Setir Mobil Berbunyi Saat Belok: Apa Sih Penyebabnya?

Apakah ada yang pernah mengalami setir mobil berbunyi saat belok? Wah, apa yang kalian lakukan? Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Selain itu, pastinya hal ini akan membuat kalian panik dan khawatir selama mengemudi.

Mobil yang kurang dalam perawatan atau kurang baik dalam mengemudikan pastinya akan menimbulkan ekrusakan. Termasuk menimbulkan bunyi- bunyi yang aneh. Dimana setir merupakan salah satu komponen yang dpaat menimbulakn suara tersebut.

Ya, ketika bunyi yang timbul setiap kali setir diputar bisa jadi penanda ada bagian yang rusak. Sehingga, ada baiknya jika Anda langsung membawanya ke bengkel resmi untuk segera diperbaiki.

Sebab jika dibiarkan tidak hanya akan menganggu kenyamanan dan juga dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Penyebab Setir Mobil Berbunyi Saat Belok

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab setir mobil berbunyi saat belok. Dimana ada baiknya Anda mengetahui hal ini untuk menghidnari kerusakan tersebut. Bunyi yang dikeluarkan, . biasanya juga diikuti dengan getaran yang muncul.

Penyebabnya dapat dikarenakan beberapa hal. Apa saja penyebab setir mobil berbunyi saat belok? Mari kita ulas secara lengkap mengenai penyebab setir mobil berbunyi saat belok. Yuk, langsung saja kita masuk ke ulasannya. Selamat membaca, guys!

Baca Juga: Merawat Setir Mobil Agar Awat dan Tidak Kusam

Bearing Mulai Kendor

Salah satu penyebab setir mobil berbunyi saat belok adalah bearing mulai kendor. Apabila bearing setir mobil mulai kendor atau mengalami kerusakan, bisa membuat setir mobil berbunyi saat belok karena tidak adanya lapisan yang mengganjal pergesekan besi.

Bearing atau laher menjadi komponen yang sangat wajib pada sebuah mekanisme, terutama pada barang yang memerlukan rotasi karena bearing berfungsi sebagai pelapis antara komponen yang bergerak dengan komponen yang diam sehingga tidak terjadi gesekan yang berlebihan sehingga bunyinya bisa diredam.

Jadi wajar saja bila setir akan bunyi kasar saat dibelokan karena tak ada lagi lapisan yang mengganjal pergesekan besi dan akan menimbulkan bunyi saat digerakan. Nah, apabila bearing mulai kendor maka solusinya adalah lebih baik bawa mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan penanganan seperti pemberian pelumas.

Namun, apabila masih berbunyi, komponen yang bermasalah diwajibkan untuk diganti demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Setir Mobil Berbunyi Saat Belok
Setir Mobil Berbunyi Saat Belok (Sumber Gambar: Google)

CV Joint Bermasalah

Penyebab setir mobil berbunyi saat belok yang selanjutnya adalah CV Joint yang bermasalah. CV joint atau constant velocity joint merupakan komponen yang berperan untuk membelokan poros putaran setir supaya ketinggian setir bisa disesuaikan dengan kenyamanan pengendara.

Tujuannya, meski setir mobil ditinggikan atau diturunkan, putarannya masih bisa disalurkan ke roda dengan baik berkat adanya CV joint. Masalah yang cukup umum pada CV joint adalah longgar atau oglek, sehingga menghasilkan getaran berlebih dan membuat setir mobil berbunyi saat belok.

Untuk mendeteksinya, bisa coba menggoyangkan bagian melalui poros setir yang biasanya terletak di bawah dasbor dekat lantai kabin. Apabila goyangan cukup terasa, maka CV joint ini perlu diganti, tapi kalau goyang sedikit sebaiknya cukup beri pelumas.

Komponen Tie Rod Rusak

Penyebab setir mobil berbunyi saat belok yang selanjutnya adalah komponen tie road yang rusak. Tidak hanya jadi penyebab stir mobil bunyi saat jalan rusak, masalah pada komponen tie rod juga bisa terasa saat setir dibelokkan.

Misalnya kerusakan boot tie rod, dimana fungsinya adalah melindungi ball joint pada lengan setir ini dari kotoran atau debu. Selain itu juga berfungsi mencegah pelumas ball joint bocor. Pelumas yang bocor bisa memicu gesekan berlebih dan membuat setir berdecit saat dibelokkan.

Apabila boot tie rod rusak, besar kemungkinan pelumas akan ikut mengalami kebocoran dan memicu gesekan pada ball joint saat setir dibelokkan. Gesekan tersebut memicu bunyi pada setir saat mobil melakukan manuver atau berbelok. Bila itu terjadi pada mobil kalian maka segera bawa ke bengkel resmi agar tidak merembet ke komponen lain.

Setir Mobil Berbunyi Saat Belok
Setir Mobil Berbunyi Saat Belok (Sumber Gambar: Google)

Komponen Power Steering Rusak

Penyebab setir mobil berbunyi saat belok yang selanjutnya adalah adanya kerusakan pada power steering. Bunyi dapat juga disebabkan dengan kerusakan pada power steering, terutama di bagian pompanya.

Biasanya selain setir akan berbunyi ketika dibelokan, setir mobil juga akn terasa berat. Kerusakan pada power steering ini adalah salah satu yang paling mudah ditemukan, yaitu hanya dengan merasakan apakah setir menjadi berat atau tidak saat dibelokkan.

Setir yang mulai berat bisa menandakan ada kerusakan pada komponen ini, dan biasanya akibat kekurangan oli. Apabila kerusakan diakibatkan karena pompanya, maka biasanya kerusakan terjadi karena kekurangan oli.

Penyebab power steering rusak lainnya bisa karena pompanya yang rusak. Butuh dua orang untuk melakukan pengecekan. Satu orang membelokkan setir, satu orang mengecek pompa pada dekat mesin.

Karet Boot Racksteer Robek

Setir Mobil Berbunyi Saat Belok
Setir Mobil Berbunyi Saat Belok (Sumber Gambar: Google)

Penyebab setir mobil berbunyi saat belok yang selanjutnya adalah karet boot racksteer yang robek. Dimana hal ini akan menimbulkan banyak kotoran yang masuk dan mengkontaminasi komponen gigi penghubung yang ada di dalamnya.

Akibatnya jika terlalu lama dicuekin komponen gigi rack dan pinionnya akan rusak karena kotoran debu atau cipratan air. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka putaran gigi akan menjadi berat dan setir dibelokkan bunyi.

Selain itu untuk biaya perbaikannya terbilang mahal untuk komponen racksteer. Sebab umumnya pabrikan menjual suku cadang komponen tersebut secara utuh alias satu set. Nah, untuk itu mengapa pentingnya melakukan perawatan daripada mengalami kerusakan.

Baca Juga: Kunci Setir Mobil: Rekomendasi Merek Terbaik!

Nah, itulah penyebab setir mobil berbunyi saat belok. Biasanya dampaknya tidakhanya berbunyi, namun setir juga terasa berat. Nah, untuk itu jagan lewatkan perawatan agar hal ini tidak terjadi.

Agar kinerja mobil selalu prima, penting untuk melakukan perawatan secara berkala. Sebab, mobil yang minim perawatan akan menimbulkan masalah dan mengurangi aspek keamanan dan kenyamanan saat mobil dikendarai.

Namun, apabila sudah terjadi maka segeralah bawa ke ahlinya untuk diperbaiki. Jangan sampai menuggu lebih lama dan menimbulkan ekrusakan yang lebih parah.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *