Servis Secara Berkala – Merawat kendaraan adalah hal yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan. Komponen dalam mobil harus mendapatkan perawatan dengan baik agar mobil mempunyai usia pakai yang panjang. Perawatan dapat dilakukan dalam keseharian maupun perawatan di bengkel.

Mobil merupakan kendaraan yang mempunyai banyak komponen. Dimana komponen – komponen tersebut akan mempengaruhi performa mobil. Selain itu usia pakai yang cukup lama. Keuntungan lainnya ketika merawat komponen mobil secara berkala adalah Anda pun tetap aman dan nyaman saat berkendara kemanapun.

Lalu apa saja komponen mobil yang membutuhkan perawatan servis secara berkala. Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Servis Secara Berkala: Oli Mesin dan Filter Oli

Semua orang mungkin sudah tidak asing mengenai servis rutin untuk mengganti oli. Oli merupakan bagian penting dari mesin kendaraan. Oli mempunyai fungsi sebagai pelumas mesin, yang menjaga mesin dari karat dan aus karena adanya gesekan. Sehingga, pemilik kendaraan harus mengganti oli secra berkala.

Biasanya oli kendaraan diganti ketika kendaraan telah menempuh jarak 1.000 km pertama. Akibat dari oli yang tidak diganti secara rutin adalah mesin mobil menjadi cepat panas. Selain oli mesin, bagian mobil yang harus dirawat secara rutin adalah filter oli.

Filter oli sendiri berfungsi untuk menjaga kualitas dan kebersihan oli yang didistribusikan ke seluruh bagian mesin. Ketika saringan ini sudah usang dan kotor, maka kebersihan oli juga menjadi menurun. Akibatnya pelumasan mesin tak akan maksimal.

Apabila filter oli kotor tidak dapat melakukan proses penyaringan secara maksimal. Jadi, selain mengganti oli mesin, Anda juga harus memperhatikan filter oli. Karena saling berkesinambungan.

Servis Secara Berkala: Busi

Komponen selanjutnya yang perlu dilakukan servis secara berkala adalah busi. Apa yang akan terjadi jika komponen yang satu ini kotor?. Mungkin Anda akan mengalami mogok pada mobil Anda. Selain susah menyalakan mesin kendaraan, nantinya Anda akan boros dalam hal bahan bakar. Busi sendiri mempunyai fungsi sebagai pematik kendaraan bermotor.

Sehingga Anda tidak hanya perlu membersihkan busi secara utin, namun Anda juga harus mengganti busi kendaraan. Kapan busi sebaiknya diganti?. Busi dapat diganti ketika mesin mobil Anda sudah menempuh jarak 20.000 km ke atas.

Servis Secara Berkala: Aki

servis secara berkala
Aki perlu servis secara berkala_Unsplash.com

Aki juga merupakan komponen yang harus mendapatkan servis secara berkala. Sebab dari aki mengalirkan listrik , yang memberikan energi bagi mobil untuk beroperasi. Banyak hal yang akan terjadi jika Anda tidak merawat aki dengan baik.

Sistem alarm mobil yang mati. Selain itu, biasanya dashboard mobil juga tidak mau menyala hingga lama-kelamaan Anda pun sulit menyalakan mesin mobil. Lampu pada mobil juga terlihat redup. Karena mesin mobil memang akan kehilangan energi ketika akinya habis. Air pada aki basah harus ditambah secara teratur.

Selain itu, aki basah maupun aki kering mesti diganti setiap tahun. Jangan sampai kinerjanya telanjur melemah hingga akhirnya membuat mobil Anda mogok saat dikendarai.

Servis Secara Berkala: Kanvas Rem dan Kopling

Kanvas rem dan kanvas kompling merupakan komponen yang tak kalah krusial untuk kendaraan mobil. Sehingga, Anda harus melakukan servis rutin untuk keamanan saat berkendara.

Kanvas rem tentu berfungsi sebagai pengereman. Sehingga, kanvas rem yang berkualitas sangat dibutuhkan. Kanvas rem akan menipis seiring dengan seringnya kendaraan digunakan. Kanvas rem yang sudah menipis akan menyebabkan gesekan antar komponen logam dan mengurangi jumlah minyak rem pada reservoir. Kanvas rem bisa menipis dan menyebabkan sejumlah gangguan. Kanvas rem yang sudah menipis akan menyebabkan gesekan antar komponen logam dan mengurangi jumlah minyak rem pada reservoir.

