Servis Sepeda Motor Matic, Berikut Komponen Yang Harus Diperiksa!

  • by
  • 6 min read

Setiap kendaraan harus mendapatkan servis. Hal ini termasuk sepeda motor matic. Servis sepeda motor matic harus dilakukan sesuai dengan yang tertera pada buku servis.

Saat melakukan servis sepeda motor matic ada beberaa komponen yang harus diperiksa kondisinya. Dimana komponen tersebut tentu mempengaruhi performa motor. Sehingga, harus diperiksa saat servis, sehingga performanya tetap maksimal.

Biasanya panduan mengenai servis sepeda motor matic ada dalam buku servis. Meskipun begitu, masih yang belum menyadari pentingnya servis. Biasanya, servis rajin dilakukan hanya diawal- awal saat kendaraan baru. Terutama saat masih mendapatkan garansi.

Padahal ada beberapa komponen yang perlu mendapatkan servis rutin meskipun garansi sudah habis.

Servis Sepeda Motor Matic

Komponen motor matic yang harus diganti secara berkala tidak hanya oli dan kanvas rem. Masih ada busi, ban, van belt, dan lain sebagainya. Servis atau perawatan ini jelas akan sangat berpengaruh pada keselamatan pengguna dan kesehatan motornya.

Memerhatikan komponen motor matic yang harus diganti secara berkala penting sekali dilakukan. Apalagi bagi pengguna sepeda motor yang kerap melakukan perjalanan jauh. Performa motor matic harus selalu dijaga agar bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama juga.

Berikut adalah ulasan lengkap mengenai komponen yang memerlukan servis pada sepeda motor matic.

Baca Juga: Mengantuk Saat Berkendara? Berikut Tips Menghilangkannya

Sparepart

Saat melakukan servis sepeda motor matic maka sparepart tidak boleh luput dari pemeriksaan. Usia dari sparepart memang beda- beda. Ada yang memiliki usia panjang seperti aki, namun juga ada yang memiliki usia pendek seperti V belt. Jadi, periksalah sparepart saat servis. Dimana ketika dibutuhkan untuk diganti, maka sebaiknya diganti.

Servis Sepeda Motor Matic
Servis Sepeda Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Okay, kita akan membahas dari sparepart yang memiliki umur panjang yaitu aki. Seperti yang kita ketahui bahwa aki merupakan komponen yang berperan mengatur kelistrikan motor matic. Motor matic pasti akan mogok jika aki bermasalah dan tidak segera diganti. Untuk itu, saat melakukan servis bagian ini juga perlu dicek. Sehingga tidak akan mempengaruhi kinerja sepeda motor Anda.

Terkait:  Mengubah Ukuran Gear Motor: Ketahui Efeknya!

Aki motor matic biasanya akan bertahan 3-4 tahun dan hal ini sangat bergantung pada pemakaian motor maticnya. Apalagi jika motor maticnya menggunakan aki basah, pastikan kondisi airnya stabil. Siasati dengan lebih rajin mengecek kondisi aki setiap bulannya. Jadi, dengan fungsinya yang penting wajar saja jika aki termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala.

Separepart selanjutnya merupakan sparepart yang memiliki usia pendek yaitu V Belt. V-belt disebut sebagai komponen penunjang dalam performa motor matic. Tak heran jika van belt termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala. Apalagi debu pada filter udara saat motor sedang berjalan akan sangat mempengaruhi usianya. Pastikan untuk siap mengganti v-belt setiap 25.000 km.

Oli

Oli merupakan komponen yang harus diperiksa saat melakukan servis motor matic. Ya, hal ini tentu sama dengan motor untuk jenis apapun. Mengingat oli memiliki peran sebagai pelumas mesin. Sehingga, tanpa pelumas yang baik tentu saja kendaraan Anda tidak bisa berjalan. Sebab, kerja mesin terhambat ketika oli habis atau bermasalah.

Oli juga mempunyai fungsi lain loh selain sebagai pelumas, yaitu sebagai pendingin sepeda motor. Sehingga Anda harus melakukan penggantian oli setiap 2000 km sekali, namun lebih baik diganti setiap bulan.

Perlu diketahui bahwa Anda tidak bisa memilih sembarangan oli untuk motor Anda. Pilihlah kekentalan oli yang disesuaikan dengan spesifikasi motor maticnya. Saat ini, sudah banyak oli yang ada dipasaran dikhususkan untur motor matic.

Servis Sepeda Motor Matic
Servis Sepeda Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Maka lakukanlah servis ditempat resmi, sehingga akan mendapatkan oli yang sesuai juga dengan anjuran pabrik sepeda motor yang Anda miliki.

Busi

Busi merupakan komponen yang harus diperiksa saat melakukan servis sepeda motor matic. Ya, ini juga merupakan perawatan yang umum seperti kendaraan pada umumnya. Busi merupakan komponen motor matic yang sangat vital.

Terkait:  Tipe Aki Motor: Yuk! Kenali Kelebihan & Kekurangannya

Dimana fungsinya adalah sebagai komponen utama pengapian motor matic. Fungsi dari busi ini adalah untuk memercikkan api atau melakukan pembakaran. Pembakaran ini dilakukan dengan mencampur udara dan bahan bakar. Sehingga busi merupakan salah satu komponen motor matic yang harus diganti secara berkala.

Sebab, kondisi busi motor yang baik akan sangat memengaruhi kinerja mesinnya. Maka pabrik motor merekomendasikan untuk selalu mengganti busi setelah menempuh perjalanan sejauh 20.000 km sampai 50.000 km. Akan lebih baik lagi jika melakukan perawatan pada setiap bulannya.

Filter

Filter merupakan komponen yang harus diperiksa saat melakukan servis sepeda motor matic selanjutnya. Filter motor matic yang bermasalah, maka akan menimbulkan efek yang fatal bagi kendaraan itu sendiri. Sebab, masalah pada filter dapat menyebabkan motor matic rusak secara perlahan, loh.

Sehingga, komponen ini harus diperhatikan betul agar tidak mempengaruhi kinerja motor. Dikarenakan efenya yang dapat menyebabkan motor tidak bekerja, maka Filter ini merupakan komponen motor matic yang harus diganti secara berkala.

Servis Sepeda Motor Matic
Servis Sepeda Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Sebab usia dari komponen ini juga pendek. Perlu diketahui bahwa filter dalam motor matic ada banyak jenisnya. Ya, ada filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter pendingin kabin kendaraan. Rata-rata filter ini harus diganti ketika sudah mencapai 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km, dan 50.000 km.

Kanvas Rem

Komponen yang harus diperiksa saat melakukan servis motor matic yang selanjutnya adalah kanvas rem. Kanvas rem jelas termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala. Kanvas rem yang sudah aus akan memengaruhi kinerja motor maticnya. Motor matic bisa saja berbahaya digunakan jika remnya tak berfungsi dengan baik.

Terkait:  Cara Mengatasi Tarikan Motor Yang Tidak Stabil

Sehingga, pastikan kanvas rem tidak mengalami aus, ya. Selain itu, lakukan juga pemeriksaan pada kaki-kaki kendaraan. Komponen ini biasanya memiliki usia pakai yang pendek. Misalnya saja seperti tie rod, suspensi, dan bushing.

Baca Juga: Bingung Memilih Ban Mobil Yang Tepat? Berikut Tips Memilihnya

Itulah komponen yang harus diperiksa saat melakukan servis motor matic. Sebab tidak smeua komponen memiliki usia panjang. Selain itu, setiap komponen akan saling bekerja sama ketika digunakan. Sehingga, ketika ada satu komponen yang rusak maka dapat mempengaruhi kemanan atau kenyamanan saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *