Solusi Komputer Lemot Windows 7 Paling Mudah dan Efektif

Windows 7 salah satu versi windows paling banyak penggunanya setelah windows XP. Bahkan sampai update nya sudah ditiadakan, pengguna windows versi ini tetap banyak.

Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit sharing tentang solusi komputer lemot pada windows 7 yang paling mudah dan efektif. Simak terus ya..!

solusi komputer lemot

Solusi Komputer Lemot Pada Windows 7

Membicarakan tentang solusi komputer lemot tentu awalnya anda harus mengetahui penyebab dari munculnya masalah tersebut. Dari berbagai masalah yang timbul pada sistem operasi windows 7 ini, seringnya pada software yang sudah anda install.

Mulai dari registry yang hilang sampai pada tidak berjalannya software yang anda install tersebut. Tentunya jika hal ini sering terjadi akan menunda pekerjaan yang memang sudah seharusnya terselesaikan.

Maka dari itu kenali dulu penyebabnya, baru kita bicara tentang solusi komputer lemot nya.

Penyebab Komputer Lemot

Apa saja sih masalah yang sering jadi penyebab dan bagaimana solusi komputer lemot yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya?

1. Aplikasi & Kapasitas RAM

Banyaknya aplikasi yang berjalan dan kurangnya kapasitas RAM (Random Access Memory) pada komputer sangat berpengaruh pada kinerja sistem operasi windows 7. RAM sendiri adalah suatu media tempat penyimpanan sementara sebelum dilimpahkan ke hard drive.

Ketika jumlah kapasitas dari RAM dan media penyimpanan sangat terbatas maka yang akan terjadi adalah lambatnya proses kerja dari System operasi dan aplikasi yang sedang berjalan tersebut.

Proses penyimpanan data yang dilakukan RAM ini disebut Swapping File, jika saat swapping file terjadi lonjakan data yang cukup tinggi sementara kapasitas tidak mencukupi maka terjadi freeze alias hang sistem.

2. Harddisk Defragmenter

Utility ini sangat membantu anda untuk menata ulang data data anda yang tercecer pada setiap drive partisi harddisk anda.

Logikanya begini, harddisk kita umpamakan sebagai lemari baju anda, nah jika lemari baju anda rapi tentunya ketika anda mencari baju yang anda inginkan akan lebih mudah ditemukan ketimbang jika lemari baju anda kondisi berantakan.

Harddisk defragment berfungsi merapikan semua data yang anda simpan agar ketika anda mencari atau akan membuka data tersebut jadi lebih mudah dan cepat pada prosesnya.

3. Registry

Setiap bagian dari yang sudah terinstal atau disimpan pada komputer mempunyai registry windows. Fungsinya agar menjadi mudah ketika windows melakukan identifikasi pada data yang akan kita buka kembali.

Namun hal ini juga dapat memunculkan masalah komputer menjadi lemot, terutama ketika registry yang dipakai sudah usang, atau registri software yang kita uninstal belum hilang lalu kita instal lagi software yang sama seperti yang dihapus.

Masalah yang muncul biasanya terjadi crash data atau saling bertubrukannya registry yang lama dengan yang baru. Hal ini menimbulkan lambannya komputer membaca data yang kita inginkan.

4. Minimnya Ruang Penyimpanan

Minimnya space pada harddisk turut menyumbang lemotnya proses komputer ketika anda jalankan. Harddisk yang terlalu penuh memang dapat menjadikan proses komputer menjadi lemot karena tidak ada ruang bagi data untuk bergerak ketika anda membukanya.

5. Virus.

Virus termasuk penyumbang terbesar munculnya berbagai masalah pada kinerja komputer termasuk komputer yang berjalan lamban saat anda mengggunakannya.

Program jahat ini bekerja dengan cara menyisip, menggandakan diri, kemudian membuat penuh ruang penyimpanan. Saat ruang penuh secara otomatis komputer menjadi lemot saat membuka file.

Solusi Komputer Lemot

Setelah anda mengetahui 5 hal yang sering membuat komputer menjadi lambat, berikut ini beberapa solusi komputer lemot yang dapat anda lakukan.

1. Mempartisi harddisk untuk system dan data

Solusi komputer lemot yang ini adalah membagi harddisk untuk memisahkan antara system dan data. Saat anda membeli komputer baru maka harddisk masih dalam kondisi default yakni 1 partisi.

Untuk membaginya anda memerlukan aplikasi tambahan atau bisa juga melalui cara berikut ini :

Klik tombol start >> pada kolom search ketik Disk management >> lalu akan muncul opsi “create and format harddisk partition” >> klik opsi tersebut >> lalu muncul menu Disk Management >> Lalu silahkan pilih harddisk anda pada list yang tertera untuk kemudian anda partisi sesuai keinginan.

2. Harddisk Defragment

Pada windows 7 secara default systemnya harddisk akan terdefragment secara otomatis ketika anda sudah mengaktifkan pengaturan tersebut.

Cara mengaktifkannya : Klik tombol start >> Accesories >> System Tools >> Disk Defragment >> Lalu pilih Defragment Disk.

3. Upgrade Kapasitas RAM

Untuk komputer menambah kapasitas RAM termasuk mudah untuk dilakukan, yang perlu diperhatikan adalah versi DDR dari RAM yang akan anda upgrade tersebut.

Versi DDR RAM ada banyak, jika anda salah memilih maka yang akan terjadi adalah tidak berfungsinya komputer, bahkan bisa terjadi konsleting jika hal itu anda indahkan begitu saja.

Untuk cek versi DDR RAM biasanya terdapat pada sticker yang menempel pada RAM komputer anda tersebut.

4. Hapus Program Dengan Tuntas

Menghapus program yang kurang penting dapat menambah space harddisk anda menjadi lebih luas untuk penyimpanan.

Saat harddisk anda masih mempunyai ruang penyimpanan yang cukup besar maka proses berjalannya system komputer pun akan lebih cepat dan leluasa.

Untuk menghapus program secara tuntas sebaiknya dilakukan melalui control panel kemudian klik icon Program/ Uninstall Program lalu setelah masuk ke menunya silahkan anda pilih program mana yang akan anda hapus dari komputer

5. Seleksi Program yang Muncul pada Startup

Solusi komputer lemot yang ini adalah menyeleksi program yang biasanya muncul bersamaan ketika anda menghidupkan komputer.

Saat komputer dihidupkan biasanya akan muncul berbagai macam startup dari program yang anda instal sebelumnya, jika terlalu banyak yang muncul hal ini akan mengurangi kecepatan proses startup komputer anda.

Cara seleksinya silahkan bisa anda simak secara lengkap pada link artikel berikut ini.

6. Proteksi Komputer dari Serangan Virus

Melindungi komputer dari serangan virus merupakan kewajiban bagi penggunanya, karena tanpa proteksi yang baik data anda akan mudah rusak dan tidak dapat diakses lagi.

Gunakan anti virus yang handal namun ringan penyimpanannya, karena kebanyakan anti virus yang beredar ketika sudah terinstal mempunyai ukuran yang lumayan besar pada ruang penyimpanan.

Instal anti virus cukup satu saja jangan terlalu banyak, bukan aman yang didapat malahan komputer lemot yang anda dapat ketika menginstal lebih dari satu anti virus.

7. Rutin Merawat Hardware

Merawat hardware pada komputer cukup mudah karena yang dibutuhkan hanya kuas kecil. Bersihkan secara rutin debu dan kotoran masuk ke CPU anda menggunakan kuas kecil tersebut.

Jika mampu, buka kipas prosessor kemudian anda bersihkan dari debu dan ganti thermal paste prosesornya. Dengan anda rutin melakukan hal ini komputer yang lemot akan menjadi normal kembali kecepatannya.

Demikian uraian tentang solusi komputer lemot paling mudah dan efisien. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang cara merawat komputer dengan baik. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.