Ada beberapa ciri yang menunjukkan kalau kanvas rem mobil mesti segera diganti, yaitu bunyi berdecit saat mengerem, jumlah minyak rem yang berada di bawah batas normal, dan injakan rem yang lebih dalam dari biasanya. Sebaiknya kanvas rem rutin dicek dan mendapatkan penggantian setiap jarak tempuh 20.000 km.

Baca Juga: Membersihkan Jok Mobil: Beda Bahan Jok, Beda Cara Membersihkannya!

Selain kanvas rem, kanvas kopling juga butuh perhatian. Kanvas kopling berfungsi mengirimkan tenaga mesin ke ban. Biasanya kanvas kopling relatif cepat menipis karena kondisi jalanan yang rusak. Salah satu ciri kanvas kopling yang harus diganti adalah bau khas kopling yang timbul saat Anda mengerem di tanjakan. Kanvas kopling sebaiknya diganti setelah mobil menempuh jarak 10.000 km hingga 50.000 km.

Servis Secara Berkala: Kaki Kaki dan Ban

Selanjutnya adalah bagian roda mobil. Bagian kaki –kaki dan ban mobil menjadi komponen yang juga membutuhkan servis rutin. Sama seperti kanvas rem, ban maupun kaki -kaki dapat mempengaruhi kemanan dan kenyamanan mobil.

Ditambah, beberapa jalan di negara kita masih kurang baik. Jadi, apabila mobil Anda sering melewati jalur yang kurang bersahabat, ada baiknya Anda sering mengeck bagian ban dan kaki- kaki.

Pertama kita akan bhas ban mobil. Taukah Anda bahwa ban mobil sebaiknya diganti ketika telah menempuh jarak setiap 40.000 km. Biasanya mobil harus mendapatkan service besar agar kondisinya kembali prima. Proses pengecekannya juga secara detail agar tidak ada komponen yang luput dari perhatian. Sebab, tekstur ban mobil yang mulai menipis akan menyebabkan daya geseknya berkurang. Akibatnya, mobil jadi kesulitan bermanuver dan risiko kecelakaan pun semakin besar.

Biasanya ketika mengganti ban, ban mobil depan akan digantikan dengan ban belakang. Sehingga ban belakang mendapatkan ban baru. Siklus ini harus dilakukan secara teratur demi menjaga kualitas ban mobil. Jangan sampai Anda berkendara dengan mobil yang bannya sudah tipis dan rentan pecah.

Selanjutnya adalah bagian kaki – kaki mobil. Bagian tersebut seperti ball joint, tierod, stabilizer dan booshing. Biasanya bagian ini memiliki usia pakai hingga 100.000 km atau sekitar 5 tahun. Namun, kondisi jalan yang rusak atau karakter pengemudi yang berkendara kasar mempercepat waktu penggantian atau perbaikan.

Servis Secara Berkala Untuk 4 Komponen Mobil 1
Kaki kaki mobil perlu servis secara_ berkala unsplash.com

Servis berkala yang perlu Anda lakukan yaitu spooring dan balancing. Mobil yang sering melewati jalan rusak atau berlubang dapat mengakibatkan presisi roda mobil cepat berubah. Spooring merupakan proses pada mobil untuk kembali meluruskan kedudukan empat roda mobil seperti awal. Prosesnya meluruskan dua roda depan agar kembali seperti sedia kala.

Baca Juga: Ganti Pelek Mobil: Tips dan Trik Menggantinya

Selanjutnya balancing, yang secara arti untuk menyeimbangkan kembali. Tujuan balancing yaitu menyeimbangkan kembali putaran masing-masing roda supaya tidak ada yang berat sebelah. Biasanya ini akan dilakukan setelah penggantian ban atau velg.

Apabila kaki-kaki mobil masih terasa tidak enak atau bermasalah setelah spooring dan balancing, Anda perlu memeriksa beberapa komponennya. Seperti pada ball joint dan tierod biasanya akan mengeluarkan suara berisik. Jika kondisi tersebut didiamkan maka kerusakan akan semakin parah dan bisa mengakibatkan ban bisa copot dari tempatnya.

Komponen mobil diatas perlu Anda perhatikan. Lakukanlah servis secara berkala. Selain itu, perhatikan dalam penggunaan keseharian. Hal ini tidak hanya mempengaruhi kemanan dan kenyamanan saat berkendara. Namun juga akan mempengaruhi usia pakai kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *