penghasil cahaya yang membuat motor Anda bisa leluasa bergerak di malam hari karena tidak kegelapan. Bohlam lampu utama, sen, rem, dan spedometer mudah sekali putus.

Penyebab bohlam putus bisa karena kualitas bohlamnya yang kurang bagus atau karena sistem kelistrikan motor Anda yang sedang bermasalah. Oleh karena itu, periksalah penyebab bohlam Anda putus sehingga Anda bisa cepat dan tepat melakukan perbaikan. Anda bisa mengganti bohlam wolfram standar dengan bohlam LED yang lebih panjang umur.

Baca Juga: Busi Mobil: Megetahui Jenis, Fungsi, & Cara Memilih

Itulah, sperpart motor yang sering rusak. Dikarenakan fungsinya yang penting, jadi segera lakukanlah tindakan jika mengetahui ada kerusakan. Masih ada beberapa sperpart motor yang juga dianggap sering rusak. Misalnya rantai dan gear, selain itu ban motor juga terasuk.

Sehingga ketika kita memutuskan untuk membeli kendaraan, maka kita juga harus siap memiliki anggaran untuk mmebayar pajak dan juga perawatannya. Sehingga, Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *