Setir mobil merupakan salh satu komponen yang penting. Sama dengan komponen mobil lainnya, setir mobil juga dapat mengalami masalah. Salah satu masalah yang dialami oleh komponen yang satu ini adalah biasanya setir terasa bergetar ketika digunakan. Setir mobil bergetar, apa kira- kira penyebabnya?

Terkadang ketika setir mobil bergetar akan terasa oleh pengemudi ketika melaju pada kecepatan yang tinggi. Namun, perlu diketahui juga bahwa getaran pada setir mobil juga dapat terjadi ketika mobil dalam keadaan diam. Jadi, sama dengan komponen mobil lainnya, setir mobil juga perlu mendapatkan perawatan secara berkal. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang mengganggu kinerja mobil. Ya, setir mobil dapat mempengaruhi laju mobil tetapprima. Sehingga, apabila itu terlupakan, keseimbangan mobil bisa terganggu. Salah satu yang mempengaruhi masalah tersebut adalah getaran yang terjadi pada setir mobil.

Setir Mobil Bergetar

Kira- kira apa yang menyebabkan setir mobil bergetar? Ada beberap hal yang dapat menyebabkan setir terasa bergetar. Bahkan hal ini disebabkan oleh beberapa komponen yang berhubungan atau tersabung dengan setir mobil. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu penyebab setir mobil bergetar. Hal ini dikarenakan lazimnya, ada beberapa faktor yang dapat membuat setir mobil bergetar, seperti kondisi ban, tekanan angin, kaki-kaki, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai beberapa penyebab setir mobil bergetar.

Setir Mobil Bergetar: Cek Kondisi Ban Mobil

Apabila setir mobil terasa bergetar maka kalian perlu melakukan cek pada ban mobil. Ya, ketika ban mobil bermasalah dapat memberikan efek pada komponen mobil yang lain. Hal ini termasuk setir mobil. Jadi, ketika setir mobil kalian terasa bergetar, jangan panik dan segera lakukan cek pada bagian ban mobil kalian.

Setir mobil bergetar dapat diakibatkan oleh ban mobil yang menggelembung. Ada beberapa masalah yang terjadi pada ban mobil yang berakibat pada setir mobil, salah satunya ban yang menggelembung. Ban yang menggelembung akan menyebabkan setir mobil bergetar saat mobil melaju pada kecepatan rendah. Untuk itu, jika kalian mendapati bahwa kondisi ban mobil kalian telah menggelembung, maka perlu menanganinya segera dengan mengganti ban mobil agar tidak membahayakan saat berkendara. Hindari juga penggunaan ban yang telah aus, karena dapat berakibat pada pengereman.

Kondisi ban selanjutnya yang dapat menyebabkan setir bergetar adalah ban yang mulai mengalami kebotakan. Jadi, periksalah bagian kondisi tapak ban atau motif ban. Sebab bagian ini juga dapat menjadi sebab setir mobil bergetar. Lakukan pengecekan dengan caranya hanya dengan melihat Tradewear Indicator (TWI). Apa itu TWI? TWI merupakan penanda atau indikator untuk permukaan ban. TWI umumnya terletak di sela-sela groove atau alur ban. Apabila permukaan ban telah sejajar dengan TWI, itu menandakan bahwa tapak ban Anda sudah tipis atau botak. Diperlukan penggantian ban di bengkel untuk mengurangi resiko berbahaya saat berkendara.

Kondisi ban selanjutnya yang perlu kalia pastikan adalah tekanan angin. Ya, selalu pastikan bahwa ban kalian memiliki tekanan angin yang cukup, tidak kekurangan atau kelebihan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa tekanan anginnya telah sesuai dengan saran pabrikan. Pasalnya, bila tekanan angin ban kurang, sudah bisa dipastikan itu akan berakibat pada kinerja mobil dan menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar.

Setir Mobil Bergetar: Velg Mobil

Masih bagian dari ban mobil yaitu velg. Ya, velg mobil yang penyok juga meruapakan salah satu penyebab setir mobil bergetar. Vleg merupakan bagian terpenting dari sebuah kendaraan. Saat velg penyok, maka akan terjadi ketimpangan pada kendaraan Anda dan menyebabkan setir mobil bergetar. Adapun penyebab velg menjadi penyok adalah seringnya Anda berkendara di jalan berlubang, sehingga menyebabkan adanya benturan. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memeriksakan bagian ini secara rutin.

Baca Juga: Pentingnya Safety Driving Saat Berkendara Demi Keselamatan

Setir Mobil Bergetar: Kaki-kaki mobil

Dikarenakan kaki- kaki mobil terhubung dengan setir, tentu kerusakan yang terjadi pada ban maupun kaki- kaki mobil dapat menimbulkan efek pada setir mobil. Seperti setir mobil yang bergetar, juga dapat diakibatkan oleh kondisi kaki mobil yang mengalami keausan. Adapun bagian-bagian tersebut diantaranya: ball joint, racksteer, tie rod, dan lain sebagainya.

Setir Mobil Bergetar: Engine Mounting

Apabila setir mobil masih bergetar padahal bagian ban dan kaki mobil dalam keadaan baik, maka kalian dapat mencurigai bagian engine mounting. Namun, ada perbedaan gejala apabila bagian yang satu ini bermasalah. Biasanya getaran mesin mobil akan kian terasa bahkan sejak mesin dihidupkan. Namun jika di saat bekendara, setir mobil turut bergetar dan membuat laju mobil menjadi terganggu, maka itu menandakan bahwa ada masalah pada engine mounting mobil.

Setir Mobil Bergetar
Setir Mobil Bergetar (Sumber Gambar: Google)

Adapun engine mount mesin ini berfungsi untuk menahan mesin mobil untuk tetap stabil pada posisinya. Oleh sebab itu, jikalau mengalami kerusakan pada komponen ini, tentu akan menyebabkan getaran pada mesin dan menyebabkan goyangnya setir. Namun, kondisi ini umumnya terjadi pada mobil yang pernah mengalami tabrakan pada bagian depan dan kecelakaan yang cukup parah. Untuk itu, bagi Anda berencana untuk mendapatkan mobil bekas, perlu diamati dengan seksama bagian-bagian dari mobil bekas tabrakan agar selalu aman saat berkendara.

Baca Juga: Tips Berkendara: 4 Cara Aman Putar Balik Mobil Di Tengah Jalan

Setir Mobil Bergetar: Sistem Pengereman

Sistem pengereman yang bermasalah juga dapat menimbulkan getaran pada setir. Bagian rem yang dapat menimbulkan masalah adalah cakram, sepatu rem, dan komponen lainnya. cakram rem mobil yang tidak rata akan biasanya terjadi karena faktor usia penggunaannya yang lama ataupun dikarenakan pemasangan rem nya yang tidak benar. Hal ini akan menggakibatkan kondisi sisi terjepit dengan kuat ketika proses pengereman terjadi. Akibat nya yang dapat anda rasakan adalah terjadi nya getaran yang kemudian disalurkan pada setir kemudi mobil.

Bebrapa hal diatas dapat menyebabkan setir mobil bergetar. Dimana setir yang bergetar akan menimbulkan ketidak nyamanan saat menyetir. Jadi, ketika ada masalah setir bergetar jangan panik dan segera cek bagian tersebut. Lakukanlah perawatan pada bagian tersebut agar tidak menimbulkan masalah pada setir mobil.

Baca Juga: Tips & Trik Berkendara: 2 Trik Putar Balik Mobil Yang Mudah Dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *