Sistem operasi (operating system/ OS) merupakan bagian komputer berupa perangkat lunak pada sistem yang mengelola sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak.

Setiap komputer, baik itu PC ataupun laptop bahkan smartphone pasti menggunakan sistem operasi untuk menjalankannya. Sehingga sistem operasi ini memegang peran penting dalam siklus hidup komputer.

Terlepas dari perannya yang sangat penting, apakah Anda sudah memahami sistem operasi komputer yang saat ini Anda gunakan dengan baik? Sebenarnya sistem operasi komputer itu ada apa aja sih? Untuk menjawab hal itu, sebaiknya mari kita simak pembahasannya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Fungsi dan Peran Sistem Operasi Komputer

Pada dasarnya ada beberapa fungsi dan peran sentral dari Sistem Operasi pada komputer atau perangkat sejenisnya, yaitu:

sistem operasi komputer pixabay.com.jpg4.jpg
ilustrasi Sistem Operasi komputer – Sumber: pixabay.com

1. Menjalankan Operasi Dasar

Sistem operasi berperan dalam mengelola memori dan proses komputer, serta semua perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Mengatur bagaimana data di proses, disajikan, kemudian disimpan. Inilah yang disebut dengan fungsi operasi dasar.

2. Menghubungkan Hardware

Sistem operasi berperan dalam mengoordinasikan semua perangkat yang saling terhubung pada komputer dalam waktu yang bersamaan, seperti penyimpanan internal, mouse, speaker, dan CPU.

Dalam hal ini sistem operasi berperan sebagai jembatan yang menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak. Kemudian pada gilirannya akan menjalankan operasi dasar komputer.

3. Mengelola Seluruh Program

Pada suatu komputer pasti memiliki beragam program aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut tersimpan dalam memori penyimpanan internal. Untuk menggunakannya, aplikasi tersebut harus berada dalam sebuah sistem operasi. Di sinilah sistem operasi komputer berfungsi untuk memastikan setiap program mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

4. Menyajikan Sebuah Tampilan

Pada dasarnya bahasa pemrogram berbasis bilangan biner 0 dan 1. Untuk memudahkan pengguna, sistem operasi komputer akan berperan sebagai penerjemah bahasa pemrograman dalam bentuk grafis dan teks. Sehingga pengguna aplikasi dapat dengan mudah mengoperasikan program aplikasi tersebut.

5. Mengoptimalkan Fungsi Komputer

Menjadikan komputer memiliki kinerja optimal juga bagian dari fungsi utama sistem operasi ini. Tanpa adanya sistem operasi, pengguna hanya dapat menjalankan program booting. Sisanya untuk program aplikasi pada komputer kemungkinan besar tidak dapat dijalankan.

Baca juga: Masalah pada Jaringan Komputer Lengkap Dengan Solusi mengatasinya

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi yang paling populer dan banyak dipakai memang Windows, namun tahukah Anda bahwa ternyata ada OS lain yang juga populer.

1. Windows

Windows merupakan salah satu sistem operasi komputer yang diciptakan oleh Microsoft pada pertengahan 1980-an. Microsoft semakin menjadi-jadi populeritasnya ketika produk microsoft office nya disambut baik oleh user / pengguna. Produk tersebut diantaranya Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Power Point, One Note, Outlook dan lain sebagainya.

Hingga kini, windows telah memiliki beragam versi yang berbeda. Empat versi terbaru diantaranya adalah Windows Vista (2007), Windows 7 (2009), Windows 8 (2012), dan Windows 10 (2015).

Windows sendiri menjadi sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan dan populer di dunia. Dalam hal ini Windows menjadi perangkat lunak operasi yang mendorong sistem komputasi di seluruh dunia. Wajar jika hal ini terjadi karena memang Windows dikembangkan dengan sistem yang ramah pengguna.

Pada versi terbarunya, Windows memiliki lebih banyak fitur keamanan bawaan untuk menjaga data Anda. Seperti penggunaan teknologi otentikasi multi faktor untuk keamanan yang lebih canggih, diantaranya PIN dan pengenalan sidik jari. Adanya fitur task view memungkinkan pengguna beralih antara beberapa ruang kerja sekaligus secara cepat.

2. Linux

sistem operasi komputer pixabay.com.jpg4.jpg
Sumber: pixabay.com

Linux hadir pada tahun 1991 yang diperkenalkan oleh Linus Torvalds. Sistem operasi pada Linux berbeda dengan Windows, dimana dia bersifat open-source. Siapa pun dapat memodifikasi, menggunakan, dan mendistribusikannya. Terlebih lagi ada banyak versi yang dapat dipilih secara gratis.

Pengguna sistem operasi komputer jenis Linux ini kebanyakan adalah orang-orang yang paham dengan baik terhadap sistem komputer. Meskipun secara personal sistem ini sedikit penggunanya, namun sebagian besar server memilih menjalankan Linux karena relatif mudah untuk dikustomisasi.

Umumnya mereka adalah organisasi dan sebagian para programmer dan hacker. Tidak jarang mereka akan memasang konfigurasi sendiri untuk membangun sistemnya.

Salah satu sistem operasi komputer berbasis Linux adalah Ubuntu. Ubuntu sendiri terbilang ramah pengguna karena paling aman dari ancaman virus. Biasanya patch keamanan pada sistem ini tersedia dalam kurun waktu lima tahun, kemudian akan diperbaharui. Ubuntu diterjemahkan ke dalam 50 bahasa yang berbeda. Sehingga lebih mudah dan kompatibel dengan semua laptop, desktop, dan perangkat layar sentuh terbaru.

Selain Ubuntu, Linux memiliki beberapa macam sistem operasi komputer seperti Fedora, Backtrack, Mandriva, Slackware, Debian, CentOS yang masing-masing hadir dengan keunggulan dan ciri khasnya.

Salah satu keunggulan utama Linux adalah perkembangan sistemnya sangat cepat. Hal ini tidak lain karena sifatnya yang open source sehingga dikembangkan oleh banyak orang secara gratis tanpa biaya lisensi.

3. Mac OS

Macintosh Operating System yang lebih akrab dengan sebutan Mac OS. Sistem operasi ini diciptakan oleh perusahaan Apple pada tahun 1984. Berbeda dengan ke dua sistem operasi komputer sebelumnya, Mac OS ini hanya tersedia dan dapat digunakan pada komputer Mac. Sehingga penggunanya tergolong sedikit bila dibandingkan dengan Windows dan Linux. Hal ini tidak lain karena komputer Apple cenderung lebih mahal.

Mac OS sendiri memiliki beragam versi hasil dari pengembangannya. Seperti Lion (2011), Mountain Lion (2012), Mavericks (2013), Yosemite (2014), El Captain (2015), Sierra (2016), High Sierra (2017), hingga Mojave (dirilis pada 2018). Mac OS ini merupakan kebutuhan primer pada semua perangkat Apple.

Sistem operasi komputer Mac ini terkenal dengan tampilan dan nuansanya yang memikat orang dalam pandangan pertama. Tampilan desktop yang dinamis bagus dalam membantu mengatur fitur desktop secara otomatis berdasarkan jenis, tanggal atau tag. Adanya mode gelap yang baru memberi kesan dramatis pada tampilan desktop dan lebih ramah pada kesehatan mata.

Hampir seluruh perangkat Apple didesain dengan sistem yang terhubung secara berkelanjutan. Seperti kamera yang dapat memindai atau memotret dokumen di dekat iPhone dan secara otomatis akan muncul pada mac. Selain itu, pada perangkat mac juga dilengkapi dengan toko aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk menemukan aplikasi yang dikehendaki.

Penutup

Sistem operasi adalah bagian penting dari komputer yang tidak dapat dipisahkan. Ada banyak sistem operasi yang tersedia dan memungkinkan. Sistem operasi komputer terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan penggunanya. Setidaknya fungsi dasar komputer dapat berjalan dengan baik.

Bagi Anda yang merasa awam dengan sistem komputer, Windows adalah pilihan yang tepat. Meskipun harga lisensi Windows yang terbilang cukup mahal, kini ada beragam model pembayaran entah itu secara kredit. Jika Anda pengguna perangkat Apple, maka harus menggunakan Mac OS. Cocok bagi Anda yang mengidam-idamkan tampilan clean dan simpel untuk memilih Mac OS.

Jika Anda seorang yang mengenal dunia sistem komputer dengan baik dan gemar mengotak-atik untuk mengembangkan keahlian, Linux adalah pilihan yang cocok. Dengan fleksibilitas konfigurasi yang tinggi dan tanpa biaya lisensi akan memudahkan pekerjaan Anda. Linux juga cocok untuk penggunaan bisnis, salah satunya seperti server jaringan.

Ditulis oleh U’um Munawaroh – Last update: 04/12/2020 by orapada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *